Tuesday, November 19, 2019

Menjaga stamina di musim kemarau dengan Herbadrink, minuman alami yang menyehatkan

Menunggu hujan turun di Surabaya itu kayak menunggu "pungguk merindukan bulan". Tahu nggak artinya? Artinya adalah menunggu sesuatu yang sia-sia. Karena kondisi makin hari cuaca di Surabaya makin hot potatoes alias panas ngentang-ngentang dalam bahasa Jowo hehehe. 


Beneran lo mom. Rasanya males banget mau melangkah keluar rumah. Bahkan ketika pagi masih menunjukkan waktu di bawah jam 7, ketika hendak menunaikan tugas ke pasar udah buru-buru pingin pulang. Udah gak kuat panas, maunya ngadem deket kipas angin atau nge-AC di dalam kamar.


Musim kemarau ini memang belum bisa diprediksi kapan usainya. Sebenarnya bukan perkara musim kemarau atau musim penghujan, karena hampir sama. Yang bikin galau itu adalah menjaga kestabilan badan ketika datang 2 musim itu. Karena kesibukan kita tidak bisa berhenti begitu saja, baik ketika musim kemarau atau musim penghujan. Kita tidak bisa duduk berdiam diri di rumah, karena kesibukan yang berjibun sudah menunggu untuk diselesaikan. Apalagi kalau ada event yang mengharuskan kita keluar rumah. 


Nah, salah satu tips saya untuk selalu menjaga stamina tetap prima adalah dengan minum produk herbal yang memang sudah lama saya konsumsi yaitu Herbadrink. Sudah pada tahu produk ini kan?  



Salah satu produk yang sering banget saya konsumsi adalah yang varian Sari Jahe dan Beras Kencur. Kalau jaman dulu nenek atau ibu sering bikin minuman hangat yang di kasih geprek jahe atau bikin beras kencur sendiri, sekarang Herbadrink sudah menyediakan dalam bentuk yang praktis yaitu sachetan. Disamping untuk menjaga kehigienisan, juga mudah dibawa ketika bepergian. Kalau mau minum tinggal di campur dengan air panas atau air dingin sesuai selera. 



Saya rutin sekali minum Herbadrink Beras kencur karena bahan beras kencurnya sangat efektif untuk menghangatkan tenggorokan, meredakan masuk angin dan mengobati maag. Kebetulan saya mempunyai sakit maag, tapi sejak rutin minum Herbadrink Beras Kencur ini sudah jarang kambuh. Tapi yang Beras Kencur ini juga nikmat banget lo kalau di minum pakai air dingin atau ditambahi es batu. Seperti sahabat saya mbak Nurul Rahmawati, hobi banget minum beras kencur dingin. Dan kalau dia pas main ke rumah, minuman favorit ini selalu saya buatkan untuk dia.



Sebenarnya semua varian dari Herbadrink saya suka. Seperti yang pernah saya tulis beberapa waktu yang lalu tentang manfaat dari Sari Temulawak dalam menemani aktifitasku sehari-hari. 


Sari Temulawak - Minuman Sehat Yang Menemani Aktifitas Sehari-hari





Oh ya, kalian juga bisa mencoba varian yang lain karena Herbadrink mempunyai beberapa macam rasa seperti :


1. Sari Temulawak

2. Lidah Buaya 

3. Kunyit Asam 

4. Kunyit Asam Sirih

5. Wedang Uwuh 

6. Kopi Ginseng 

7. Chrysanthemum Herb


Dan yang bikin hepi, varian dari Herbadrink ini ada yang tesedia Sugar Free lo! Untuk mendapatkan produknyapun juga sangat gampang. Karena sudah tersedia di minimarket serta supermarket di sekitar kita. 


Kalau ada yang masih ragu, kenapa harus Herbadrink? Karena semua sudah pada dong kalau Herbadrink itu terbuat dari bahan alami yang tanpa bahan pengawet dan tanpa tambahan perisa. Dibuat juga dengan resep tradisional tapi dengan teknologi yang sangat modern. Kalau masih belum jelas, kunjungi saja websitenya di Herbadrink.


Saturday, November 16, 2019

Ikuti Kegiatan Candi Darling, Ratusan Mahasiswa Hijaukan Situs Ratu Boko dan Candi Ijo

(foto dari instagram @siapdarling)


Situs Ratu Boko menjadi salah satu warisan budaya yang telah diakui United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Peninggalan sejarah ini juga menjelma menjadi primadona generasi milenial untuk berswafoto karena menyajikan pesona alam Yogyakarta yang indah, terutama di sore hari. Hal tersebut diutarakan oleh General Manager PT Taman Wisata Candi (TWC) Unit Ratu Boko Wiharjanto. 


" Situs Ratu Boko menjadi primadona generasi milenial yang berburu sunset. Hal ini terlihat dari total kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara pada tahun 2018 sebanyak 306.338 wisatawan yang didominasi oleh anak muda. Mayoritas dari pengunjung datang di sore hari untuk berswafoto di gapura utama Situs Ratu Boko." kata Wiharjanto.


Kompleks Situs Ratu Boko berada di Jalan Raya Piyungan – Prambanan KM 2, Gatak, Bokoharjo, Sleman, Yogyakarta. Jika dilihat dari etimologinya, situs purbakala Ratu Boko terletak 3 kilometer dari Candi Prambanan, atau berada di 18 Km sebelah timur Kota Yogyakarta dan 50 Km barat daya Kota Surakarta, Jawa Tengah. Meskipun memiliki pesona lima gapura megah yang dipercaya sebagai sisa-sisa bangunan Keraton Ratu Boko, menurut Wiharjanto, lokasi dengan luas area 250.000 m2 tersebut seringkali berhawa sangat panas di siang hari.  


Berangkat dari kepedulian untuk merawat bumi dan warisan sejarah tersebut, Bakti Lingkungan Djarum Foundation menyelenggarakan kegiatan Candi Sadar Lingkungan di Situs Ratu Boko dan Candi Ijo bersama ratusan mahasiswa dari berbagai universitas di wilayah Yogyakarta pada Selasa, 12 November 2019. Pada kegiatan ini, ratusan mahasiswa tersebut menanam ribuan tanaman perdu dan juga semak berbunga. 


Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji menuturkan bahwa kegiatan Candi Darling merupakan bagian dari program Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) yang diinisiasi oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation. Gerakan Siap Darling mengajak generasi milenial untuk tak hanya sekedar peduli, namun terlibat langsung dalam melakukan aksi nyata, bergerak bersama-sama dan mengejar mimpi masa depan tanpa menambah jejak-jejak kerusakan pada bumi. 


"Prakarsa Siap Darling melalui program Candi Darling merupakan langkah nyata dalam menggerakkan generasi milenial khususnya mahasiswa agar lebih peduli terhadap lingkungan. Program ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa memiliki dan bangga dikarenakan mereka turut berperan serta menghijaukan situs-situs warisan sejarah bangsa Indonesia serta menularkan kebiasaan baik ini di masyarakat luas. Harapan jangka panjang adalah langkah ini akan menciptkan ekosistem lingkungan yang berkelanjutan." ungkap FX Supanji.


FX Supanji melanjutkan, melalui Candi Darling di Situs Ratu Boko dan juga Candi Ijo ini diharapkan bisa menciptakan kawasan situs sejarah yang teduh, asri dan semakin cantik sehingga bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di masa mendatang. Di lain sisi, kegiatan ini juga berupaya menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap warisan sejarah bangsa Indonesia.


