Saturday, May 25, 2019

Pengalaman pakai GO-CLEAN, Rumah Bersih dan Wangi dalam sekejap


Tidak semua rumah mempunyai ART atau asisten rumah tangga. Seperti saya, yang sudah hampir 10 tahun tidak menggunakan jasa asisten rumah tangga. Apalagi sejak saya memutuskan untuk tidak bekerja kantoran. Otomatis untuk semua pekerjaan rumah menjadi tanggung jawab saya dan suami. Anak-anak juga sudah beranjak dewasa. Mereka bisa dikaryakan sesuai kemampuan dan tanggung jawab masing-masing.


Tapi tidak bekerja bukan berarti saya tidak mempunyai kegiatan. Saya tetap melakukan pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah dan sesekali di luar. Kadang kalau kesibukan mengharuskan ke luar rumah, pekerjaan yang di rumah tidak tertangani. Jadinya pekerjaan yang di rumah dikerjakan secara asal. Asal terlihat bersih dan rapi rasanya sudah cukup.


Makanya, jasa membersihkan rumah lewat online online yang marak akhir-akhir ini, membuat saya tertarik untuk mencobanya. Kebetulan minggu depan saya dan keluarga sudah berangkat mudik. Pengen rasanya pulang kampung dengan meninggalkan rumah dalam kondisi bersih dan rapi. 


Salah satu jasa pembersih rumah yang saya pilih adalah GO-CLEAN. GO-CLEAN adalah jasa bersih-bersih rumah dari aplikasi GO-LIFE yang masih bagian dari GOJEK. Jadi, profesionalitasnya tidak perlu diragukan lagi.



Dengan mencari informasi dari teman yang sudah pernah menggunakan jasa GO-CLEAN, saya melakukan langkah-langkah sebagai berikut :


1. Download aplikasi GO-LIFE di handphone android kita

2. Buka aplikasi GO-LIFE dan pilih GO-CLEAN

3. Saya memilih Paket Ramadan karena lagi ada promo. Terdapat 2 pilihan yaitu Paket Infal dan Paket Bukber. PAKET INFAL adalah layanan kebersihan seharian dengan piliihan durasi 4-6 jam. Kamu bisa minta tolong mitra GO-CLEAN mulai dari menyetrika hingga membersihkan ruangan seperti :

- Kamar tidur
- Kamar mandi
- Dapur
- Ruang makan
- Ruang keluarga
- Ruang tamu
- Kulkas
- Setrika
- Teras/balkon


PAKET BUKBER yaitu layanan bersih-bersih untuk kamu yang ingin mengadakan acara buka bersama atau acara silaturahmi lainnya. Mitra Go Clean dapat membantu kamu untuk :
- Membersihkan ruangan sebelum/setelah acara
- Mencuci peralatan makan dan alat masak
- Menggelar alas, taplak, atau tikar untuk acara
- Mempersiapkan peralatan makan
- Mempersiapkan penyajian hidangan untuk acara


Area mencakup :
- Kamar mandi
- Dapur
- Ruang makan
- Ruang keluarga
- Ruang tamu
- Teras dan balkon


Tidak mencakup kamar tidur, setrika dan pembersihan kulkas. Saya memilih durasi 4 jam dengan tarif 165 ribu rupiah.


4. Langkah selanjutnya adalah memilih gender yang saya inginkan untuk membersihkan rumah. Ada instruksi PILIH PREFERENSI PENYEDIA JASA.
Pilihannya adalah :
- Tidak ada
- Wanita
- Pria


Saya pilih WANITA, lalu saya tekan LANJUT.


5. Akan muncul detail pesanan kita di layar. Setelah yakin lalu tekan PESAN.


6. Sistem akan mencarikan kita mitra GO-CLEAN. Selanjutnya akan muncul nama dan nomor telpon. Kita bisa menghubungi dia lewat telpon atau chat yang sudah tersedia.


