Testindo : Konsultan Lokal, Kelas Dunia


Satu pameran bisa dijadikan ajang promosi yang cukup ampuh, jika orang yang menjaga stand tersebut menguasai produk dan bisa memberikan penjelasan yang informatif kepada pengunjung. Apalagi, jika produknya ini lain daripada yang lain dan cenderung kurang menarik ketika dilihat orang kebanyakan. Butuh strategi dan kerja keras untuk menimbulkan ketertarikan pada pengunjung untuk mampir ke stand yang bersangkutan.

Tapi strategi lain dilakukan oleh pak Dzulfikri atau pak Fikri, di stand Testindo No.51 pada event Pameran Produksi Indonesia 2015 ini. Beliau cukup ramah dan murah senyum dalam melayani pengunjung yang kebanyakan masih awam dengan bahasa tekhnologi termasuk diri saya. Dengan sabar dia menjelaskan tentang profil perusahaannya, yaitu PT. TESTINDO yang diplesetkan sebagai "dokternya jembatan". Dari guyonan itu, akhirnya saya tertarik untuk ingin mengetahui lebih jauh apa sih perusahaan Testindo itu.

Lewat beberapa pertanyaan saya di bawah ini, mudah-mudahan bisa mewakili keingintahuan sebagian masyarakat terhadap perusahaan yang masih begitu jarang ada di Indonesia.
 
Pak Fikri sedang menjelaskan pada pengunjung (dok.mas rinaldy)

Saya sebagai orang awam yang membaca brosur penuh dengan bahasa teknologi jadi roaming nih hehehehe. Akhirnya pak Fikri menjelaskan dengan bahasa yang sangat sederhana, seperti apakah perusahaan Testindo itu?


PT TESTINDO adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang implementasi Teknologi Pengujian, Sistem Pemantauan dan Kendali (Testing, Monitoring, & Control System) yang Terintegrasi.

Testindo menyediakan 3 layanan Utama:
1. Sistem Integrator
2. Jasa Engineering
3. Exclusive Agent/Distributor produk Peralatan Pengukuran (seperti sensor & transducer), Pengujian (peralatan pengujian), Sistem Kendali (control system) & Pemantauan (monitoring system)

Selanjutnya pak Fikri menguraikan secara detil apa yang di maksud dari poin di atas tersebut. 

1. Sistem Integrator
Layanan ini dimulai dari front-end engineering design (FEED) hingga tahap engineering keseluruhan, implementasi & integrasi system, sampai dengan komisioning system integrasi, pelatihan, dan layanan pemeliharaan

a)    Sistem Safety (safety protection system)
b)    Proses Control (Process Control Instrumentation)
c)     Customize Analyzer
d)    Monitoring System (Data Logging)
e)    Testing Machines
f)     Sistem Fire and Gas
g)    SCADA
h)    Telekomunikasi
i)      Sistem Pengendali Daya (Power Control System)

Layanan ini mencakup berbagai macam aplikasi pengukuran di berbagai industry, seperti :  beban, tension, force, vibrasi, current, high-voltage,  torque, flowmeter, pressure, speed, level, displacement, temperature, humidity, color, position, wind, noise, thickness, parameter-parameter gas, dll.

2. Jasa Engineering
PT TESTINDO menyediakan jasa engineering yang meliputi:
2.1  Testing & Diagnostic Services, baik untuk periodic testing maupun long-term monitoring

Testindo mensuplai equipment data akuisisi dan sensor-sensor bersama engineer untuk memonitor parameter-parameter regangan / stress, defleksi, rotasi dan parameter kritikal lainnya sesuai aplikasi dan kebutuhan pelanggan. 
Untuk layanan long term monitoring, equipment kami dapat dikonfigurasikan untuk:
-  Mengirimkan alarm via email, cell phone, dan voicemail
-  Real-time remote monitoring
-  Menyediakan stand-alone power dan cellular data connection
-  Automatically trigger dan record data dari live load event seperti dari kendaraan yang lewat atau dari kecepatan angina, dllnya
-  Menghitung fatigue cycle
-  Dll (customize).

   
2.2   Repair & Upgrade Services
TESTINDO berpengalaman dalam melayani repair dan modernisasi atau upgrade mesin / system pengukuran, pengujian, pemantauan dan kendali.  Layanan kami meliputi repair dan upgrade instrumentasi (hardware dan software) maupun mekanik. 

