Memilih Nutrisi Yang Tepat Untuk Anak PJB Supaya Terhindar Dari Malnutrisi


Masalah malnutrisi pada masa 1000 Hari Pertama Kehidupan (dalam masa kandungan sampai anak berusia dua tahun) masih menjadi tantangan bagi masa depan anak-anak Indonesia. Kondisi medis khusus seperti Penyakit Jantung Bawaan (PJB) pada anak dapat mempersulit pemenuhan nutrisi yang diperlukan, sehingga apabila tidak ditangani dengan tepat, dapat berujung pada kondisi kekurangan nutrisi. Dalam rangka Hari Jantung Nasional, Nutricia-Sarihusada sebagai bagian dari Danone Specialized Nutrition mengadakan acara "Bicara Gizi" dengan mengajak para ahli, komunitas, serta wartawan dan blogger di kota Malang untuk berdiskusi mengenal tanda-tanda serta kebutuhan nutrisi anak dengan PJB untuk membantu tumbuh kembang yang optimal.



Arif Mujahidin selaku Corporate Communication Director Danone Indonesia dalam hal ini karena berhalangan hadir diwakili oleh ibu Indah mengatakan, “Anak-anak harus tetap dipenuhi kecukupan gizinya melalui makanan dalam keadaan kesehatan apapun, karena asupan nutrisi melalui makanan akan membantu tumbuh kembang dan daya tahan tubuh mereka.”



Sebagai bentuk kepedulian Nutricia Sari Husada di bawah managemen PT.Danone kepada para Pejuang Jantung, pada hari Sabtu 19 Oktober 2019 lalu di Hotel Savana Malang menyelenggarakan sebuah acara yang bertema Bicara Gizi. Acara ini dihadiri tak kurang dari 50 peserta yang terdiri dari Komunitas Pejuang Jantung, awak media dan blogger. Dengan 2 nara sumber dari praktisi Anak Kardiolog dr. Dyahris Kuntartiwi Sp.A(K) bersama dr. Anik Puryanti Sp.A(K) selaku Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik Anak dari RSSA Malang, sukses membuat peserta antusias mengikuti sesi demi sesi. Dalam acara ini juga diselingi sesi sharing dari 2 orangtua pejuang jantung bernama Akeyla (2 tahun) dan Zafran (4 tahun). 



Penyakit Jantung Bawaan (PJB) diderita anak dengan kelainan pada struktur jantung atau fungsi sirkulasi jantung yang terjadi akibat adanya gangguan atau kegagalan perkembangan struktur jantung pada fase awal perkembangan janin. Nafas pendek atau nafas cepat, susah makan, keringat berlebihan saat makan, sianosis (kulit, bibir dan kuku berwarna kebiruan) dapat menjadi tanda adanya penyakit jantung bawaan. Berdasarkan letak dan tingkat keparahannya, lebih dari 34 jenis PJB telah teridentifikasi dan kebanyakan menghambat aliran darah pada jantung dan pembuluh darah sekitarnya atau dapat menyebabkan aliran darah yang abnormal dari atau ke jantung.



"Di Indonesia, angka kejadian PJB diperkirakan mencapai 43.200 kasus dari 4,8 juta kelahiran hidup, yaitu sekitar 7-8 diantara 1000 kelahiran setiap tahunnya. Bila tidak terdeteksi secara dini dan tidak ditangani dengan baik, resiko pasien tidak terselamatkan mencapai 50% pada bulan pertama kehidupan. Selain itu, salah satu permasalahan utama anak dengan PJB adalah tingkat status gizi yang buruk. Untuk mencegah peningkatan morbiditas dan mortalitas yang berkaitan dengan malnutrisi pada anak dengan PJB, diperlukan deteksi dini dan pemberian nutrisi yang intensif sesuai pengawasan dokter.” jelas Konsultan Kardiologi Anak - Dr. Dyahris Koentartiwi, SpA(K).


Secara umum penyebab timbulnya malnutrisi dapat dibagi menjadi 3 kategori yaitu:

1. Masukan kalori yang tidak adekuat

2. Absorbsi dan pemanfaatan yang tidak efisien

3. Dan atau peningkatan kebutuhan energi/kalori. 


Pada anak dengan PJB, asupan yang tidak memadai terjadi akibat kesulitan makan karena susah menghisap, menelan, lelah saat makan dan adanya pembatasan cairan membuat anak dengan PJB membutuhkan tatalaksana nutrisi yang berbeda. Anak yang dilahirkan dengan kelainan jantung bawaan akan meningkatkan resiko kondisi gagal tumbuh karena asupan gizi yang tidak adekuat dan kesehatan yang tidak optimal serta ketergantungan pada bantuan medis di Rumah Sakit.



“Anak dengan penyakit jantung bawaan memerlukan asupan nutrisi yang intensif dan makanan tinggi kalori untuk memberikan optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan serta kualitas hidup yang lebih pada anak. Hal tersebut meliputi pemantauan dengan melakukan diagnosis status gizi dan masalah nutrisi; menentukan kebutuhan kalori, protein, jumlah cairan; menentukan rute pemberian nutrisi; jenis makanan; serta monitoring keberhasilan.. Dengan pendekatan tersebut, anak dengan PJB diharapkan dapat terhindar dari kondisi serius seperti malnutrisi dan stunting yang dapat memperburuk kesehatannya."ujar Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik Anak - Dr. Anik Puryanti, SpA(K). 


Bicara Gizi adalah program edukasi yang diinisiasi oleh Danone untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran nutrisi untuk mendukung kesehatan masyarakat di masa-masa penting kehidupan. Selain mengadakan talkshow edukasi, karyawan Danone di Indonesia juga berpartisipasi dalam melakukan kegiatan volunteering untuk mendampingi dan menghibur anak-anak dengan PJB. “Kami berharap kegiatan Bicara Gizi di Kota Malang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat serta mendorong penanganan nutrisi yang tepat bagi anak dengan Penyakit Jantung Bawaan agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.” begitu pesan Arif Mujahidin dalam siaran pers-nya. 



Post a Comment

Inspiravy
Theme by MOSHICOO