Thursday, March 26, 2020

Ibu Rumah Tangga Cobain Nih Berinvestasi dari Rumah


Meskipun hanya sebagai ibu rumah tangga, bukan berarti tidak bisa berinvestasi. Memang awalnya yang menjadi kendala adalah modal. Tapi ternyata, ada juga investasi yang tidak memerlukan modal besar. Cukup dari Rp100 ribu. Apakah anda akan menerima kalau ada yang menawarkan investasi dengan modal yang sangat terjangkau tersebut?  Apalagi bagi ibu rumah tangga seperti saya, uang Rp100 ribu bisa didapat dari menyisihkan uang belanja harian. Memang hitung-hitung nabung juga sih.


Ketika begitu banyak pilihan dari macam-macam investasi, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Itu penting banget supaya tidak tertipu oleh investasi bodong yang akhir-akhir ini marak sekali. Beberapa pertimbangan menurut saya antara lain : 


1. Berizin dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 

2. Mencari tahu profile fintech tersebut 

3. Nilai TKB90

4. Manajemen resiko

 

Seputar Akseleran

Dari sekian banyak produk investasi atau mengembangkan duit yang ada, saya tertarik dengan satu nama yaitu Akseleran. Kenapa? Selain karena setahun yang lalu saya pernah di undang dalam acara sosialisasi Financial Technology (Fintech)  Peer to Peer (P2P) Lending yang diselenggarakan oleh Koran Tempo dan OJK. Semakin saya mencari tahu tentang Akseleran, semakin yakin bahwa Akseleran merupakan P2P Lending yang aman dan menguntungkan


Jadi sudah banyak yang saya ketahui tentang Akseleran. Hanya saja waktu itu belum sempat mempelajari lebih jauh, terutama tentang cara kerja investasi pendanaan. 


Kalau mengacu pada pertimbangan di atas dalam memilih Fintech P2P Lending, apakah Akseleran cukup aman? Begini penjelasannya.


1. Berizin dan Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Akseleran sudah terdaftar di OJK pada urutan ke 17 dengan Nomor : S-2983/NB.111/2017 tanggal 21 Juni 2017. Sejak 13 Desember 2019, status Akseleran meningkat menjadi Berizin dan Diawasi oleh OJK.  Bisa cek lebih lengkap disini.


2. Mencari tahu profile dari Fintech tersebut

Profile Akseleran bisa di akses disini.


3. Nilai TKB90

Kita harus cek Nilai TKB90 karena TKB90 adalah ukurang tingka keberhasilan penyelenggara Fintech P2P ending dalam memfasilitasi penyelesaian kewajiban pinjam meminjam dalam jangka waktu sampai dengan 90 hari terhitung sejak jatuh tempo. Jadi Nilai TKB90 ini termasuk poin penting yang patut dipertimbangkan sebelum mengembangkan duit kita pada sebuh P2P Lending. Semakin tinggi Nilai TKB90, maka akan semakin baik performa P2P Lending tersebut. Sedangkan untuk Nilai TKB90 dari Akseleran adalah 96.07% pertanggal 27 Maret 2020.




4. Manajemen Resiko

Dalam berinvestasi pendanaan itu pasti ada untung dan rugi. Terutama di bidang P2P Lending. Sebagai investor atau pendana (pemberi dana) harus paham akan resiko yang nantinya ditanggung bila terjadi sesuatu. Oleh sebab itu harus berhati-hati dan tahu pasti bagaimana P2P Lending itu memberlakukan aturan yang ketat pada peminjam (penerima dana). Contohnya credit scoring, asuransi jaminan kredit, agunan, mediasi dan lain-lain. Akseleran sendiri untuk mencegah terjadinya kerugian pada setiap pemberi dana pinjaman sudah dilakukan dengan credit scoring, pencairan agunan dan proteksi asuransi kredit. 


