Kamu Tim San-Dal Atau Han-Dal

Pasti kalian semua sudah tahu dong, drakor yang lagi naik daun? Yups! START UP memang lagi booming di seantero dunia perdrakoran. Pastinya penggemar fanatik nggak cuman di Indonesia saja. Hebatnya, hampir di seluruh dunia lo guys! Apa sih keistimewaannya dibanding dengan drakor-drakor lainnya?

Drama Korea Start-Up ini baru menyelesaikan episode ke 12, dari rencana tayang hingga episode ke 16. Makin lama menghadirkan alur cerita yang makin seru setiap minggunya. Penonton dibuat menikmati bahkan sampai terbawa ke kehidupan 3 pemeran Start-Up tersebut. Bak juri atau sutradara, opini juga semakin berkembang di tengah masyarakat meski alur ceritanya tidak mudah di tebak. Itulah yang bikin drakor ini sangat di tunggu jam tayangnya.

Ada 3 tokoh utama yang menjadi sentral dari cerita START-UP ini. Di bawah adalah karakter dari ketiga pemeran utamanya.

Han Ji Pyeong

Salah satu tokoh utama ini biasa di panggil pak HAN. Tapi kalau  nenek Seo Dal Mi memanggilanya "Anak Baik". Karena memang karakternya sangat lembut. Di balik wajahnya yang dingin dan penuh gengsi, sejatinya dia selalu mementingkan orang lain daripada dirinya sendiri. 

Hidup sebatang kara sejak kecil, membuat Han Ji Pyeong sangat mandiri. Dipertemukan dengan nenek yang sangat menyayanginya, membuat hidupnya menjadi lebih berwarna. Apalagi ketika dia harus menulis surat untuk Seo Dal Mi yang sedang terpuruk waktu itu. 

Masa depan yang sudah digenggamnya sangat cerah. Tapi tidak membuat Han Ji Pyeong bisa meraih semua yang dia inginkan. Salah satunya dalam urusan percintaan. Ini masih menjadi teka teki, karena drakornya memang belum selesai tayang. Jadi para netizen sementara membuat opini cerita masing-masing. 

Seo Dal Mi


Seo Dal Mi dewasa diperankan oleh Bae Suzy. Sejak kecil harus ditinggal mama dan kakak perempuannya karena orang tua bercerai. Tidak lama harus kehilangan ayahnya yang meninggal dunia. Akhirnya dia tumbuh dewasa bersama neneknya yang membuka toko kue khas Korea.

Seo Dal Mi kecil mempunya sahabat yang berkomunikasi lewat surat. Itupun dia tidak tahu kalau neneknya yang mempunyai peran mencarikan teman untuknya. Sehingga dia tidak merasa kesepian dalam menjalani hari-harinya.

Nam Do San


Nam Do San diperankan oleh Nam Joo Hyuk ketika sudah dewasa, adalah orang yang genius dalam hal matematika. Dia bahkan  ketika SMP sudah menjadi pemenang termuda olimpiade matematika. Uniknya, Nam Do San juga memiliki hobi merajut. 

Namun ternyata nasibnya kurang beruntung karena tidak segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Kemudian dia mendirikan sebuah perusahaan dengan 2 orang temannya. Tapi juga tidak menghasilkan apa-apa. Malah terus menghabiskan uang keluarga yang diinvestasikan ke perusahaan mereka. Sampai akhirnya terperosok ke titik paling rendah hidupnya. 

Nasib mulai berubah ke arah lebih baik ketika dipertemukan secara tidak sengaja dengan Han Ji Pyeong. Nam Do San dipaksa untuk menjadi orang lain 15 tahun yang lalu. Awalnya cukup merepotkan. Tapi 

Tentunya pemeran lainnya yang tidak kalah keren dan selalu di tunggu adalah tokoh nenek dan kakak perempuan Seo Dal Mi yaitu Won In Jae

Saya ulas di artikel lain ya, bair nggak kepanjangan dan nggak bosan.

