Ketika ASUS Membuatku Mati Gaya



Beberapa waktu yang lalu, saya sempat cemas gara-gara notebook kesayangan dan "the only one" itu tiba-tiba bikin ulah. Gak ada angin, hujan ataupun badai...eh tiba-tiba nge-hang dalam waktu yang cukup lama. Awalnya sih ketika saya mau matikan, ada pilihan menu "shutdown and update". Langsung saja saya klik sesuai pilihan menu. Beberapa saat memang biasanya proses update tapi cuma sebentar kemudian langsung posisi mati.


Tapi ini tidak seperti biasanya. Ketika di layar sudah mencapai angka 100% updates, tiba-tiba posisi di layar seperti tampak gambar di bawah ini. Di situ terpampang tulisan "Working on updates. 100% complete. Don't turn off your computer".


Karena petunjuknya dilarang untuk tidak mematikan komputer, saya biarkan saja layar tetap seperti itu tanpa memecet apapun. Semenit, dua menit....sampai berjalan hampir setengah jam. Masih tidak ada perubahan. Saya coba tanya ke anak saya, hampir semua menyarankan supaya saya biarkan untuk sementara waktu. Karena memang kalau komputer sedang meng-update data  butuh waktu cukup lama.


Ya udah...akhirnya saya biarkan saja dulu. Sambil mengerjakan tugas-tugas rumah, saya sempatkan untuk menengok ke layar notebook yang masih tetap membiru dengan tulisan yang tidak berubah. Bahkan ketika waktu bergulir meninggalkan jam pertama, kedua dan seterusnya...saya sudah mulai cemas. Akhirnya saya coba untuk memencet semua keyboard yang saya yakini bisa me-restart atau bahkan mematikannya. Hasilnya nihil. Karena memang Asus yang punya saya ini tipe Transformer T100T, tidak memakai baterai cabut. Melainkan baterai tanam seperti telpon android. 


Semakin lama sepertinya tidak ada perkembangan, sudah membuat saya semakin cemas. Suami dan anak-anak sudah memberi saran supaya segera di bawa ke dealer resmi Asus karena masih ada garansi. Tapi saya tidak bergeming. Masih yakin kalau notebook tersebut tidak kenapa-kenapa dan bisa saya atasi sendiri.



Dan ternyata, posisi tersebut bertahan hingga lebih dari 1x24 jam. Pusing juga nih. Sempat terbersit rencana untuk menuruti saran suami dan anak-anak yaitu mau saya bawa ke customer service Asus. Untung masih ada garansi. Cuman kalo keinget doi pasti harus nginep dalam jangka waktu yang tidak bisa ditentukan, rasanya males juga. Di samping gak rela, kebayang bisa semingguan lebih deh mati gaya.


Akhirnya saya mencoba untuk nanya ke mbah yang jenius yaitu mbah google. Segala macam kunci kata-kata saya coba. Setelah keluar petunjuk, saya juga tidak putus asa untuk mempraktekkannya. Sepertinya angka 3 adalah angka keberuntungan saya. Bukan tidak mungkin karena saya adalah anak yang ke 3....eh nggak ada hubungannya ya hehehehe. Saya mulai mengikuti petunjuknya yaitu :


Langkah 1 :  Tekan tombol power selama 30 detik. Lalu lepaskan.

Langkah 2 :  Tekan lagi tombol power kurang lebih 5 detik sampai muncul tulisan ASUS disusul gambar titik-titik yang berputar.


Dan hasilnya?


Tampilan di layar kembali normal dan foto saya yang lagi narsis bin manis pun kembali muncul hehehehe. Kaget? Tentu saja. Tapi kaget dan gembira yang tidak bisa dilukiskan dengan kata yang indah sekalipun. Karena satu hari kemarin yang begitu cemas dengan kondisi notebook yang awalnya baik-baik saja tiba-tiba hang. Seperti satu mukjizat ketika saya mencoba untuk mencari informasi lewat gooling. Petunjuk yang kelihatannya sederhana ini ternyata cukup ampuh. 


Kita memang tidak bisa pungkiri, tekhnologi canggih cukup membantu dalam mengatasi kesulitan. Tapi yang  penting, kita bisa menggunakannya secara bijak dan tepat. Semoga pengalaman saya ini bisa menjadi masukan buat siapa saja yang sedang mengalami kesulitan seperti saya.



Dengan kejadian di atas, saya jadi semakin hati-hati dalam memperlakukan notebook. Terutama dalam hal perawatan. Memang tidak ada salahnya mencari informasi sebanyak-banyaknya bagaimana merawat notebook atau laptop. Seperti yang saya ambil dari sini adalah :


1. Hati-hati jika membawa laptop/notebook dalam tas

Gunakan tas khusus yang didesain untuk laptop/notebook. Jangan sembarangan menggunakan tas terutama yang tidak menggunakan bantalan khusus yang fungsinya untuk melindungi. 


2. Jangan makan minum di dekat laptop/notebook

Jangan makan dan minum di dekat laptop/notebook. Karena cairan atau makanan yang tidak sengaja tumpah, bisa masuk ke komponen. Yang akhirnya bisa merusak komponen tersebut. 


3. Jangan meletakkan laptop/notebook di lantai, karena debu disekitarnya juga bisa mengotori dan merusak laptop/notebook itu sendiri.