(foto milik instagram @siapdarling)


Penanaman serentak di Situs Ratu Boko dan Candi Ijo melibatkan tak kurang dari 250 mahasiswa yang berasal dari Universitas Sanata Dharma, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan beberapa universitas lainnya dengan menanam beragam jenis flora. Untuk Situs Ratu Boko, total tumbuhan yang ditanam sebanyak 1,350 tanaman perdu dan semak berbunga meliputi Bugenvil, Tanjung, Merak, Soka, dan Kepel. Sementara di Candi Ijo, flora yang ditanam ialah Soka, Ruellia, dan Melati dengan total keseluruhan sebanyak 1000 tanaman. 


Ketua Unit Kerja Situs Ratu Boko dan Candi Ijo Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY - Dra. Tri Hartini memberikan apresiasi yang mendalam kepada Bakti Lingkungan Djarum Foundation atas aksi penghijauan dalam wujud nyata merawat situs-situs cagar budaya ini. Selain itu, gerakan ini juga diyakini memberikan pengaruh yang baik kepada generasi muda dan masyarakat luas.


“Selain akan mempercantik wilayah Situs Ratu Boko dan Candi Ijo, gerakan ini diharapkan dapat mendorong generasi muda untuk semakin mencintai dan mempelajari warisan sejarah yang ada di Indonesia,” ungkap Tri Hartini. 


Pada kegiatan Candi Sadar Lingkungan di Situs Ratu Boko & Candi Ijo ini, Bakti Lingkungan Djarum Foundation juga menggandeng musisi peduli lingkungan, Kunto Aji menanam di kawasan situs sejarah Ratu Boko. Pelantun Rehat ini sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan Candi Sadar Lingkungan karena banyak memberikan dampak positif bagi generasi muda. 


"Kegiatan menghijaukan candi ini sangat unik karena biasanya kita melakukan penghijauan di area-area gersang bukan di lokasi wisata. Dengan kegiatan ini kita menekankan bahwa merawat peninggalan bersejarah itu sangat penting karena bumi ini milik kita dan sudah sepantasnya kita pula yang menjaga. Saya juga sudah tidak sabar menyapa Darling Squad yang memiliki kepedulian yang sama,” ujar Kunto Aji.


(foto diambil dari instagram @siapdarling)


Tak hanya mempercantik situs sejarah, kegiatan ini juga diperkaya dengan workshop bertema “Pilah Sampah Jadi Berkah” yang membahas pemilahan sampah dalam kehidupan sehari-hari kepada para mahasiswa yang hadir. Dengan demikian, mahasiswa akan semakin teredukasi bahwa sampah masih memiliki nilai ekonomis dan bisa dipergunakan kembali. 


Sampai saat ini, program Candi Sadar Lingkungan telah merampungkan penghijauan di 4 candi DIY dan Jawa Tengah di kawasan Candi Prambanan yakni Candi Roro Jonggrang, Candi Sewu, Candi Bubrah serta Candi Lumbung diikuti dengan situs warisan sejarah Benteng Van den Bosch di Ngawi, Jawa Timur. Dalam cakupan yang lebih luas, program Siap Darling telah merencanakan gerakan penghijauan candi-candi lainnya di seluruh Indonesia. Program ini ditargetkan rampung pada 2025. Untuk itu, Siap Darling membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat langsung dan bergabung sebagai Darling Squad untuk bergerak bersama-sama menularkan kebiasaan penghijauan demi bumi yang lebih asri.


(foto diambil dari instagram @siapdarling)

 

Friday, October 25, 2019

Memilih Nutrisi Yang Tepat Untuk Anak PJB Supaya Terhindar Dari Malnutrisi


Masalah malnutrisi pada masa 1000 Hari Pertama Kehidupan (dalam masa kandungan sampai anak berusia dua tahun) masih menjadi tantangan bagi masa depan anak-anak Indonesia. Kondisi medis khusus seperti Penyakit Jantung Bawaan (PJB) pada anak dapat mempersulit pemenuhan nutrisi yang diperlukan, sehingga apabila tidak ditangani dengan tepat, dapat berujung pada kondisi kekurangan nutrisi. Dalam rangka Hari Jantung Nasional, Nutricia-Sarihusada sebagai bagian dari Danone Specialized Nutrition mengadakan acara "Bicara Gizi" dengan mengajak para ahli, komunitas, serta wartawan dan blogger di kota Malang untuk berdiskusi mengenal tanda-tanda serta kebutuhan nutrisi anak dengan PJB untuk membantu tumbuh kembang yang optimal.



Arif Mujahidin selaku Corporate Communication Director Danone Indonesia dalam hal ini karena berhalangan hadir diwakili oleh ibu Indah mengatakan, “Anak-anak harus tetap dipenuhi kecukupan gizinya melalui makanan dalam keadaan kesehatan apapun, karena asupan nutrisi melalui makanan akan membantu tumbuh kembang dan daya tahan tubuh mereka.”



Sebagai bentuk kepedulian Nutricia Sari Husada di bawah managemen PT.Danone kepada para Pejuang Jantung, pada hari Sabtu 19 Oktober 2019 lalu di Hotel Savana Malang menyelenggarakan sebuah acara yang bertema Bicara Gizi. Acara ini dihadiri tak kurang dari 50 peserta yang terdiri dari Komunitas Pejuang Jantung, awak media dan blogger. Dengan 2 nara sumber dari praktisi Anak Kardiolog dr. Dyahris Kuntartiwi Sp.A(K) bersama dr. Anik Puryanti Sp.A(K) selaku Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik Anak dari RSSA Malang, sukses membuat peserta antusias mengikuti sesi demi sesi. Dalam acara ini juga diselingi sesi sharing dari 2 orangtua pejuang jantung bernama Akeyla (2 tahun) dan Zafran (4 tahun). 



Penyakit Jantung Bawaan (PJB) diderita anak dengan kelainan pada struktur jantung atau fungsi sirkulasi jantung yang terjadi akibat adanya gangguan atau kegagalan perkembangan struktur jantung pada fase awal perkembangan janin. Nafas pendek atau nafas cepat, susah makan, keringat berlebihan saat makan, sianosis (kulit, bibir dan kuku berwarna kebiruan) dapat menjadi tanda adanya penyakit jantung bawaan. Berdasarkan letak dan tingkat keparahannya, lebih dari 34 jenis PJB telah teridentifikasi dan kebanyakan menghambat aliran darah pada jantung dan pembuluh darah sekitarnya atau dapat menyebabkan aliran darah yang abnormal dari atau ke jantung.



"Di Indonesia, angka kejadian PJB diperkirakan mencapai 43.200 kasus dari 4,8 juta kelahiran hidup, yaitu sekitar 7-8 diantara 1000 kelahiran setiap tahunnya. Bila tidak terdeteksi secara dini dan tidak ditangani dengan baik, resiko pasien tidak terselamatkan mencapai 50% pada bulan pertama kehidupan. Selain itu, salah satu permasalahan utama anak dengan PJB adalah tingkat status gizi yang buruk. Untuk mencegah peningkatan morbiditas dan mortalitas yang berkaitan dengan malnutrisi pada anak dengan PJB, diperlukan deteksi dini dan pemberian nutrisi yang intensif sesuai pengawasan dokter.” jelas Konsultan Kardiologi Anak - Dr. Dyahris Koentartiwi, SpA(K).


