Friday, December 27, 2019

Mau Motor Matic Tangguh dan Larinya Kenceng? Pakai Oli ENDURO dari Pertamina dong!

Oli motor terbaik buat motor matik kesayangan saya (dokumen pribadi)


Semua kendaraan bermotor pasti membutuhkan oli motor terbaik, karena merupakan salah satu elemen penting di dalam sistem kerja mesin motor. Seperti bensin atau solar yang dibutuhkan untuk menjadi bahan bakar penggerak, oli sangat dibutuhkan untuk merawat mesin.


Beberapa hari ini saya merasakan tidak nyaman ketika mengendarai sepeda motor matic yang tiap hari selalu setia mengantar kemanapun saya beraktifitas. Gerakannya tidak sehalus seperti biasanya. Larinya pun tidak kencang, bahkan cenderung lambat dan sedikit ngoyo ketika saya pacu gasnya. Sebenarnya saya sudah curiga, pasti ada sesuatu yang tidak beres. Atau sudah waktunya ganti oli? Tapi perasaan baru bulan lalu saya ganti oli. Tidak mau terjadi apa-apa dengan motor kesayangan, akhirnya saya cek buku catatan pemeliharaan rutin. 


Ternyata kekhawatiran saya terbukti. Meskipun memang baru saja ganti oli, tapi kilometer yang muncul sudah melebihi semestinya. Saya baru ingat, sebulan terakhir ini aktifitas saya memang lagi padat banget. Tidak hanya di dalam kota, tapi juga di luar kota. Untung saja cepat ketahuan. Dan kilometer yang lebih belum terlalu banyak. Tanpa membuang waktu, saya segera membeli oli yang biasanya saya pakai di toko yang dekat rumah. Kalau saya sekalian cek mesin total, biasanya saya lakukan ganti oli sekaligus di bengkel. Tapi kalau kebutuhannya hanya ganti oli, bisa saya kerjakan sendiri di rumah.


Motor sering di pakai luar kota, harus sering cek oli mesin (dokumen pribadi)

Bagaimana ciri-ciri motor harus ganti oli?

Pernah juga kejadian, saya terlambat untuk ganti oli dikarenakan kesibukan sehingga lupa. Gerakan motor sudah kurang nyaman, kasar dan berat banget. Kalian jangan seperti saya ya gengs! Mengganti oli itu perlu dilakukan secara berkala agar mesin motor bisa bekerja dengan baik dan maksimal. Karena oli memegang peranan penting sebagai pelumas utama di dalam mesin. Kinerja serta daya tahan mesin dipengaruhi oleh panas serta kerak yang muncul akibat pembakaran. 


Oleh sebab itu, kita harus tahu kapan kira-kira motor kesayangan kita harus ganti oli? Di kilometer berapa ganti oli harus dilakukan? Walaupun suami sering juga mengingatkan, tapi karena saya yang memakai motor tersebut. Jadi mau nggak mau, saya juga harus peduli perawatannya.


Sebenarnya tidak sulit untuk mengetahui ciri-ciri kapan motor harus ganti oli. Di samping sering diingatkan suami, saya juga sering tanya pada karyawan bengkel yang sering membantu saya ketika cek up mesin motor rutin. Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut : 


Kalau oli sudah hitam pekat, waktunya harus di ganti (foto milik : teknikotomotif.co.id

1. Oli sudah berwarna hitam, pekat dan encer. 

Ketika oli berwarna hitam pekat, itu tandanya oli sudah harus diganti. Karena itu pertanda oli sudah terkontaminasi oleh zat-zat bekas pembakaran. Sebaiknya harus cepat diganti karena daya lumas oli akan menurun dan mesin akan cepat aus. 


2. Berkurangnya volume oli mesin. 

Oli sepeda motor itu biasanya berkapasitas 150 cc di bawah 1 liter. Tetapi volume ini akan berkurang tergantung seberapa intens pemakaian mesin. Jika volume oli terlihat kurang dari batas, segera periksa mungkin ada kebocoran oli dan segera lakukan penggantian oli mesin. 


3. Suara mesin kasar. 

Ketika kualitas oli yang menurun akan mengakibatkan menurunnya daya lumas. Sehingga gear transmisi akan terganggu. Hal inilah yang akan menimbulkan bunyi kasar ketika kita mengoper gigi atau saat mesin di gas.


4. Suhu mesin menjadi tinggi. 

Kalau kondisi fisik oli memburuk, akan membuat daya hantar panasnya semakin berkurang. Inilah yang akan menyebabkan tidak meratanya penyebaran panas pada mesin. Kita akan merasa ada hawa panas dari area mesin pada kaki kita. 


Selain ciri-ciri diatas, bisa juga kita punya patokan lain ketika harus mengganti oli mesin. Yaitu :


1. Umumnya ketika kilometer sudah menunjukkan angka 3.000 sampai 5.000. Kita wajib mengganti olinya. Karena jika tidak, akan berakibat pada kualitas oli yang nantinya mempengaruhi mesin. 