4. Jauhkan juga jangkauan dari anak kecil serta binatang peliharaan. Supaya bisa terhindar dari resiko terinjak, terjatuh atau tertimpa benda.


5. Jangan bongkar sembarangan, supaya tidak ada resiko rusak lebih besar. Kalau ada masalah lebih baik segera di bawa ke service center terdekat atau dealer yang resmi kalau masih ada garansi.


6. Bersihkan secara rutin.

Kadang kita tidak perhatian dan membiarkan laptop/notebook dalam keadaan kotor. Padahal itu akan memperpendek umurnya dan juga mempercepat kena kerusakan. Usahakan rutin membersihkan layar dan keyboard.


Semoga tips di atas bermanfaat. Bagi yang kebetulan mampir dan membaca artikel ini, terutama buat saya sendiri. 



Salam internet sehat...


42 comments

  1. Makasih banget mba. Kasus note book saya jg kyk mb. Asus Transformer T100 jg. Dan stlh coba ikutin saran mba bisa kembali nyala normal.

    ReplyDelete
  2. wah makasih bgt mba,saya jadi tau deh

    ReplyDelete
  3. Mbaak makasih sarannya. Notebook asus saya jadi pulih lg dr dont turn off yout computer hehe

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillaah, terimakasih sarannya benar2 berguna😌😊😀

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Wedeehhhh bisa gokil,,, makasihhhhh

    ReplyDelete
  7. Mungkin Notebook saya berbeda.. tapi kejadiannya sama apa yg saya alami saat ini.. hanya saja saya beruntung selesai 100% langsung merestart dengan sendirinya.. dan ada motif bertulisan Updated Were Installed..

    ReplyDelete
  8. Saya kasusnya stuck di 98%, sekitar 7 jam, n dg cara yang sama ternyata pulih kembali... Terimakasih udah share pengalamannya :)

    ReplyDelete
  9. Makasih buat saran nya dan bener2 berguna

    ReplyDelete
  10. Makasih buat saran nya dan bener2 berguna

    ReplyDelete
  11. ahh makasih mba.. punyaku seperti juga dan sekarang dah bisa lagi..

    ReplyDelete
  12. Aku sampe mikir keras dan nangis gatau mau bagaimana udh nungguin 2jam. Baru kepikiran browsing di HP ketemu ini, alhamdulillah laptopku kembali lagi. Trimakasih ilmunya mbaa..

    ReplyDelete
  13. mba, saya coba cara yg mba lakukan, tapi setelah laptop saya mati dan saya tekan power lagi dia ga mau nyala. mohon saran bantuannya

    ReplyDelete
  14. Makasih mbak informasinya netbook saya kembali bagus.makasih banyak mbak 😊😉

    ReplyDelete
  15. ALHAMDULILLAH MAKASIH BANGET MBA SANGAT BERMANFAAT :***

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah. Sangat membantu. Terimakasih

    ReplyDelete
  17. Gak bisa punyaku mbak:( gimana ini

    ReplyDelete
  18. Bener bener gok gok gokiill boskuu..
    Makasih atas ilmunya.. Laptop saya bnr lagii

    ReplyDelete
  19. MAKASIIIHHH MASYAALLAH AKU BACA LANGSUNG AKU PRAKTEK IN BISAA, MAKASIH BANYAK KAK!!!

    ReplyDelete
  20. Makasihhhh banyak mba sarannya membantu sekali

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah ya allah. Makasih mbak saran nya

    ReplyDelete
  22. terimakasih 🙇🙏 sangat membantu 🙏

    ReplyDelete
  23. Saya kasus nya sedikit berbeda daei mba kalau saya tulisannya "we couldn't complete the updates undoing changes" gitu udh saya coba cara mba 2x tapi ga berhasil tetep gitu aja saya bingung

    ReplyDelete
  24. Ya allah alhamdulillah bisa, aku udh nunggu ber jam-jam gatau di apain. Udh mau nangis karna tugas kuliah dikumpul hari itu juga:') makasih banget mba ��

    ReplyDelete
  25. Duhhh makasih banyakk.... Windows upsdate berlansung 3 hari... Saya baru gelisah... Tapi sangat terbantu dengan info dri ibu... Aslii makasih banget... Bejibun tugas UAS saya menanti

    ReplyDelete
  26. Mba saya mau nanya dong,tapi laptop asus saya juga seperti itu tapi setelah update dia lagsg mati,apakah data"nya tidak hilang?

    ReplyDelete
  27. Replies
    1. Kenapa laptop kembali working on update ya mbaa?

      Delete
  28. persis sama kayak laptop saya mba,,, bedanya laptop ku nge heng kayak kena virus... langsung deh tanya Mbah Google. Serasa jadi ahli IT dalam sekejap begitu laptop nyala hahaha... btw salam kenal :)

    ReplyDelete
  29. TOLONG DONGG!! Laptop sy kan update tp ternyata batre ny habis trs waktu dinyalakan lgi tulisannya "undoing changes to your computer" dan udh 2 hari. Ada yg pernah mengalami? solusinya dong:)))

    ReplyDelete
  30. Mb kenapa malah ada tulisan updating your sistem ya😥😫

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah, terima kasih sekali mbak atas pengalamannya. Akhirnya laptop saya bisa hidup lagi setelah hampir 2x24 jam 😭. Thanks a lot mbak

    ReplyDelete

Inspiravy
Theme by MOSHICOO