Secara umum penyebab timbulnya malnutrisi dapat dibagi menjadi 3 kategori yaitu:

1. Masukan kalori yang tidak adekuat

2. Absorbsi dan pemanfaatan yang tidak efisien

3. Dan atau peningkatan kebutuhan energi/kalori. 


Pada anak dengan PJB, asupan yang tidak memadai terjadi akibat kesulitan makan karena susah menghisap, menelan, lelah saat makan dan adanya pembatasan cairan membuat anak dengan PJB membutuhkan tatalaksana nutrisi yang berbeda. Anak yang dilahirkan dengan kelainan jantung bawaan akan meningkatkan resiko kondisi gagal tumbuh karena asupan gizi yang tidak adekuat dan kesehatan yang tidak optimal serta ketergantungan pada bantuan medis di Rumah Sakit.



“Anak dengan penyakit jantung bawaan memerlukan asupan nutrisi yang intensif dan makanan tinggi kalori untuk memberikan optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan serta kualitas hidup yang lebih pada anak. Hal tersebut meliputi pemantauan dengan melakukan diagnosis status gizi dan masalah nutrisi; menentukan kebutuhan kalori, protein, jumlah cairan; menentukan rute pemberian nutrisi; jenis makanan; serta monitoring keberhasilan.. Dengan pendekatan tersebut, anak dengan PJB diharapkan dapat terhindar dari kondisi serius seperti malnutrisi dan stunting yang dapat memperburuk kesehatannya."ujar Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik Anak - Dr. Anik Puryanti, SpA(K). 


Bicara Gizi adalah program edukasi yang diinisiasi oleh Danone untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran nutrisi untuk mendukung kesehatan masyarakat di masa-masa penting kehidupan. Selain mengadakan talkshow edukasi, karyawan Danone di Indonesia juga berpartisipasi dalam melakukan kegiatan volunteering untuk mendampingi dan menghibur anak-anak dengan PJB. “Kami berharap kegiatan Bicara Gizi di Kota Malang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat serta mendorong penanganan nutrisi yang tepat bagi anak dengan Penyakit Jantung Bawaan agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.” begitu pesan Arif Mujahidin dalam siaran pers-nya. 



Tuesday, October 8, 2019

Menjajal Berbagai Pengalaman Seru bersama Traveloka Xperience

Siapa sih yang belum kenal dengan aplikasi Traveloka? Kayaknya nama Traveloka sudah cukup akrab, terutama bagi para traveler dan adventurer, kalau dalam bahasa kita disebut pelancong dan petualang hehehe. Salah satu aplikasi yang sangat mudah kalau mau memesan tiket baik pesawat maupun transportasi darat, bepergian di dalam negeri maupun luar negri. Memang sudah menjadi jaminan mutu. 


Eh tapi tidak cuma tiket untuk transportasi aja lo, karena Traveloka menyediakan semua informasi yang dibutuhkan kalau kita mau bepergian. Juga informasi tentang hotel dan tempat kulineran. Memang komplit banget tuh info yang ada di Traveloka. 


Dan baru-baru ini tepatnya pertengahan tahun 2019, Traveloka menambah layanan pada aplikasi melalui Traveloka Xperience. Wah apa itu?


Apa itu Traveloka Xperience?

Ternyata Traveloka sekarang tidak hanya menyediakan fasilitas booking transportasi dan hotel saja lo! Kini tersedia layanan baru yang memudahkan kamu memilih aktifitas apa saja sesuai kegemaranmu yaitu Traveloka Xperience


Mulai tahun ini, Traveloka melebarkan sayapnya dengan melengkapi produk dan layanan untuk kebutuhan travel dan lifestyle dalam Traveloka Xperience. Melalui Traveloka Xperience, kamu bisa menemukan berbagai jenis produk dan aktivitas liburan dan gaya hidup di Asia Tenggara. Mulai dari atraksi, bioskop, event, hiburan, spa & kecantikan, olahraga, taman bermain, transportasi lokal, tur, pelengkap travel, makanan & minuman, serta kursus & workshop. Selain itu, kamu juga bisa menikmati ribuan pilihan pengalaman wisata di seluruh dunia yang didukung oleh metode pembayaran beragam, proses pemesanan cepat dan praktis, serta customer service 24/7. Semuanya tersedia dalam 6 pilihan bahasa untuk semakin memudahkan para pengguna.


Cara menggunakan Traveloka Xperience

Saya yakin sebagian besar dari kalian pasti sudah biasa menggunakan aplikasi Traveloka kalau mau booking tiket transportasi atau hotel. Nah, untuk menggunakan layanan Traveloka Xperience ini juga sangat mudah, seperti kalau kita mau menggunakan aplikasi Traveloka. Pertama buka aplikasi Traveloka, kemudian klik Xperience.

Tersedia berbagai macam layanan yang bisa kamu pilih. Jumlahnya ada 12 lo! Jadi kamu bisa mencoba berbagai macam fasilitas yang bisa memanjakanmu maupun bisa dinikmati bersama keluarga. 



Kamu juga bisa mencari layanan di kota yang kamu inginkan. Tinggal ketik kota yang kamu inginkan di kolom pencarian. Misalkan kota Surabaya. Nantinya akan muncul berbagai layanan Xperience yang tersedia di kota Surabaya.



Kalian akan mendapat informasi seputar : 

1. Aktivitas terbaik di Surabaya 

2. Penawaran Spesial di Surabaya, berupa promo yang sedang berlaku di Salon maupun Perawatan Kecantikan di Surabaya 

3. Tur Terbaik di Surabaya, yaitu berupa paket wisata 

4. Pelengkap Travel Favorit di Surabaya 

5. Makanan dan minuman Terbaik di Surabaya, berupa oleh-oleh khas Surabaya 

6. Event Terkini di Surabaya 

7. Spa dan Kecantikan Terbaik di Surabaya 

8. Kursus dan Workshop yang Paling Disukai di Surabaya 

9. Olahraga yang Diminati di Surabaya 

10. Tempat Bermain Populer di Surabaya 

11. Hiburan Seru di Surabaya, dan masih banyak lagi lainnya lo! 


Seru banget ya? Sepertinya kita tidak akan menemui kesulitan mencari informasi kota yang sedang atau akan kita kunjungi kalau mau traveling. Jadi komplet banget nih di Traveloka Xperience. 


Mencoba Traveloka Xperience di kota Madiun

Saya nih biasanya tiap bulan rutin mudik ke kampung halaman di kota Madiun. Ketika saya cek di Traveloka Xperience, ternyata di kota Madiun juga sudah ada layanannya. Wah seneng banget dong. Apalagi kalau tujuan utama mudik itu selain menengok ibunda, biasanya juga pengen refreshing dari kepenatan kerja. 


Salah satu yang saya cari adalah Salon atau Spa. Dan kebetulan banget di sekitar rumahku ada Salon Nakamura yang menyediakan jasa komplit dari pijat sampai spa. Jadi nggak usah jauh-jauh, tinggal jalan kaki aja nih cuma 500 meter dari rumah. 




Saya klik lokasi Spa yang saya inginkan itu, untuk melihat waktu operasionalnya. Kita juga bisa cek jenis perawatan yang tersedia sekaligus tarifnya. Oh ya, di Salon Nakamura ini juga terima voucher atau poin dari Traveloka lo. Jadi, semakin kita sering berkunjung akan mendapat poin yang banyak juga.




Mengapa harus mencoba Traveloka Xperience?

Mengapa kita harus mencoba menggunakan layanan Traveloka Xperience? Di samping cara menggunakannya cukup mudah dan praktis. juga banyak kemudahan yang bisa kita dapat.