2. Bisa melihat dari kilometer harian, apabila pemakaian sekitar 20-50 kilometer setiap harinya. Pergantian oli sebaiknya dilakukan setian 1,5 bulan. Begitu juga kalau pemakaian setiap harinya diatas 50 kilometer, sebaiknya ganti oli dilakukan setiap bulan. 


Tapi yang paling penting menurut saya, terutama  yang tinggal di kota-kota besar dan sering menemui kemacetan dimana-mana. Ketika kita terjebak macet, memang kilometer motor tidak akan bertambah. Tapi mesin tetap menyala dan bekerja, pelumas tetap bersirkulasi. Jadi sebaiknya hitungan usia mesin juga perlu  menjadi acuan dalam mengganti oli. Wah pengetahuan kita jadi bertambah ya? 


Apa Fungsi Oli?

Seperti motor matic yang tiap hari saya gunakan untuk menunjang aktifitas. Pasti mengalami penurunan performa. Oleh sebab itu dibutuhkan pemeriksaan rutin terutama di bagian oli mesin. Dan pergantian oli mesin kendaraan merupakan hal yang sangat wajib dilakukan. Karena penggantian oli secara rutin dilakukan agar mesin kendaraan menjadi terawat dan dapat memberikan performa yang baik bagi kendaraan yang dipakai.


Sebagai perempuan, saya tidak mau tergantung pasa suami. Jadi harus peduli dengan merawatnya, tapi tidak hanya pada waktu ganti oli saja. Saya juga berusaha mengetahui apa sih fungsi dari oli itu. Nah, ternyata ada beberapa fungsi oli yang patut kita ketahui lho! Apa saja sih fungsi oli untuk motor matic? 


1. Lubricating (melumasi)

Untuk melumasi mesin sehingga meminimalisasi gesekan-gesekan antar logam (komponen mesin), meredam gerakan mesin menjadi halus, juga sekaligus mencegah goresan dan keausan. . Tujuannya agar komponen-komponen mesin yang terdiri dari ratusan bagian tersebut tidak cepat rusak sehingga mesin motorpun awet atau bisa panjang umur.


2. Protecting (Melindungi)

Oli juga berfungsi melindungi mesin dari korosi atau karat. Oli yang menempel pada komponen mesin akan mencegah reaksi oksidasi pada komponen-komponen mesin.


3. Cleaning (membersihkan)

Oli juga berfungsi untuk mengendalikan kotoran. Sisa-sisa hasil pembakaran mesin akan menghasilkan kerak. Dan kerak inilah yang akan dibersihkan sehingga tidak menumpuk di mesin. Kerak tersebut akan terbuang bersamaan dengan oli. Itulah mengapa oli menjadi berwarna hitam ketika sudah dipakai cukup lama. 


4. Cooling (mendinginkan) 

Saat mesin bekerja, tentunya akan menghasilkan panas. Fungsi oli dapat membantu menyerap dan mendinginkan suhu mesin. Oli yang mengalir pada permukaan komponen akan membawa panas. Selanjutnya panas akan dibuang bersama udara yang mengalir pada saat sepeda motor dikendarai. 


Mengingat pentingnya pelumas atau oli pada mesin, maka harus dilakukan pergantian secara rutin dan berkala. Seperti yang sudah saya ulas di atas. Karena kalau telat mengganti oli, akan menyebabkan penurunan kinerja pada mesin yang akan berakibat kerusakan. 


(Referensi diambil dari link Fungsi Pelumas pada Motor yang Mesti Diketahui)


Mengganti oli mesin bisa dilakukan sendiri di rumah (dokumen pribadi)

Memilih Oli Yang Tepat

Oli atau minyak pelumas memang banyak sekali macamnya. Bergantung dari jenis motor dan penggunaan mesin itu sendiri. Karena oli yang tepat bisa menambah atau mengawetkan usia pakai mesin, maka dalam pemilihan oli pun kita harus teliti.


Motor matic saya selalu memakai oli Enduro dari Pertamina (dokumen pribadi)

Kali ini saya akan bercerita tentang oli motor yang sudah lama saya pakai, sehingga membuat mesin motor saya makin tangguh dan terawat baik. Sejak tahun 2003 saya sudah menggunakan motor matic. Jadi saya memilih oli mesin yang cocok untuk motor matic saya yaitu ENDURO MATIC SAE 10W-30. 