2.3 Training & Calibration:
a.       Vibration & Balancing Fundamental
b.      Rubber Academy Training Program
c.       Calibration of Balancing Machine


PT TESTINDO merupakan distributor/agent dari produk berikut ini:
No
Produk
Prinsipal
Negara
1
Online Diagnostic for Critical Rotating Machines
PROGNOST
Jerman
2
Protection System for Critical Rotating Machines
PROGNOST
Jerman
3
Ultrasonic Inspection Tester
Magnetic Analysis Corporation
USA
4
Eddy Current Tester
Magnetic Analysis Corporation
USA
5
Production Comparator
Magnetic Analysis Corporation
USA
6
Flux-Leakage Tester
Magnetic Analysis Corporation
USA
7
Multi-Test System
Magnetic Analysis Corporation
USA
8
Retrofit Crane (Safety)
HIRSCHMANN
Jerman
9
Load Safety Monitoring
HIRSCHMANN
Jerman
10
Balancing Machine
ABRO
UK / India
11
Soil Compaction Tester
HMP
Jerman
12
iPad based portable Vibration Analyzer
GTI Predictive
USA
13
iPad based portable Dynamic Balancer
GTI Predictive
USA
14
iPad based portable Shaft Laser alignment
GTI Predictive
USA
15
Oil analysis system
MJR Technology
USA
16
GPS soil movement monitoring
ORION MONITORING
USA
17
Universal Testing Machine
TMR Instrument
Indonesia
18
Box Compression Tester
TMR Instrument
Indonesia
19
Machinery Diagnostic Analyzer with simulator kit
TMR Instrument
Indonesia
20
Combustion Analyzer
TMR Instrument
Indonesia
21
Sensor &  Alat Ukur:
Load cell, tensiometer, force/impact sensor, vibration / accelerometer, Torque, Flow, Pressure, Speed/Tacho, Level sensor, Displacement, Temperature, Humidity, Color, Laser-scanner, Wind, Noise, Current, Voltage, Thickness, various Gas pameters, etc
Various  brands
Europe / USA
22
Data Logger/Data Acquisition
MPDI
Europe
23
Rubber Testing Machihes
U-CANDYNATEX
Taiwan
24
Vibration Meter
Hansford
UK

 
Banner Testindo di area PPI 2015

Mendengar uraian di atas, saya jadi penasaran. Ingin tahu sejarah berdirinya Testindo dan berapa banyak perbandingan tenaga ahli yang dipekerjakan?


PT TESTINDO adalah salah satu anak perusahaan TAHARICA group yang didirikan pada tahun 2012 sebagai perusahaan engineering yang berkomitmen untuk memberikan value added services bagi industri dalam bidang implementasi Teknologi Pengujian, Sistem Pemantauan dan Kendali (Testing, Monitoring & Control System) yang Terintegrasi.

Sebagai catatan bahwa perusahaan ini didirikan oleh para ex "punggawa engineering" PT Taharica yang di nilai sudah "layak" menjadi pengusaha oleh group perusahaannya yang menerapkan "entrepreneur spirit" kepada karyawannya.

Sebagai perusahaan milik swasta dalam negeri, maka tenaga ahli PT TESTINDO adalah 100% dari dalam negeri , namun dalam implementasi proyek, kami memiliki supporting partner di beberapa lembaga penelitian dalam negeri (LAGG BPPT, MEPPO BPPT, LIPI, UGM, UI, PNJ, dll) maupun perusahaan engineering luar negeri, baik di Eropa, Amerika, dan Negara Asia lainnya.  

Karyawan kami dipersiapkan untuk membantu pelanggan secara penuh dalam setiap fase/proses Teknologi Pengujian, Sistem Pemantauan dan Sistem Kendali /instrumentasi dari mulai tahapan perencanaan melalui engineering, sampai kepada manajemen proyek, produk dan integrasi sistem, supervisi lapangan, dan dukungan purna jual.

PT TESTINDO telah mendapatkan reputasi untuk keahlian dalam bidang pengukuran dan instrumentasi yang tercermin dari keyakinan pelanggan kami yang melakukan repeat order serta perusahaan internasional terkenal yang telah memilih TESTINDO untuk mewakili mereka di Indonesia.

Tentunya Testindo mempunyai misi visi ketika turut berperan dalam kemajuan teknologi bangsa?



Salah satu misi kami adalah memberikan solusi untuk meningkatkan hasil bisnis Anda dengan meningkatkan jaminan ketersediaan dan kualitas, dan dengan mengurangi biaya untuk proses engineering/rekayasa, komisioning, operasi, dan pemeliharaan, keselamatan, kesehatan dan lingkungan.