Bagi kalian yang pengen punya pengalaman seru dan mengesankan, coba deh layanan Traveloka Xperience. 

 

Friday, October 4, 2019

ASUS 30th Anniversary Gathering Sambangi Surabaya

ASUS 30th Anniversary Gathering Sambangi SurabayaDi usianya yang ke-30 tahun, ASUS mengadakan acara 30 th Anniversary Gathering di berbagai kota di seluruh Indonesia. Setelah sukses digelar di kota Bandung, Yogyakarta, dan Palembang, kali ini ASUS membawa beragam inovasi dan produk terbarunya ke bagian timur pulau Jawa, tepatnya di kota Surabaya. 


Jimmy Lin selaku ASUS Regional Director - Southeast Asia mengatakan bahwa di usia yang ke-30 tahun kali ini, ASUS mempersembahkan rangkaian laptop terbaru dengan inovasi terdepan. Mulai dari lini laptop mainstream, premium, hingga laptop gaming. 


“Kami tidak ingin inovasi ini hanya diketahui oleh sebagian masyarakat Indonesia saja, untuk itulah kami menggelar acara ASUS 30 th Anniversary Gathering di berbagai kota termasuk Surabaya yang merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta.” lanjut Jimmy Lin.


Berbagai lini produk laptop terbaru ASUS dihadirkan dalam acara ASUS 30 th Anniversary Gathering kali ini, seperti jajaran laptop VivoBook dan ZenBook, serta jajaran laptop gaming TUF Gaming dan ROG. Tidak ketinggalan juga rangkaian laptop komersial yaitu ASUSPRO yang turut dihadirkan di acara 30 th Anniversary Gathering di Surabaya. 


ASUS VivoBook, Laptop Penuh Warna 

Sejak pertama kali diperkenalkan, VivoBook merupakan jajaran laptop untuk pelajar dan profesional  muda. Untuk itulah VivoBook didesain dengan performa yang mumpuni serta memiliki desain khusus bernuansa muda serta dinamis. Ciri khas tersebut dapat ditemukan di seri VivoBook terbaru yaitu seri VivoBook S dan VivoBook Ultra. 

VivoBook S S430 didesain dengan konsep penuh warna yang melambangkan target pengunanya yaitu para profesional muda yang kreatif serta penuh energi. VivoBook S S430 juga bukan laptop biasa karena laptop ini sudah dilegnkapi dengan berbagai fitur premium yang hanya dimiliki oleh laptop ASUS. Salah satu fitur premium yang hadir di VivoBook S S430 adalah NanoEdge Display. Fitur tersebut memungkinkan layar pada VivoBook S S430 tampil dengan bezel yang sangat tipis. Tidak sampai di situ, tampilan bezel yang tipis ini dihadirkan lewat tiga sisi layar, yaitu bagian atas dan samping, sehingga tampilannya terlihat lebih lega dibandingkan laptop lainnya.


Selain VivoBook S S430, ASUS juga menghadirkan VivoBook S S330 yang mengusung layar lebih kecil yaitu 13 inci, serta memiliki bodi stylish, ringkas, dan ringan sehingga cocok untuk dibawa bepergian. Teknologi NanoEdge Display yang membalut layar laptop ini memiliki bezel yang sangat tipis membuat pengalaman visual lebih nyata dan tanpa batas.


Beralih ke VivoBook Ultra, ASUS menghadirkan dua lini yaitu VivoBook Ultra A412 dan K430. VivoBook Ultra A412 merupakan ultrabook 14 inci paling colorful dan paling ringkas di dunia dengan pilihan empat warna menarik. Selain memiliki bodi yang sangat ringkas dan ringan serta dilengkapi dengan fitur premium seperti ErgoLift Design dan NanoEdge Display, VivoBook Ultra A412 juga hadir dengan performa yang powerful berkat kombinasi prosesor 8 th Gen Intel Core, GPU NVIDIA GeForce, dan M.2 NVMe PCIe SSD.


Berbeda dengan VivoBook Utra A412, VivoBook Ultra K403 merupakan ultrabook yang dirancang khusus untuk mereka yang gemar bepergian atau beraktivitas di luar. Hal tersebut dikarenakan ultrabook ini memiliki kapasitas baterai yang besar sehingga mampu bertahan hingga 24 jam. Selain itu, ultrabook ini juga sangat ringkas dan ringan serta telah mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer. 


ASUS ZenBook, Laptop Premium Paling Ringkas di Dunia 

Berbeda dengan VivoBook, seri ZenBook merupakan jajaran laptop premium dari ASUS. Laptop ini hadir dengan fitur unggulan, desain eksklusif, serta performa terbaik di kelasnya. Kali ini ASUS menghadirkan inovasi yang belum pernah dihadirkan sebelumnya, yaitu ukuran bodi lebih ringkas. Tidak tanggung-tanggung, jajaran ZenBook terbaru dinobatkan sebagai laptop terkecil di dunia dengan ukuran varian 13 inci-nya mampu tampil lebih kecil dari kertas A4.

Seri ZenBook terbaru tampil dengan teknologi NanoEdge Display sehingga bezel layarnya sangat tipis. Tidak tanggung-tanggung, layar seri ZenBook terbaru memiliki screen-to-body ratio hingga 92 persen, lebih tinggi dari laptop sekelasnya yang ada saat ini. Varian dengan layar 13 inci yaitu ZenBook UX333 merupakan laptop dengan ukuran lebih kecil dari kertas A4. Tidak heran jika seri ZenBook terbaru ini dinobatkan sebagai laptop paling kecil di dunia. 


Seri ZenBook terbaru hadir dalam tiga varian, yaitu ZenBook 13 UX333 yang mengusung layar 13 inci, ZenBook 14 UX433 yang mengusung layar 14 inci, serta ZenBook 15 UX533 yang hadir dengan layar 15 inci. Ketiganya memiliki desain dan spesifikasi yang serupa, termasuk fitur NumberPad yang mengkombinasikan touchpad dengan numpad. 


Khusus untuk para profesional kreatif ASUS menghadirkan ZenBook Pro 14 UX480, yaitu sebuah laptop ultra-ringkas yang hadir dengan fitur yang dapat menunjang kebutuhan para profesional kreatif. ZenBook Pro UX480 juga berbeda dengan laptop profesional kreatif lainnya. Di laptop ini ASUS menghadirkan sebuah fitur yang tidak ada di laptop sekelasnya, yaitu ScreenPad, sebuah layar kedua dengan fitur khusus yang juga dapat berfungsi sebagai touchpad. 


Karena dirancang untuk para profesional kreatif, ASUS ZenBook Pro UX480 merupakan salah satu varian laptop dengan spesifikasi paling powerful di keluarga ZenBook. Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-8565U (Whisky Lake) yang hadir dengan konfigurasi 4 core dan 8 thread, yang tidak hanya cocok untuk multitasking tetapi juga powerful ketika menjalankan aplikasi standar industri kreatif. Prosesor ini juga memiliki kecepatan pemrosesan hingga 4,6GHz dan ditemani oleh chip grafis kelas gaming dari NVIDIA. 