ENDURO MATIC SAE 10W-30 adalah oli atau pelumas motor 4 langkah matic berkualitas tinggi dengan moly additive untuk mengurangi friksi pada temperatur dan kecepatan tinggi. Selain itu, ENDURO MATIC SAE 10W-30 memiliki viskositas rendah untuk mempermudah sirkulasi pelumas dan memberikan fuel economy yang lebih baik. Oli jenis ini juga direkomendasikan untuk pelumasan mesin motor empat langkah dengan sistem dry clutch. Untuk mutu, ENDURO MATIC SAE 10W-30 memiliki tingkatan mutu JASO MB (approved), yang merupakan standard Jepang untuk motor empat langkah matic. Selain itu, juga memenuhi tingkat performance API SL.


Selama bertahun-tahun saya menggunakan oli mesin ENDURO, karena banyak sekali keunggulannya yaitu : 


1. Mengandung moly adittive untuk mengurangi gesekan pada temperatur dan kecepatan tinggi. 


2. Memiliki kekentalan SAE 10W-30 yang sesuai untuk sepeda motor generasi terbaru sehingga mudah untuk start pada kondisi mesin dingin, memberikan pendinginan yang optimal dan fuel economy yang lebih baik. 


3. Memberikan proteksi yang lebih baik bagi mesin-mesin yang beroperasi pada kecepatan tinggi. 


4. Menjaga kebersihan mesin dan melindungi mesin dari korosi serta keausan yang berlebihan.


ENDURO mempunya 6 jenis oli mesin yang bisa digunakan untuk roda 2 dengan berbagai jenis disesuaikan dengan kondisi mesin. Untuk mengetahui jenis-jenis produknya, kalian bisa klik tautan berikut ini : Jenis-jenis Oli ENDURO untuk Roda Dua 


Harga Oli ENDURO Mahal Nggak?

Jangan khawatir deh. Harga oli motor ENDURO sangat terjangkau dan tidak akan bikin kantong bolong. Menurut harga pasaran sampai akhir Desember, estimasi harga oli motor ENDURO MATIC berada di kisaran : 


1. ENDURO MATIC-G 20W-40 (0.8 liter) harganya Rp. 32.500,- 

2. ENDURO MATIC 10W-30 (0.8 liter) harganya Rp. 55.000,-

3. ENDURO MATIC-G 20W-40 (0.8 liter) harganya Rp. 33.500,- 

4. ENDURO MATIC 10W30 (1 liter) harganya Rp 55.000,-

5. ENDURO MATIC-G 20W-40 (0.8 liter) harganya Rp 38.000

6. ENDURO MATIC-G 20W-40 (1 liter) harganya Rp. 48.000,- 

7. ENDURO MATIC-G 20W-40 (0.8 liter) harganya Rp. 33.500

8. ENDURO Oli Gear (120 ml) harganya Rp. 58.000,-


Keuntungan Memilih ENDURO, Oli Produk Pertamina

Dalam memilih produk oli motor matic, kita juga harus teliti dan tepat. Karena oli yang baik itu akan merawat kendaraan lebih lama, bahkan bisa sampai bertahun-tahun. Salah satu produk oli yang terjamin dan tidak diragukan lagi adalah produk yang dikeluarkan dari Pertamina seperti yang saya pakai yaitu ENDURO. Ada banyak keuntungan kalau kita memilih oli produk dari Pertamina adalah :


1. Kualitas terjamin 

2. Harga terjangkau 

3. Tersedia dimana-mana 


Tapi ada poin yang paling penting lagi adalah oli ENDURO membuat mesin motor matic saya semakin tangguh. Tentunya dengan catatan, kita harus peduli dan tepat waktu melakukan perawatan sesuai aturan.


Oli mesin Enduro dari Pertamina, membuat motor saya makin tangguh (dokumen pribadi)


Nah, itulah sekilas pengalaman saya dalam merawat motor matic dengan oli motor terbaik dari Pertamina yang biasa saya pakai yaitu ENDURO Matic SAE 10W-30. Karena motor yang selalu menemani kita beraktifitas setiap hari, jadi jangan sampai telat untuk ganti oli ya! Biar motor tetap awet dan tangguh, seperti motor saya yang sudah 6 tahun menemani di setiap aktifitas sehari-hari. Makanya harus dirawat dengan oli mesin yang tepat.


Semoga bisa diambil manfaatnya. 




12 comments:

  1. Eh olinya Enduro juga ya kak,Sama dong....Mesin jadi enteng kalau di gas & nggak cepat panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, udah lama pake Enduro
      karena ada di mana-mana sih, jadi nggak repot kalau mau beli
      lagipula oli buatan Pertamina sangat terjamin

      toss dong kita hehehe

      Delete
  2. Dengan fungsi yang begitu luar biasanya, harganya gak mahal lah itu yaaa 🤩

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, masih harga kantong rakyat biasa ya mas hehehe

      Delete
  3. udah pake Enduro juga ya mbak Avy kayaknya saya harus ikutan pake nih biar mesin motornya lebih awet dan irit

    ReplyDelete
  4. Oli ini kualitas juara harga bersahabat. Performa mesin jadi maksimal

    ReplyDelete