Sinopsis Start-Up

Tim San San Tech (foto diambil dari instagram tvn_startup )

Drama ini mengisahkan tentang kehidupan anak-anak muda yang berusaha meraih mimpi dengan mendirikan perusahaan start up. Salah satu tujuan mimpi tersebut adalah bisa masuk ke Sand Box.

Seo Dal Mi dan Nam Do San beserta 3 rekannya berhasil masuk Sand Box. Mereka mendirikan perusahaan rintisan yang menggunakan teknologi AI. Mereka dimentori oleh Han Ji Pyeong, pimpinan sekaligus pendiri SG Venture Capital. Sebuah perusahaan pembiayaan untuk perusahaan-perusahaan rintisan kecil. 

Uniknya, dibalik cerita yang membahas usaha mereka dalam membangun perusahaan start up itu juga dibalut dengan kisah cinta para pemerannya. Seo Dal Mi sejak awal sudah jatuh cinta pada Nam Do San. Pria yang dikira mengirimkan surat pada saat saat dia terpuruk kehilangan ibu dan kakaknya. Saat itu mereka sama-sama beranjak dewasa. Baginya Nam Do San (remaja diperankan oleh Nam Joo Hyuk) yang ditemuinya pada saat dewasa adalah benar cinta pertamanya itu. Padahal ketika mereka bertiga bertemu setelah sama-sama dewasa, sesungguhnya Nam Do San sesungguhnya adalah Han Ji Pyeong.

Nam Do San diminta oleh Han Ji Pyeong untuk menjadi sosok pria cinta pertama Seo Dal Mi di masa remaja. Yang menuliskan surat-surat demi menghibur Seo Dal Mi yang sedang bersedih dan merasa tidak punya teman. Kebohongan itu dipertahankan oleh Nam Do San karena nenek Seo Dal Mi juga memintanya untuk merahasiakan siapa sosok pria yang sebenarnya mengirimkan surat-surat untuk memotivasi Seo Dal Mi selama belasan tahun itu. 

Nam Do San yang awalnya bersedia untuk berpura-pura, tapi perlahan mulai menyukai Seo Dal Mi. Sementara itu Han Ji Pyeong yang memilih untuk tidak mau mengakui bahwa dialah pria yang sebenarnya memotivasi lewat surat, diam-diam memendam rasa suka pada Seo Dal Mi. 

Tim San-Dal Versus Tim Han-Dal

Kalian Tim San-Dal atau Han-Dal?

Persaingan Nam Do San dan Han Ji Pyeong untuk merebut hari Seo Dal Mi nampaknya membuat cerita makin seru. Bahkan penggemar drakor pun sampai terbelah menjadi 2 tim. Mereka menyuarakan pendapat di hampir semua media sosial. 

Jadi nggak heran kalau tiap hari Jumat dan Sabtu malam, spoiler Start-Up bisa wira wiri di Twitter. Bahkan selalu menjadi trending topic. Saya sendiri sambil menunggu tayang di telegram, selalu ngintip spoiler yang di twitter. Sebenarnya nggak seru sih! Tapi demi menjaga hati dan jantung supaya tidak kecewa atau bahkan tersakiti wkwkwkwk :) Yang jelas memang lebih seru membaca analisa-analisa dari kedua kubu itu di media sosial.


Sepertinya hubungan antara Nam Do San dan Han Ji Pyeong makin panas juga gara-gara kubu mereka yang saling berantem di medsos. Iya nggak sih wkwkwkwkwk *halu (foto diambil dari instagram : @koreadrama_lovers )

Kalau saya di tanya milih tim yang mana? Jelas banget saya pasti TIM SAN-DAL dong! Alasannya simpel aja sih. Saya suka cowok yang gentle, berani ngomong di depan, mau mengakui perbuatannya, apalagi kalau sudah mapan. Banyak kans untuk bisa memenangkan hati gadis manapun. 

Tapi sejujurnya, saya sangat berharap cerita Start Up ini hepi endingnya di pihak Han Ji Pyeong. Karena bagaimanapun, antara dia dan Seo Dal Mi punya histori masa lalu yang kiyut banget. Jadi pingin hepi endingnya sempurna. Itu kalau harapan kita ya. Nggak tahu lagi penulis sama sutradaranya. Kita juga belum bisa meraba akhir dari cerita ini.