Terbaru, ASUS menghadirkan ZenBook S UX392 dan ZenBook Flip UX362. ZenBook S UX392 merupakan laptop ultra-portable atau ultrabook yang sangat ringkas, tipis, dan ringan. Meski demikian, ultrabook ini tetap hadir dengan performa tinggi bahkan ditenagai oleh prosesor 8 th Gen Intel Core i7 dan chip grafis dari NVIDIA, serta dilengkapi dengan RAM 16GB dan PCIe x4 SSD 1TB. ZenBook S UX392 juga mengusung desain premium dengan warna terbaru Utopia Blue dan bodi berbahan CNC milled aluminium yang tidak hanya kokoh, tetapi juga memiliki kesan yang sangat elegan. 


Sementara ZenBook Flip UX362 merupakan laptop convertible dengan layar yang dapat diputar hingga 360 derajat. Dilengkapi dengan sistem layar sentuh dan dukungan stylus yang telah disediakan di paket penjualannya. Ditenagai oleh prosesor 8 th Gen Intel Core, RAM hingga 16GB, dan penyimpanan PCIe x4 SSD hingga 1TB, ZenBook Flip UX362 merupakan laptop fleksibel dan powerful untuk mereka yang menginginkan perangkat multifungsi yang ringkas serta ringan. 


Bermain Game Tanpa Batas dengan ASUS ROG

Republic of Gamers (ROG) merupakan brand milik ASUS yang sudah lama dikenal sebagai “raja industri gaming” di PC. Selain merupakan brand gaming PC pertama di dunia, ROG juga berhasil menelurkan berbagai inovasi salah satunya adalah laptop gaming pertama di dunia. Kali ini ROG tidak bisa lepas dari laptop gaming dan telah memiliki berbagai varian laptop gaming dengan fitur dan performa terbaik di kelasnya. 


Salah satu inovasi terbaru ASUS ROG adalah menghadirkan laptop gaming berbasis prosesor 9 th Gen Intel Core dan GPU NVIDIA GeForce RTX pertama di Indonesia, yaitu melalui lini terbaru ROG Zephyrus S GX502, Zephyrus M GU502, dan seri ROG Strix III.


Laptop Gaming Paling Tipis, ROG Zephyrus

Jajaran laptop gaming ROG Zephyrus terbaru menghadirkan solusi untuk gamer hardcore sekaligus para profesional yang membutuhkan laptop ultra tipis dengan performa yang sangat powerful. Tidak hanya ditenagai oleh prosesor 9th Gen Intel Core, jajaran laptop gaming Zephyrus terbaru juga dibekali chip grafis NVIDIA GeForce RTX untuk performa grafis terbaik. 


Yang membuat ROG Zephyrus terbaru berbeda dengan laptop gaming lainnya adalah dukungan layar bersertifikasi Pantode Validated. Artinya, layar ROG Zephyrus terbaru mampu menghasilkan warna yang sangat akurat sehingga dapat digunakan oleh kalangan profesional. Tidak sampai di situ, layar ROG Zephyrus juga memiliki refresh rate hingga 120Hz dan response time 3ms. Semua itu dihadirkan dalam sebuah bodi dengan form-factor ultra-ringkas yang ketebalannya di bawah 20mm. 

ROG Strix, Laptop Gaming Terbaik untuk Gamer eSport

Gamer eSport memiliki kebutuhan yang berbeda dengan gamer lainnya, untuk itulah ASUS menghadirkan jajaran laptop gaming khusus untuk mereka yang gemar bermain game eSport. ROG Strix terbaru hadir dengan layar yang memiliki refresh rate hingga 240Hz dan response time hingga 3ms. Layar tersebut memungkinkan gamer eSport untuk dapat merespon setiap aksi di dalam game secara lebih cepat. 


Jajaran ROG Strix terbaru mengusung desain yang berbeda dari seri sebelumnya. Desainnya kali ini terinspirasi dari ROG Face Off, sebuah laptop konsep masa depan yang dirancang oleh tim ASUS ROG bekerjasama dengan BMW Designworks Group. Desain laptop gaming ROG Strix terbaru memiliki nuansa mobil sport dengan sistem pembuangan udara panas serta beberapa port ditempatan di bagian belakang.

Laptop gaming ROG Strix terbaru juga hadir dengan fitur unik bernama Keystone, yaitu perangkat khusus yang dapat dipasangkan ke laptop gaming ini. Keystone memiliki banyak fungsi seperti menyimpan profil dan pengaturan tampilan RGB Backlit hingga menampilkan “Shadow Drive”, yaitu sebuah drive penyimpanan tersembunyi yang hanya bisa diakses jika keystone terpasang. Ditenagai oleh prosesor Intel Core i9 9th Gen serta chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 2070, ROG Strix terbaru dipastikan dapat diandalkan untuk semua jenis game eSport dan mampu menghadirkan framerate tinggi serta stabil. 


Memperkenalkan ASUS ExpertBook, Lini Laptop Bisnis dari ASUS

Selain laptop untuk konsumen, ASUS juga memiliki lini laptop bisnis dan komersial yang berada di bawah nama ASUS ExpertBook. Berbeda dengan laptop konsumen pada umumnya, ASUS ExpertBook hadir dengan serangkaian fitur khusus untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan. Beberapa fitur tersebut di antaranya adalah sistem keamanan data yang lebih baik, durabilitas tinggi dengan sertifikasi standar militer, hingga desain yang lebih ergonomis agar pengguna tetap dapat bekerja dalam berbagai kondisi. 


Salah satu varian andalannya adalah ExpertBook B9440, yaitu laptop bisnis dengan serangkaian fitur premium, salah satunya adalah NanoEdge Display. Teknologi eksklusif tersebut memungkinkan bezel pada layar ExpertBook B9440 dapat tampil sangat tipis, yaitu hanya 5,4 milimeter. Berkat bezel yang sangat tipis tersebut, ExpertBook B9440 hadir dengan ukuran bodi yang lebih kecil dari laptop sekelasnya. Layar yang diusung oleh ExpertBook B9440 sendiri berukuran 14 inci, namun laptop ini memiliki ukuran bodi sekelas laptop 13 inci. 


ExpertBook B9440 juga merupakan laptop bisnis paling tipis di dunia dengan ketebalan bodi hanya 1,5 centimeter. Tidak hanya itu, laptop ini memiliki bobot yang sangat ringan yaitu hanya 1,05 kilogram. Dengan spesifikasi ukuran bodi, ketebalan, serta bobotnya, perjalanan bisnis Anda akan lebih nyaman dan bobot perlengkapan perjalanan secara keseluruhan akan berkurang jika menggunakan ExpertBook B9440. 


ExpertBook B9440 hadir dengan prosesor kencang Intel Core generasi ke-8. Prosesor tersebut menggunakan teknologi arsitektur terkini dengan fabrikasi 14nm. Selain kencang, prosesor Intel Core Generasi ke-8 juga memiliki konsumsi daya yang rendah dan telah dilengkapi dengan chip grafis terintegrasi yang meungkinkan pemrosesan grafis tanpa harus menggunakan chip grafis terpisah. 

Fitur premium lain yang diusung oleh ErgoLift Design yang membuat bodi laptop ini terangkat dan membentuk posisi dengan sudut 7 derajat. Posisi tersebut sangat ideal untuk mengetik sehingga penggunanya dapat bekerja dalam waktu lama tanpa merasakan pegal dan lelah pada tangannya. Ucapkan selamat tinggal pada pergelangan tangan yang sakit, tubuh dan leher yang disebabkan terlalu lama mengetik. 