VISI:
Menjadi yang terbaik di Indonesia dalam bidang implementasi Teknologi Pengujian, Sistem Pemantauan dan Kendali Terintegrasi (Integrated testing, monitoring, & control system) yang memberikan manfaat kepada pelanggan untuk meningkatkan performa bisnis mereka dengan mengupayakan penerapan syariat Islam (beyond good corporate governance) di semua level dan tahapan bisnis.

MISI :
PT TESTINDO didedikasikan untuk pertumbuhan dan kepuasan pelanggan, pemegang saham, prinsipal dan pengembangan karyawan.

Pengunjung mendapatkan informasi yang akurat di stand Testindo (dok.testindo)

Dari mana sajakah Customer Testindo?


Testindo melayani customer dari kalangan industri, universitas maupun balai pengujian dan penelitian di seluruh Indonesia.

Diantara customer tersebut adalah :
- Dinas Pekerjaan Umum
- Toyota
- Max-Power (GE JENBACHER DISTRIBUTOR INDONESIA)
- Wika Beton
- Pama Persada
- PT Indonesia Power
- PT PLN PUSHARLIS (J & P)
- Astra Otoparts 
- Chevron
- Indokarlo Perkasa 
- PT JAS, Tbk
- Dirgantara Indonesia
- PUSJATAN PU Bandung
- Krakatau Waja Tama
- BPPT
- Univ. Andalas
- Politeknik Negeri Jakarta
- Universitas Indonesia
- Institute Teknologi Bandung
- dan masih banyak lagi lainnya


Sudah berapa kali Testindo mengikuti Pameran Produksi Indonesia? Apa pernah mengikuti pameran-pameran yang sejenis?


Ini adalah keterlibatan Testindo yang pertama dalam mengikuti ajang PPI. Karena pameran ini gaungnya tidak hanya nasional tapi juga internasional. Yang diadakan oleh Kemenperin yang membidangi industri. Oleh karenanya, Testindo menjadikan PPI sebagai forum untuk memberikan informasi tidak hanya bagi customer, partner/relasi maupun pemerintah. Tapi juga masyarakat luas.

Untuk CUSTOMER dengan tujuan adalah memasyarakatkan Teknologi Pengujian, Sistem Pemantauan dan Kendali Terintegrasi kepada masyarakat secara umum. Terutama bagi pengambil keputusan di Industri. Harapan kami agar semua yang mengenal Testindo, yaitu perusahaan engineering dalam negeri yang sudah memiliki kemampuan dan pengalaman di bidang teknologi ini. Sehingga dapat dijadikan satu alternatife atau barometer bagi perkembangan teknologi di dalam negeri. 

Sedangkan untuk PARTNER/RELASI yaitu berharap bertemu dengan partner atau relasi bagi pengembangan perusahaan kami. Saat ini Testindo sedang mencari calon mitra usaha dari para pelaku industri dan balai penelitian yang sudah berpengalaman di bidang kalibrasi dan pengujian. Yang tertarik membuka divisi kalibrasi dan divisi laboratorium pengujian bersertifikasi internasional untuk bergabung dengan Testindo dan group. Membuka usaha khusus di bidang tersebut sebagai pengelola usaha dengan membuka perusahaan/divisi baru dengan system pembagian saham.

Dengan PEMERINTAH mempunyai tujuan agar para pejabat pemerintah dapat mengetahui adanya eksistensi PT. Testindo sehingga dapat di dukung dan diberikan pembinaan agar lebih maju dan berkembang. 

PT Testindo sering mengikuti pameran yang diadakan kemenperin, Kemenristek (RITECH 2014), Asosiasi Profesi seperti HATTI 2013-2014, maupun pameran internasional seperti manufacturing Indonesia 2014 yang diadakan setiap tahun di JI Expo Kemayoran - Jakarta.

Apakah Testindo mempunyai pesaing?


Tentu ada pesaing, karena Testindo memiliki scope yang sangat luas. Sedangkan kelebihan kami adalah kualitas, harga yang bersaing dan pelayanan. Karyawan Testindo mampu menyediakan layanan di setiap proses pengadaan produk maupun jasa mulai dari konsultan untuk perencanaan melalui engineering sampai kepada manajemen proyek, produk dan integrasi sistem, supervisi lapangan dan dukungan purna jual.


Pertanyaan terakhir adalah harapan Testindo terhadap peran pemerintah untuk masa depan adalah :


Testindo berharap mendapat pembinaan dari pemerintah dalam pemantapan manajemen, pasar dan teknologi.

  
Sertifikat Peserta PPI 2015


Informasi yang lengkap tentang Testindo, bisa diperoleh dengan membuka link di bawah ini :

1. Brosur Sistem Integrator
2. Brosur Jasa Engineering


1 comment

Inspiravy
Theme by MOSHICOO