Indosat Ooredoo Sosialisasikan Ajang IWIC yang ke 11 dan prakarsai Gerakan Bijak Bersosmed


Program IWIC yang ke-11

Setelah peluncuran pada akhir September lalu, Indosat Ooredoo hari ini melakukan sosialisasi program kompetisi IWIC atau Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest yang sudah menginjak tahun ke 11. Dimana mengajak komunitas pengembang aplikasi (developer) di Surabaya untuk ikut serta menciptakan inovasi digital pada ajang IWIC ini. Sosialisasi di Surabaya ini bertujuan untuk mengajak para developer, generasi muda dan masyarakat pada umumnya untuk berpartisipasi pada ajang IWIC 2017 yang mengambil tema "Digital Nation". 


Bertempat di resto Bebek Tepi Sawah jalan Darmokali Surabaya, sejumlah awak media dan blogger berkesempatan untuk mendengarkan langsung paparan ibu Deva Rachman selaku Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo tentang sosialisasi dari program-program perusahaan. Didampingi bapak Soejanto Prasetya, Head of Region East Java Bali Nusra bersama team Indosat Ooredoo wilayah Surabaya.


IWIC bertujuan untuk menumbuhkan dan menemukan minat-minat baru generasi muda di dunia digital. Sekaligus untuk memenuhi kebutuhan talenta digital Indonesia seiring dengan tingginya tren penggunaan aplikasi mobil. IWIC juga membuka peserta dari berbagai negara sejak tahun lalu. Dengan tujuan untuk membuat para talenta muda Indonesia mampu hadir dan bersaing dengan pemain global. Peserta IWIC tidak hanya berkompetisi untuk mendapatkan hadiah, namun juga berkesempatan membangun jejaring kerja untuk mengembangkan karya mereka.



"Tahun ini kami menghadirkan IWIC yang lebih menantang untuk para peserta. Generasi muda Indonesia akan berkompetisi pada level global untuk menciptakan inovasi digital yang mampu mempermudah hidup masyarakat. Di tahun ini, kami juga memperkenalkan API Indosat Ooredoo kepada para developer, yaitu Application Programming Interface yang merupakan perangkat fungsi protokol untuk membangun aplikasi perangkat lunak."ujar Deva Rachman.


Lanjut Deva bahwa API yang disedikan Indosat Ooredoo akan memberikan akses lebih cepat terhadap sebuah aplikasi untuk dapat berinteraksi dengan pelanggan. Diharapkan nanti akan semakin banyak aplikasi yang bisa dinikmati masyarakat dengan cepat. 


Pada program IWIC ke 11 ini, kategori kompetisi yang dapat diikuti yaitu antara lain : 

- Kids & Teens 

- Beginner 

- Professional 

- Women & Girls 


Kategori-kategori ini akan berkompetisi untuk ide dan aplikasi di bidang Entertainment, Utility, Media (Social media, chatting, ebook) dan juga Special Needs. Para peserta dapat membuat ide dan aplikasi untuk system operasi Android, iOS, Windows Mobile. 


IWIC ke 11 ini juga dimeriahkan dengan rangkaian kegiatan roadshow dan gathering komunitas Hackathon dan Boothcamp menjelang grand final IWIC. Para pemenang IWIC akan mendapatkan berbagai hadiah menarik diantaranya uang tunai senilai ratusan juta rupiah serta berkesempatan untuk mengunjungi berbagai perusahaan global. Para peserta dapat mengirimkan proposal ide dan aplikasi ke email : iwic@indosatooredoo.com dan website www.indosatooredoo.com/iwic sampati dengan tanggal 20 Nopember 2017 mendatang. 



Gerakan #BijakBersosmed 


Sementara itu, sebagai bagian dari kepedulian Indosat Ooredoo terhadap kondisi sosial media Indonesia yang makin ramai dengan berita hoax, bullying dan konflik horisontal. Indosat Ooredoo mendukung sepenuhnya gerakan #BijakBersosmed. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia, terutama anak muda agar menggunakan media sosial dengan cerdas, sehat, bijak dan bermanfaat positif. 


“Sebagai inisiator dari gerakan Gerakan #BIJAKBERSOSMED, Indosat Ooredoo senang bisa mendukung sekaligus menjadi bagian  dari gerakan publik ini sebagai upaya bersama untuk memperbaiki dan menjaga jagad media sosial Indonesia. Gerakan "BijakBersosmed ini juga menjadi bagian dari rangkaian peringatan 50 tahun HUT Indosat Ooredoo." demikian disampaikan Deva Rachman. 


Deva juga mengungkapkan bahwa kondisi media sosial sekarang sudah semakin mengkhawatirkan karena banyak pihak berusaha membajak dan merusak media sosial dengan menyebarkan kebencian dan hoax untuk kepentingan tertentu. Indosat Ooredoo mendukung penuh gerakan #BIJAKBERSOSMED sebagai gerakan yang berinisiatif untuk mengajak masyarakat luas agar saling mengingatkan dan menggunakan media sosial secara lebih bijak dan memanfaatkan secara positif. 


Bentuk utama dari Gerakan #BijakBersosmed selain penyebaran informasi penggunaan media sosial yang bijak, yang akan didukung oleh video-video informatif dan ebook. Juga akan berupa penyediaan ikrar #bijakbersosmed online yang dapat dilakukan dengan mengunjungi website www.bijakbersosmed.id



Tentang Gerakan #BijakBersosmed


Gerakan #BijakBersosmed adalah gerakan kesadaran publik untuk menggunakan sosial media yang cerdas, sehat, aman dan bijak, sebagai respon pada maraknya praktek penyebaran hoax, saling serang, dan penyebaran kebencian yang terstruktur dan sistematis. 


Untuk informasi yang lebih lengkap apa saja kegiatan dari #BijakBersosmed dapat dilihat di website: www.bijakbersosmed.id dan juga ikuti akun-akun sosial media antara lain di :  


- Facebook : bijakbersosmed.id 

- Twitter : @bijakbersosmed_

- Instagram : @bijakbersosmed_


2 comments

  1. sangat menantang utk menuangkan ide - semoga para pengembang / developer banyak yg brgabung ya..- salan sukses sentiasa mba 😇⚘

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mbak mita.... keren ya program mereka
      salut deh saya
      semoga bs membantu negara kita menjadi lebih maju

      Delete

Inspiravy
Theme by MOSHICOO