Agar lebih nyaman, ExpertBook B9440 dilengkapi dengan keyboard khusus yang dapat meningkatkan pengalaman pengetikkan. Keyboard pada ExpertBook B9440 memiliki key travel sejauh 1,5 milimeter, dish key sebesar 0,15 milimeter, dan key pitch sebesar 19,05 milimeter. Terlebih lagi, keyboard pada ExpertBook B9440 juga dirancang tangguh dan tahan cipratan air, serta dilengkapi dengan LED backlit yaitu keyboard akan menyala dalam kondisi gelap. 


Selain hadir dengan desain premium yang mengutamakan kenyamanan penggunanya, ExpertBook B9440 juga memiliki bodi yang sangat tangguh. Keseluruhan bodi pada laptop ini dilapisi oleh magnesium alloy yang kokoh namun sangat ringan. Bahan tersebut merupakan rahasia di balik ketangguhan serta bobot laptop ini yang sangat ringan. 


Saking tangguhnya, ExpertBook B9440 bahkan mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer MIL-STD 810G. Untuk mendapatkan sertifikasi tersebut, ASUSPRO B9440 harus lolos dalam berbagai pengujian ekstrem, seperti uji jatuh, hingga uji tekanan dan ketahanan engsel. Ketahanan tinggi pada ExpertBook B9440 membuat pengguna tidak akan khawatir laptopnya mengalami kerusakan selama perjalanan bisnis. 


Semoga informasi ini bermanfaat ya. Salam hangat!


Wednesday, October 2, 2019

Pahami Jenis dan Manfaat Air Minum Dalam Kemasan untuk Pemenuhan Hidrasi Sehat


Ajakan untuk minum air putih minimal 8 gelas setiap hari, sudah kita dengan sejak lama. Terutama bagi kita yang sering melakukan aktifitas di luar rumah serta kegiatan yang mengeluarkan banyak keringat. Himbauan itu mulai dari orang tua, guru di sekolah maupun pakar serta ahli di bidang kesehatan tubuh. Kita pun sangat memahami betapa pentingnya air untuk kehidupan sehari-hari.


Air merupakan bagian dari zat gizi makro yang berperan penting dalam fungsi fisiologis tubuh. Kurang lebih 50-60% tubuh manusia tersusun dari air dan berbagai organ seperti ginjal, otak dan otot mengandung 70-80% air. 


Mengingat peran vital air bagi tubuh, maka hidrasi atau pemenuhan kebutuhan cairan tubuh menjadi hal penting yang harus diperhatikan sebab dapat berpengaruh terhadap kesehatan, kebugaran serta kinerja seseorang. 


Namun, masih kurangnya informasi mengenai berbagai jenis Air Minum Dalam Kemasan dan manfaatnya, memunculkan banyak kekeliruan yang berkembang di masyarakat. Air Minum Dalam Kemasan atau yang populer disingkat menjadi AMDK adalah salah satu pilihan praktis untuk memenuhi kebutuhan air minum sehari-hari teruama ketika kita berpergian. 



Pada hari Sening 30 September 2019 bertempat di hotel JW Marriot Surabaya, Blogger Surabaya mendapat kesempatan untuk menghadiri talkshow Hydration Talk dengan tema "Pahami Jenis dan Manfaat Air Minum Dalam Kemasan untuk Pemenuhan Hidrasi Sehat."

 


dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp.GK selaku Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan bahwa minum air yang cukup sangatlah penting untuk keseimbangan pengaturan proses biokimia, pengatur suhu, pelarut, pembentuk sel, pelumas sendi dan bantalan organ tubuh serta media transportasi zat energi dan sisa metabolisme. Dengan demikian, air membantu tubuh menggunakan nutrisi secara lebih efektif. 



Lebih lanjut dokter Nurul mengatakan bahwa dalam rekomendasi yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan di Tumpeng Gizi Seimbang, terlihat bahwa selain memenuhi karbohidrat, protein, lembak, vitamin dan mineral. Kita juga harus memenuhi kebutuhan air dengan rekomendasi 8 gelas sehari. Hal ini diperlukan untuk mencegah dehidrasi atau ketidakseimbangan kebutuhan cairan tubuh yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, baik itu jangka pendek seperti penurunan konsenttrasi, kelelahan dan sembelit. Maupun jangka panjang seperti gangguan ginjal (batu ginjal, penyakit ginjal kronis), infeksi saluran kemih atau resiko kegemukan. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan kebiasaan minum air untuk menjaga kecukupan hidrasi agar tubuh tetap sehat. 


Untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh, Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) menjadi salah satu pilihan masyarakat. Dengan banyaknya jenis AMDK yang dijual di pasaran saat ini, tidak banyak masyarakat yang memahami perbedaan dan manfaat pada setiap jenisnya.  



Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK mengatakan bahwa AMDK merupakan produk yang diatur secara ekstensif karena mempunyai peran yang sangat penting dalam kesehatan masyarakat. Dari berbagai jenis air minum yang dipasarkan di Indonesia, hanya 4 jenis air minum dalam kemasan yang dibahas lebih lanjut dalam acara kali ini. Yaitu air mineral, air demineral, air oksigen dan air alkali (pH tinggi). Ke 4 jenis air minum tersebut memiliki karateristik yang berbeda-beda pula. 


Jenis air minum dan karakteristiknya yang berbeda-beda (dok.pri)


Air mineral merupakan AMDK paling mudah ditemukan di pasaran. Air mineral mengandung mineral-mineral dalam jumlah tertentu tanpa menambahkan mineral, sesuai dengan yang diatur dalam SNI yang berlaku. Dalam air mineral terdapat kandungan natrium, kalsium, zinc, florida, magnesium, kalium dan silica yang dibutuhkan oleh tubuh, beberapa manfaat mineral yaitu Natrium menjaga keseimbangan cairan & elektrolit, Magnesium untuk menjaga sistem kardiovaskuler, Kalsium menjaga kesehatan tulang, Kalium untuk sistem saraf dan otot, Zinc untuk pembentukan sel dan enzim, Florida mencegah karies gigi, Silica membantu memperkokoh jaringan.


Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK juga menambahkan bahwa selain manfaat dari tercukupinya kebutuhan hidrasi. untuk jenis air demineral, air dengan pH tinggi, maupun air dengan tambahan kandungan oksigen, masih memerlukan dukungan kajian ilmiah lebih lanjut untuk mengetahui bawah jenis-jenis air tersebut dapat memberikan manfaat kesehatan lain. Saat ini belum ada bukti klinis/ilmiah atau publikasi klinis/ilmiah jenis tipe air tertentu untuk manfaat kesehatan. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), mengonsumsi air yang tidak mengandung mineral dapat meningkatkan resiko osteoporosis, hipertensi, serangan jantung dan hipotiroid. Penting diingat bahwa dalam memilih air minum untuk memenuhi hidrasi sehat, mengonsumsi air mineral biasa saja sangat bermanfaat untuk mendukung upaya menjaga kesehatan tubuh. 


Air minum kemasan yang layak dikonsumsi memiliki kemasan atau botol yang bersih, label dan tanggal kadaluwarsa yang jelas, serta kode produksi yang sama pada bagian tutup dan botolnya. 


"Setelah itu, pastikan air dalam kemasan berkualitas baik, dengan tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa sebelum diminum. Dan pastinya tidak mengandung bahan berbahaya." tambah Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK. 



Pada kesempatan yang sama, dr. Tria Rosemiarti selaku Hydration Science Director PT. Tirta Investama (Danone-AQUA) turut menjelaskan bahwa Danone-AQUA terus berkomitmen dengan berbagai pihak seperti IHWG dan Univesitas Indonesia, serta beberapa universitas lain di Indonesia untuk terus memberikan edukasi dalam membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebiasaan minum air yang sehat di Indonesia. 


