Women Entrepreneurship Academy, Melatih Perempuan Menjadi Professional

 


Saya mulai bekerja sekitar tahun 1990an dimana pada waktu itu hampir semua kantor dan perusahaan diisi laki-laki sebagai pemegang tampuk kepemimpinan. Perempuan selalu mendapat posisi kedua karena memang dianggap belum layak dan mampu untuk menjadi seorang leader. Tidak mengherankan juga sih. Karena pada masa itu, masih sangat sedikit perempuan yang mau bekerja di luar rumah. Meskipun mereka juga tidak mau kalah menuntut ilmu setinggi-tingginya. Memang bukanlah sesuatu yang negatif. Karena itu adalah pilihan. 

Tapi dengan berjalannya waktu, dimana teknologi semakin canggih dan modern. Bukan kesetaraan gender lagi yang menjadi prioritas. Tapi wanita juga mampu menyerap ilmu yang biasanya dikuasai laki-laki. Berani membuat keputusan. Terutama tidak kalah tegas dan berwibawa. 

Seperti yang disampaikan ibu Vera Galuh Sugijanto selaku wakil dari Danone Indonesia pada momen webinar Stellar Women Entrepreneurship Academy pada 12 Maret 2021 lalu yang mengambil tema "Perempuan dalam Kepemimpinan". 

Bahwa selama ini stereotype yang menempel pada perempuan adalah belum pantas menjadi seorang pemimpin dan tidak ada keberanian untuk melakukan satu perubahan. Tapi bu Vera membuktikan bahwa Danone Indonesia sangat membuka kesempatan yang sama antara laki-laki dan perempuan. Bahkan banyak kaum perempuan yang memimpin. Makanya Danone Indonesia juga sangat berkomitmen serta konsisten dengan program yang menyasar kaum perempuan semacam pemberdayaan perempuan. Seperti yang sudah berjalan selama ini yaitu Warung Anak Sehat, Aqua Home Service, Rumah Bunda Sehat dan masih banyak lagi lainnya.


Selain ibu Vera Galuh Sugijanto selaku VP General Secretary Danone Indonesia, ada beberapa narasumber yang hadir pada acara diskusi daring tersebut antara lain :

1. Dwi Yuliawati Faiz - Head of Programmers UN Women Indonesia

2. Eni Widianti - Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Ekonomi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) 

3. Maya Juwita - Executive Director of IBCWE 

4. Samira Shihab - Founder of Stellar Women

Stellar Women Entrepreneurship Academy sendiri bertujuan untuk memberi kesempatan kepada perempuan yang ingin mandiri dan mengembangkan kemampuan. Seperti yang disampaikan Samira Shihab selaku founder Stellar Women. Bahwa kegiatan ini bisa dilakukan secara online maupun offline. 

Yang jelas, tujuannya adalah supaya perempuan Indonesia bisa menggali potensi yang ada serta mengembangkan kemampuan untuk bisa mandiri. Karena pengusaha perempuan sendiri masih sangat kurang dibandingkan laki-laki. 

Bagi kalian yang tertarik untuk gabung. Pendaftaran sudah dibuka lo. Dan untuk acara Stellar Women Entrepreneurship Academy berlangsung selama 4 minggu dimulai dari tanggal 23 Maret - 16 April 2021. 


Siapapun kamu yang ingin memulai atau baru memulai bisnis. Ingin menerapkan aspek sustainability dan social impact ke dalam bisnismu. Stellar Women Entrepreneurship Academy adalah program cocok dan pasti kamu cari.

Kalian akan banyak belajar tentang topik bisnis. Mulai dari starting up, branding, marketing, case studies dan juga tentang leadership. Pastinya akan ada mentoring sessions dengan para mentor yang ahli dibidangnya. Khusus untuk 50 orang terpilih saja!

Tunggu apalagi? Daftarkan diri kamu ke https://www.stellarw.com/stellar-academy sebelum tanggal 19 Maret 2021!


 

1 comment

  1. DANONE memang daebaakk!
    Kasih kesempatan setara antara laki dan perempuan utk jadi leader ya
    Karena memang betul....selama ini stereotype yang menempel pada perempuan adalah belum pantas menjadi seorang pemimpin dan tidak ada keberanian untuk melakukan satu perubahan.
    DANONE nih korporasi yg keren!

    ReplyDelete

Inspiravy
Theme by MOSHICOO