Karena penasaran juga nih, maka saya mencari tahu lebih jauh tentang manajemen resiko yang diterapkan Akseleran yang terdiri dari : 


1. Credit Scoring

Akseleran melakukan penilaian kelayakan dan resiko pinjaman pelaku usaha dengan namanya internal credit scoring system yang fokus pada 3 hal yaitu : keuangan, agunan dan credit behavior. Untuk sistem penilaian di Akseleran bisa di cek disini


Jadi, dengan adanya credit scoring ini akan memudahkan pemberi dana pinjaman untuk berinvestasi dalam sebuah proyek. Karena dapat mengecek setiap saat credit scoring. Kalau rating peminjam semakin diatas, tandanya semakin aman.


2. Agunan 

Sebagian besar peminjam dana (borrower) memberikan agunan. Sehingga dengan adanya agunan tersebut akan membuat pemberi dana pinjaman (lender) merasa aman dan tidak khawatir. Karena seandainya peminjam gagal bayar, maka agunan dapat dicairkan.


3. Asuransi 

Yang dimaksud proteksi asuransi disini adalah satu kemungkinan dimana pemberi dana pinjaman menerima kembali uang yang sudah diberikan saat peminjam mengalami gagal bayar. Walaupun dana yang dikembalikan tidak sebesar 100%, tapi dengan proteksi asuransi kredit ini di jamin dana akan dikembalikan sebesar 85%. Artinya dana pemberi pinjaman (lender) tidak hilang begitu saja.



Cara Registrasi Akun

Cara melakukan registrasi di Akseleran sangat mudah. Bisa lewat aplikasi yang di download dari Google Play Store (Android), Apple Store (iOS) atau lewat website www.akseleran.co.id. Setelah memilih salah satu aplikasi di atas, langkah yang harus dilakukan adalah  :


1. Email dan password : Siapkan alamat email untuk masuk beserta pasword-nya

2. KTP & NPWP : siapkan dokumen berupa KTP dan NPWP 

3. Pilih tombol DAFTAR lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya.



Di Akseleran ada program yang namanya referral. Yaitu jika kita mendaftar pertama kali untuk menjadi pemberi dana pinjaman atau disebut Lender, bisa menggunakan kode referal nantinya akan mendapat bonus atau free saldo untuk memulai berinvestasi pendanaan sebesar Rp100 ribu. Sedangkan keuntungannya untuk kita sebagai pemilik referral adalah mendapat 0.5% dari pendanaan si pengguna referral selama 6 bulan ke depan tanpa mengurangi nilai duit si pengguna referral sama sekali. 


Kalau kamu pingin gabung, jangan lupa pakai kode referal saya ya : AKSLAVY330053


Jadi kesimpulannya adalah siapapun bisa mengembangkan duitnya. Apalagi di zaman tekhnologi semakin canggih ini, semua bisa dikerjakan dengan mudah dan simpel. Bahkan bisa dari rumah, sambil rebahan goler-goler sekalipun. Ibu rumah tangga tidak akan terganggu tugasnya. 


Buat kalian yang masih ragu, coba dulu gapapa. Hanya dengan Rp100 ribu saja, kalian bisa mencoba mulai berinvestasi pendanaan atau mengembangkan duit dengan aman. Tentunya seperti saya dengan memilih Akseleran. Kenapa? Karena Akseleran telah memenuhi persyaratan sebagai fintech P2P Lending yang aman, terjamin dan terpercaya. Terutama untuk poin manajemen resiko seperti credit scoring, agunan dan proteksi asuransi kredit. 


Nah, tunggu apa lagi? Yuk kita mulai berinvestasi pendanaan atau mengembangkan duit yang aman dan bisa dikerjakan di rumah hanya dengan Rp100 ribu saja.


 

2 comments:

  1. Starts from 100K aja, ringan banget cuyy!
    Wahh millenials wajib banget nih invest di Akseleran.
    Gampiiil dan menguntungkan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, bisa buat kegiatan selagi WFH
      sambil goler2 dan rebahan ya hehehe

      Delete