"Sebagai merek kelahiran Indonesia, selama lebih dari 46 tahun. Danone-AQUA selalu berusaha memberikan kebaikan air kepada masyarakat dengan menyediakan hidrasi sehat sekaligus memelihara keberlangsungan alam. Danone-AQUA memiliki misi untuk memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang. Misi ini sejalan dengan visi Danone, "One Planet One Health". Dimana kami percaya bahwa kesehatan masyarakat ditentukan oleh gaya hidup dan lingkungan yang juga sehat." lanjut dr. Tria Rosemiarti. 


Danone-AQUA menjaga keaslian air seperti di sumbernya dengan menggunakan sistem terintegrasi yang dilakukan secara otomatis sehingga membuat produk AQUA lebih higienis dan terjada kualitasnya sesuai dengan standar keamanan pangan dan regulasi yang berlaku di Indonesia. 


"Dalam memproduksi air mineral, Danone-AQUA selalu berkomitmen untuk menjaga kemurnian produk mulai dari sumber mata air, proses produksi, hingga kontrol kualitas di pasar. Danone-AQUA juga mengajak masyarakat untuk jeli dalam memilih jenis AMDK yang sesuai dengan manfaat yang diharapkan AMDK yang berkualitas dapat menjadi pilihan untuk mendukung hidrasi sehat dan aktifitas sehari-hari." tutup dr. Tria Rosemiarti.




Friday, September 20, 2019

Chatha Ulos, Inovasi Busana Modern Dalam Balutan Tradisional

Siapa yang nggak kenal Ulos? ULOS atau sering juga disebut Kain Ulos adalah salah satu busana khas Indonesia yang berasal dari Batak Sumatra Utara. Seringnya kita mendengar bahwa Ulos adalah kain yang selalu digunakan dalam upacara-upacara adat. Tapi ternyata banyak tidak terbatas itu saja. Sejalan dengan perkembangan jaman yang semakin modern, Ulos tidak lepas memperkaya kebudayaan kita dalam hal busana di jaman kekinian. 


Ternyata jenis kain ulos ada bermacam-macam. Ada Ulos Sadum, Ulos Ragi Hotang, Ulos Ragidup, Ulos Mangiring dan masih banyak macamnya lagi. Masing-masing jenis ulos memiliki makna dan fungsi berbeda. Juga digunakan dalam momen yang berbeda-beda.



Sekarang, kain ulos banyak digunakan untuk melengkapi busana. Baik yang keseharian maupun yang resmi. Ternyata kain ulos tidak kalah dengan batik yang sudah lebih dulu banyak digunakan untuk busana maupun modifikasi yang lain. Busana ulos yang beraneka macam dapat dilihat di gerai Chatha Ulos yang baru dibuka beberapa waktu yang lalu.


Tidak hanya cocok untuk busana wanita, ulos juga nampak kelihatan indah dan elegan dalam balutan busana pria, dari yang casual sampai yang resmi. Meskipun warnanya banyak didominasi warna yang cerah dan semarak. Terutama yang desain baju wanita, tidak terbatas untuk usia muda atau matang. Aneka ulos yang sudah dimodifikasi itu tampak begitu indah dan unik. Tapi masih memancarkan khas kain tradisional Indonesia. Seperti batik yang sudah memulai, sudah saatnya ulos juga go internasional.




Dulu saya pernah diberi ulos oleh satu kenalan. Saya bahagia dan bangga sekali, ternyata itu perlambang satu pertemanan dan penghargaan. Hari ini saya kembali merasakan bangga dan salut ketika bisa mengenakan ulos yang asli dari Batak pada acara pembukaan gerai Chatha Ulos yang lokasinya di area Business Centre Apartemen Taman Melati Surabaya. 


Seputar tentang Chatha Ulos

Terinspirasi oleh sepenggal kalimat "Ijuk Pangihot Ni Hodong, Ulos Pangihot Ni Holong" yang artinya jika ijuk adalah pengikat pelepah pada batangnya, maka ulos adalah pengikat kasih sayang antar sesama. 


Martha Simanjuntak mendirikan Chatcha Ulos untuk menjadikan kain ulos sebagai hasil karya seni yang memiliki nilai estetika dan semangat modern dimana kain ulos sebagai identitas budaya Indonesia.


Adapun MISI dari Chatha Ulos ini, Martha menjelaskan untuk mengangkat budaya Indonesia melalui keunikan kain ulos yang dipadukan dengan semangat modern melalui tangan-tangan terampil pengrajin ulos yang ditenun dengan sepenuh hati dan kreatifitas tanpa batas.



Chatha Ulos membuka gerai pertamanya di kota Surabaya dengan alasan karena respon warganya cukup bagus dan pembelian yang tinggi lewat online. Tidak mengherankan. Karena sebagai kota terbesar kedua, warga Surabaya juga sangat antusias dalam hal busana tradisional. Terbukti banyaknya UKM yang mengikuti pameran dan gerai yang buka di sebagian besar mall di Surabaya. Tapi tidak menutup kemungkinan Chatha Ulos akan buka di wilayah lain di Indonesia, terutama Jakarta yang direncanakan tahun depan. 


Nah, gerai pertama di Surabaya ini diresmikan pada hari Kamis 19 September 2019 yang lalu bertepatan dengan peringatan ke 20 hari perkawinan owner Chatha Ulos yaitu bu Martha dan pak Charles. Dan nama Chatha sendiri diambil dari perpaduan kedua nama mereka yaitu Charles dan Martha. Dan gerai ini menjadi hadiah ulang tahun perkawinan dan tanda cinta Charles buat Martha.



Media sosial dari Chatcha Ulos adalah : 

Facebook : Chatha Ulos Ulos 

Instagram : @chatha_ulos 

Youtuber : Chatha Ulos 

Kontak WA : +62 888-182-4489


Friday, September 6, 2019

Keseruan Acara Danone Blogger Academy 2019 di Bali

 
Keseruan Acara Danone Blogger Academy 2019 di Bali (dok.pri)

Hari pertama : Keseruan Acara Danone Blogger Academy 2019 di Bali

Terpilih dari 600 peserta yang mendaftar acara Danone Blogger Academy 2019 rasanya tidak mungkin. Apalagi terpilih hanya 10 orang. Se-Indonesia lho! Tapi namanya rejeki memang tidak bisa dihindari. Mengingat saya sudah 2x mendaftar dan belum lolos. Rasanya tidak berlebihan kalau saya merasakan kebaikan hati Tuhan untuk memberikan kesempatan tahun ini. Dan yang lebih bikin hepi, lokasinya di Bali.


What, Bali?


Bagaimana nggak dobel hepi. Saya seumur-umur belum pernah ke Bali. Norak banget ya hehehehe? Tapi begitulah keadaannya. Dulu pernah beberapa kali saya sudah mau berangkat, tapi gagal. Mau ada tugas ke sanapun, nggak jadi juga. Udah planning jelong-jelong sama teman blogger juga tidak terkabul. Akhirnya mengubur sementara impian untuk bisa bertandang ke pulau dewata itu.