7. Mitra GO-CLEAN yang bernama Pu’ah Maryati itupun menelpon saya untuk memastikan pekerjaannya. Saya minta dia untuk datang esok hari, tidak di hari ini atau ketika saya memesan GO-CLEAN. Jadi memang kita bisa memilih hari dan jam yang kita inginkan. Tinggal nego dengan mitra GO-CLEAN untuk menyamakan jadwal.



Sesuai kesepakatan lewat telpon, keesokan harinya pukul setengah 10 mitra GO-CLEAN bernama Pu’ah Maryati itu datang dengan membawa tas besar berisi alat-alat pembersih rumah tangga. Saya memberi sedikit gambaran tugas dan apa saja yang nantinya harus dia bersihkan.


Pertama Pu’ah membersihkan kaca jendela di teras dan ruang tamu. Selanjutnya kaca lemari buku dan lemari rak di dapur.Tanpa diminta dia juga mengelap seluruh meja dan kursi sampai di sela-selanya yang hampir tidak pernah saya bersihkan.


Pekerjaan kedua yaitu menyapu yang dilanjutkan mengepel ruang tamu, ruang tengah dan 2 kamar tidur. Karena kamar-kamar di rumah saya tidak terlalu luas, jadi tidak memakan waktu yang lama. Selanjutnya Pu’ah mengeluarkan penyedot debu untuk kasur sekaligus merapikannya. 


Rumah sudah terlihat bersih, kemudian Pu’ah seterika baju dan di susun rapi. Karena nanti bagian saya saja yang memasukkan ke lemari baju. Saya tidak meminta Pu’ah untuk membersihkan kamar mandir dan mencuci piring atau peralatan dapur yang kotor. Karena sedang direnovasi.



Sebenarnya sejak awal pemesanan, saya tidak mempunyai ekspektasi yang terlalu tinggi. Asal ada yang bantu bersih-bersih, karena sudah seminggu saya banyak kegiatan sampai tidak sempat membersihkan rumah. Tapi ternyata saya dibuat takjub dengan hasil pekerjaan para mitra tersebut. Mereka cukup punya inisiatif menawarkan diri membersihkan bagian-bagian rumah yang awalnya tidak terpikirkan oleh saya.


Pengalaman pertama yang cukup mengesankan karena hanya dalam waktu nggak sampai 4 jam rumah jadi bersih dan wangi. Itu semua berkat GO-CLEAN. Pastinya saya tertarik untuk memesan ulang di lain waktu. Apalagi saya sudah merasa cocok dengan pribadi serta hasil kerja Pu’ah. Jadi nanti saya akan masukkan data Pu’ah ke FAVORIT. Next kalau mau pesan, bisa memilih dia lagi. Jadi catatan banget nih, karena kepercayaan dan kecocokan itu sangat penting. Apalagi yang ditangani adalah barang-barang milik pribadi rumah tangga. 


Nah, kalau pengen punya pengalaman seperti saya. Cobain layanan GO-CLEAN, yang punya Go-Jek nih. Tapi jangan lupa download aplikasi Go-Life dulu ya. Bisa gunakan kode referral saya MBAKAVYBAIK untuk dapat diskon yang lumayan lo!



7 comments:

  1. Aku kok tertarik mau pesan mbak

    Mbak ini vouchernya sampai kapan ya, pgn nyoba tapi pas dkt2 lebaran gitu, hehe

    ReplyDelete
  2. Mantabbbb nih sekrang mah serba praktis yah mbak, cukup dengan bantuan aplikasi hehhehe

    ReplyDelete
  3. wah, enaknya ya bu. lumayan sesekali coba go-clean agar kita bisa istirahat tapi pekerjaan rumah beres...

    ReplyDelete
  4. Akhirnya ada yang bisa diandalin kalo beberes rumahnya kepepet

    ReplyDelete
  5. enak sekarang bisa beberes rumah walau kepepet karena ada yang bantuin dari Go-Clean

    ReplyDelete
  6. Duh mau juga lah aku pake Go Clean ini. biar cepet beres nih kerjaan rumah.. hehe

    ReplyDelete
  7. bisa ditinggal bentar gak yo kalau si mbak ini ada di rumah lagi kerja go-clean?

    ReplyDelete