Friday, September 20, 2019

Chatha Ulos, Inovasi Busana Modern Dalam Balutan Tradisional

Siapa yang nggak kenal Ulos? ULOS atau sering juga disebut Kain Ulos adalah salah satu busana khas Indonesia yang berasal dari Batak Sumatra Utara. Seringnya kita mendengar bahwa Ulos adalah kain yang selalu digunakan dalam upacara-upacara adat. Tapi ternyata banyak tidak terbatas itu saja. Sejalan dengan perkembangan jaman yang semakin modern, Ulos tidak lepas memperkaya kebudayaan kita dalam hal busana di jaman kekinian. 


Ternyata jenis kain ulos ada bermacam-macam. Ada Ulos Sadum, Ulos Ragi Hotang, Ulos Ragidup, Ulos Mangiring dan masih banyak macamnya lagi. Masing-masing jenis ulos memiliki makna dan fungsi berbeda. Juga digunakan dalam momen yang berbeda-beda.



Sekarang, kain ulos banyak digunakan untuk melengkapi busana. Baik yang keseharian maupun yang resmi. Ternyata kain ulos tidak kalah dengan batik yang sudah lebih dulu banyak digunakan untuk busana maupun modifikasi yang lain. Busana ulos yang beraneka macam dapat dilihat di gerai Chatha Ulos yang baru dibuka beberapa waktu yang lalu.


Tidak hanya cocok untuk busana wanita, ulos juga nampak kelihatan indah dan elegan dalam balutan busana pria, dari yang casual sampai yang resmi. Meskipun warnanya banyak didominasi warna yang cerah dan semarak. Terutama yang desain baju wanita, tidak terbatas untuk usia muda atau matang. Aneka ulos yang sudah dimodifikasi itu tampak begitu indah dan unik. Tapi masih memancarkan khas kain tradisional Indonesia. Seperti batik yang sudah memulai, sudah saatnya ulos juga go internasional.




Dulu saya pernah diberi ulos oleh satu kenalan. Saya bahagia dan bangga sekali, ternyata itu perlambang satu pertemanan dan penghargaan. Hari ini saya kembali merasakan bangga dan salut ketika bisa mengenakan ulos yang asli dari Batak pada acara pembukaan gerai Chatha Ulos yang lokasinya di area Business Centre Apartemen Taman Melati Surabaya. 


Seputar tentang Chatha Ulos

Terinspirasi oleh sepenggal kalimat "Ijuk Pangihot Ni Hodong, Ulos Pangihot Ni Holong" yang artinya jika ijuk adalah pengikat pelepah pada batangnya, maka ulos adalah pengikat kasih sayang antar sesama. 


Martha Simanjuntak mendirikan Chatcha Ulos untuk menjadikan kain ulos sebagai hasil karya seni yang memiliki nilai estetika dan semangat modern dimana kain ulos sebagai identitas budaya Indonesia.


Adapun MISI dari Chatha Ulos ini, Martha menjelaskan untuk mengangkat budaya Indonesia melalui keunikan kain ulos yang dipadukan dengan semangat modern melalui tangan-tangan terampil pengrajin ulos yang ditenun dengan sepenuh hati dan kreatifitas tanpa batas.



Chatha Ulos membuka gerai pertamanya di kota Surabaya dengan alasan karena respon warganya cukup bagus dan pembelian yang tinggi lewat online. Tidak mengherankan. Karena sebagai kota terbesar kedua, warga Surabaya juga sangat antusias dalam hal busana tradisional. Terbukti banyaknya UKM yang mengikuti pameran dan gerai yang buka di sebagian besar mall di Surabaya. Tapi tidak menutup kemungkinan Chatha Ulos akan buka di wilayah lain di Indonesia, terutama Jakarta yang direncanakan tahun depan. 


Nah, gerai pertama di Surabaya ini diresmikan pada hari Kamis 19 September 2019 yang lalu bertepatan dengan peringatan ke 20 hari perkawinan owner Chatha Ulos yaitu bu Martha dan pak Charles. Dan nama Chatha sendiri diambil dari perpaduan kedua nama mereka yaitu Charles dan Martha. Dan gerai ini menjadi hadiah ulang tahun perkawinan dan tanda cinta Charles buat Martha.



Media sosial dari Chatcha Ulos adalah : 

Facebook : Chatha Ulos Ulos 

Instagram : @chatha_ulos 

Youtuber : Chatha Ulos 

Kontak WA : +62 888-182-4489


6 comments:

  1. Uapiik pol ya Mba
    Semoga Sidqi jadi terbuka dan dapat banyak insight

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah.
      Aku komennya gini amat.

      Maappp.... Sambil ngantuk2

      Delete
    2. gimana kabar sidqi mbak? bundae sampe kepikiran

      tapi memang ulos yang di chatha ulos modelnya bagus2 ya mbak... sayang kemarin ukurannya gak ada yg cocok. tapi modelnya bisa di contoh

      Delete
    3. Wushhh dungo dinungo pokoke Mbaaa😆😍

      Delete
  2. Suka banget sama blazer coklat yang di pake mbak avy, cocok banget mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu warnanya lebih ke maroon tua mbak, di foto kelihatan coklat ya

      Delete