 

Peserta DBA 3 dari Surabaya dan Malang sudah standby di Juanda (dok.pri)


Yang berangkat dari Surabaya 2 orang, saya dan Syarifanie. Satu lagi mas Himam dari Malang, tapi berangkat barengan lewat bandara Juanda. Jam 7 sudah standby di bandara, langsung check in, meski pesawat baru berangkat jam 07.55 WIB. Tapi memang kami disarankan sudah standby 1.5 jam sebelumnya. Alhamdulillah tidak delay dan jadwalnya tepat. Itupun tidak sampai setengah jam kami sudah mendarat dengan mulus di bandara Ngurah Rai Denpasar Bali. Sudah ada team EO Magenta yang menjemput untuk mengantar ke hotel Best Western Kuta Beach tempat karantina Danone Blogger Academy 2019.

 

Sesampai di hotel, kami langsung di arahkan ke ruang meeting Sunrise di lantai 5. Rupanya acara sudah dimulai. Ketika kami memasuki ruang meeting, bapak Arief Mujahidin selaku Direktur Komuniasi Danone Indonesia sedang memaparkan misi visi dari perusahaan. Yaitu "Danone is a global leader with a unique health focused portfolio in food and beverages". Dengan moto : 


1. Our Vission – Danone, One Planet, One Health

2.   Our Mission – “Bringing health through food to as many people as possible”.


Bapak Arief Mujahidin selaku wakil dari Danone Indonesia menyampaikan visi misi perusahaan (dok. Danone Indonesia)
Sesi tanya jawab dengan pak Arief, Direktur Komunikasi Danone Indonesia (dok. Danone Indonesia)

Alumni DBA 1 & DBA 2

Sebelumnya kami sudah tahu kalau akan hadir pula alumni dari DBA sebelumnya. Ada sesi perkenalan alumni DBA 1 yaitu teh Ani Berta dan alumni DBA 2 yaitu mas Pringadi Surya. Kebetulan keduanya berasal dari Jakarta.

Pringadi Surya, alumni DBA 2 (dok. panitia Danone)

Nggak salah memang kalau mereka berdua di pilih untuk memberi motivasi kepada peserta DBA 3. Karena dari background sampai kemampuan dalam hal tulis menulis juga relationship, keduanya bisa diacungi jempol. Pringadi yang juga seorang PNS, ternyata sudah melahirkan beberapa buku. Sedangkan teh Ani, sudah tidak diragukan lagi kiprahnya dalam memimpin komunitas ISB. Bangga dan hepi bisa bertemua mereka berdua, terutama sebagai "adik kelas" di DBA.


Ani Berta, alumni DBA 1 (dok. panitia Danone)

Mentor Tugas Akhir 

Para peserta DBA 3 akan didampingi seorang mentor yang akan membimbing dalam menyelesaikan tugas akhir. Wajahnya tidak asing karena beliau juga mantan petinggi di Kompasiana yaitu mas Iskandar Zulkarnain atau lebih sering di panggil mas Isjet.


Mas Isjet selaku mentor yang akan membimbing peserta menyelesaikan TA (dok. Danone Indonesia)

Ada beberapa poin yang menjadi garis besar penulisan yang menjadi catatan dari mas Isjet yaitu "Cerita Tematik, Ulasan Spesifik". Dengan penjelasan sebagai berikut :


1. Kata Kunci : tentukan satu kata kunci konkret yang hendak diulas. Misalnya pengolahan sampah alternatif. Energi  dari minyak bekas menggoreng. Legenda Malin Kundang.


2.  Gali Subtema : Lis apa saja yang perlu digali dari tema tersebut. Buat mind maping , dimulai dari sub tema yang datanya sudah dimiliki.


3. Riset Data : Segera kumpulkan bahan lewat mesin pencari, riset kecil-kecilan dan referensi lainnya. Catat subtema-subtema menarik selama pencarian, lalu beri skala prioritas.


4. Tentukan sudut pandang : Setelah bahan terkumpul, mulailah menulis dengan sudut pandang yang sangat menarik.


Games supaya peserta tidak mengantuk (dok. panitia Danone)

Dan untuk membuang kejenuhan, MC yang kocak agak lembeng - Yos Aditya, mengajak peserta melakukan games-games kecil supaya nggak bosen dan ngantuk. 


Keseruan bermain games (dok. Danone Indonesia)

Selanjutnya, peserta sudah mendapat materi pembuka dari 2 pakar di bidangnya masing-masing yaitu kang Pepih Nugraha yang mantan jurnalis senior yang akan memberikan tips seputar tulis menulis. Serta Kadek Arini seorang travel blogger yang akan memberikan tips cara bermedia sosial dan posting foto di media sosial. 


Pepih Nugraha "Tell the Story with Data"


Kang Pepih Nugraha menjelaskan tentang cara menulis yang dilengkapi dengan data (dok. milik panitia Danone)


1. Suatu peristiwa atau masalah akan memiliki nilai berita (news value) jika peristiwa atau masalah itu bermakna penting bagi publik atau jika peristiwa menarik bagi khalayak.


2. Peristiwa atau masalah akan dinilai penting oleh khalayak jika di dalam baik kejadian maupun masalah itu terlibat kepentingan orang banyak.


Baca juga Teknik Menulis "Tell Story With Data" dari Kang Pepih Nugraha

 

Memaparkan satu opini (dok. milik panitia Danone)

Kadek Arini

Materi selanjutnya akan membahas tentang Photography, tepatnya adalah tips membuat konten dan posting foto di media sosial. Untuk meningkatkan traffic dan engangement.


Sesi perkenalan Kadek Arini oleh MC-Yos (dok. panitia Danone)

Kadek Arini adalah pemilik travel blog www.kadekarini.com dengan personal branding sebagai traveler wanita pemberani. Blognya selalu dikunjungi lebih dari 3000 pembaca setiap harinya. Dia juga pemilik instagram @kadekarini dengan follower lebih dari 135 ribu. Dan ternyata, perempuan asli Bali yang sekarang tinggal di Jakarta ini juga dinominasikan sebagai Top 5 Femali Travel Influencers. 



Menurut Kadek Arini, semua pasti tahu bahwa media sosial itu mempunyai pengaruh yang besar terhadap lingkungan sekitar kita. Karena itu media sosial di sebut juga mempunya 2 mata pisau, yaitu : 

1. Positif 

2. Negatif 


Tapi media sosial juga bisa kita manfaatkan dengan baik dengan cara membuat konten yang baik. Kuncinya adalah : 

1. Foto -- visual enak dilihat 

2. Caption -- informatif/entertaining Sedangkan untuk peralatan yang kita gunakan bisa dengan kamera, smartphone ataupun referensi peralatan lain yang kita punya. 


Sedangkan membuat konten untuk media sosial itu harus menarik. Bagaimana cara membuat konten yang menarik? Kuncinya adalah : 

1. Konten harus informatif. Karena konten yan informatif relative akan di share lebih banyak. 

2. Konten harus menarik dan menarik. Itu berhubungan dengan visual. 


Kadek Arini memberikan materi di kelas DBA 3 (dok. panitia)


Akhirnya, setelah hampir satu jam diberi tips cara membuat konten dan mengedit foto. Para peserta di giring ke pantai Kuta yang lokasinya tidak jauh dari hotel untuk mempraktekkan ilmu yang diberikan barusan.


Belajar memotret senja (dok.pri)

Belajar memotret pantai (dok.pri)

Coba-coba jadi model (dok. milik panitia Danone)
Memotret sampah di pantai Kuta (dok.pri)

Seluruh peserta dan tim (dok. milik panitia Danone)

Saya akan menulis pengalaman selama 4 hari bergabung menjadi peserta Danone Blogger Academy 2019 dalam beberapa artikel. Kalau pengen tahu keseruannya, ikuti terus tulisanku ya!