Kualitas Gambar Yang Memanjakan Mata

Terlepas dari pro dan kontra para netizen, satu hal yang membuat para penggemar drakor ini selalu menunggu tiap episode adalah tayangan gambar yang sangat memanjakan mata. Di samping para pemerannya yang kece, busana yang keren, juga pengambilan gambar yang bagus.  Terutama di scene-scene yang romantis antara Seo Dal Mi sama Nam Do San. Penonton jadi ikutan baper nih ;(


So, masih milih kubu-kubuan? Nggak papa juga sih, namanya juga selera. Yang penting, marilah kita tunggu akhir dari cerita drakor kesayangan kita semua ini dengan tanpa lupa untuk mengambil hikmah serta pelajaran yang sangat berharga. Karena banyak banget lo ilmu yang ditularkan Han Ji Pyeong buat San San Tech, tapi kita juga bisa mencurinya.



14 comments

  1. Han Ji Pyeoonggggg pria pemilik senyum dgn lesung pipi paling paripurna sejagat rayaaaa


    Ya ampyunnn, aku fangirling bgt ama tokoh iniii. Saban hari lihat potongan video d IG dan Youtube qkqkqkak

    ReplyDelete
    Replies
    1. awaaasss loooo yaaaa....nanti jadi terkiwir-kiwir beneran loooo hehehehe
      tapi memang pemain di start up ini hampir semua kok bening dan penuh kharisma ya
      entah gimana nanti kalo episode nya udah habis
      jadi hampa dunia wkwkwkkwk

      Delete
    2. Aku Tim Leher Kura-kura. Suka dosan. Kembalikan dosan yang dulu, dosan yang polos yang tahunya cuma coding dan merajut

      Delete
    3. mbak Mini.....tooossss ah
      kita tim leher kura-kura dan orang banyak tanya ya hehehehe

      Delete
  2. Mantap banget ya ini pasti suka banget yg namanya drama Korea ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. drakor itu pelarian paling menyenangkan saat pandemi mas hehehehe
      untung banyak aplikasi gratisan buat nonton

      Delete
  3. Wah panassss, saya belum sempat nonton satupun
    Padahal idola berat ke Bae Suzy dan Nam Joo Hyuk , dramanya jelekpun pasti kutonton 😀😀😀😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. nunggu tamat aja mbak,sekarang masih on going
      suka gemes kalau nunggu episode berikutnya
      yang pasti sangat bagus cerita dan akting mereka

      Delete
  4. Saya sih nunggu tamat aja, Mbak Avy. Soalnya kalau disuruh nungguin kelanjutannya tiap pekan, bisa-bisa saya jadi emosional sepanjang minggu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku biasanya juga nggak suka on going mbak vic
      tapi tiap jumat malam selalu terprovokasi hastag trending topic di twitter
      jadinya penasaran, terus nonton aja hehehe

      Delete
  5. Aku udah stop nonton drakor sejak beberapa bulan lalu, karena susah nahan diri ngga kalap nyelesaiin satu season .. ahhaha. Ada banyak drakor yang memang udah pengen ditonton, tapi masih ngga tega kalo lihat deadline kerjaan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ini beda banget lo mas, ini baguuuuss
      aku jarang nulis soal drakor (eh hampir nggak pernah)
      tapi rasanya yang ini kok bikin gatel tangan
      tak jamin bikin semangat ngerjain deadline hehehe

      Delete
  6. Drakor Start up ini kayaknya recommended banget yah..soalnya banyak orang yang review drakor ini. ceritanya tampak menarik keliatannya dan saya jadi penasaran banget nih pengen nonton

    ReplyDelete
  7. Aku tim In-jae aja deeh..
    Soalnya lebih stabil dan di eps kemarin, sudah menunjukkan cahaya terbaik bagi hubungannya dengan keluarga juga adiknya, Dalmi.

    Damainyaa~

    ReplyDelete

Inspiravy
Theme by MOSHICOO