Sambut Hari Ibu 2019, Terminal Peti Kemas Surabaya Ajak Perempuan Belajar Melindungi Diri Sendiri

Hari Ibu di Terminal Peti Kemas Surabaya (dok.pri)

Hari Ibu di Terminal Peti Kemas Surabaya - Dalam rangka memperingati hari Ibu 2019 yang diperingati setiap tanggal 22 Desember, PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) melaksanakan workshop Women Self Defense dengan tema My Mom My Hero. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat 20 Desember 2019 di Ballroom Hotel JW Marriot Surabaya. Dihadiri kurang lebih 100 undangan yang sebagian besar memang wanita terdiri dari para pegawai Pelindo III Group, para istri pegawai Pelindo III (Perispindo) baik Perispindo 3 maupun Perispindo TPS, Pengguna Jasa TPS, Komunitas Perempuan Logistik dan Kepelabuhan, serta Instansi Perbankan. 


Workshop kali ini bertujuan untuk sharing dan membekali kemampuan bagi para perempuan bagaimana cara untuk bisa melindungi diri sendiri. Dengan mendatangkan narasumber dari WSDK (Women Self Defense of KOPO RYU), diharapkan peserta memperoleh tambahan insight tentang membaca situasi berbahaya serta waspada terhadap gerak gerik orang yang bermaksud berbuat jahat. Tentu saja sekaligus contoh serta praktek gerakan-gerakan sederhana untuk melakukan perlawanan.


Tim WSDK Surabaya juga mengajari anak-anak supaya bisa melindungi diri sendiri (dokumen pribadi)

Konsep beladiri 4P juga dibagikan, yaitu Pray, Predict, Prevent, dan Protect. Langkah langkah ini sangat berguna bagi perempuan dalam mengenali zona aman, keamanan lingkungan sekitar, memperkirakan langkah yang akan diambil bila terjadi keadaan yang tidak kondusif dan melakukan eksekusi membela diri bila diperlukan. 


Ketika memberikan pidato pembukaan, Presiden Direktur TPS - ibu Dothy menyampaikan bahwa ini kali pertama TPS menyelenggarakan acara khusus perempuan dengan mengusung tema ketangguhan. Sebelumnya, pada peringatan Hari Batik 2019 yang lalu TPS menyelenggarakan acara yang memberikan wawasan tentang keanekaragaman budaya berkain di Indonesia. Juga setelah sebelumnya menyelenggarakan acara peringatan International Womens Day dengan berbagai pengalaman serta tips dalam melaksanakan peran sebagai perempuan dengan segala keunikannya dari berbagai negara. Karena pada acara tersebut juga mengundang rekan-rekan perempuan berkewarganegaraan asing.


Ibu Dhoty - Direktur Utama TPS Surabaya ikut mempraktekan tips dari SWDK (dokumen pribadi)

 

“Selain sebagai bekal proteksi diri bagi para wanita pada khususnya, acara ini juga bertujuan untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi yang hangat antar praktisi logistik dan kepelabuhanan.” ungkap Dothy.

Undangan yang hadir dalam acara peringatan hari ibu tersebut, tampak berbeda penampilannya dengan balutan konsep tematik Hero Mom, dimana ada yang menggunakan pahlawan nasional seperti Cut Nyak Dien, Kartini, ada juga yang superhero wonder woman, super woman, pahlawan olahraga, bahkan ada yang mengenakan baju kantor dengan celemek dapurnya dan aksesoris perlengkapan dapur yang mereka bawa. Menarik dan seru, karena dipilihlah juga best costume yang paling menarik dan unik.


Para pemenang best custome (foto milik TPS Surabaya)

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pemberian bantuan buku perpustakaan untuk SD Trisula, sebagai bentuk kepedulian dan dukungan TPS dalam bidang pendidikan.


“Selain latihan bela diri yang seru dan tentunya sangat bermanfaat sekali bagi saya, acara juga semakin seru dangan adanya doorprize dan penilaian panitia untuk best costume pada acara hari ini. Terima kasih TPS yang selalu mengundang kami di acara-acara uniknya,” ungkap salah satu customer TPS yang hadir dalam acara tersebut.


Seluruh peserta dan jajaran manajemen Pelindo 3 Group pada acara Hari Ibu 2019 

Post a Comment

Inspiravy
Theme by MOSHICOO