Thursday, March 14, 2019

Pohon Terkenal : Mengintip Kehidupan Para Taruna Taruni Akpol

Meet & Greet pemeran Pohon Terkenal di TP3 Lantai 5 Surabaya (dok.pri)

Film yang berjudul "Pohon Terkenal" ini adalah sebuah film yang bercerita tentang kehidupan calon perwira di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang. Merupakan film perdana dari Divisi Humas Polri dan Monty Tiwa dipercaya untuk menjadi sutradarnya. 


Adapun tujuan dari pembuatan film Pohon Terkenal ini adalah memperlihatkan sisi lain dari seorang calon perwira polisi. Dimana proses itu di mulai dari perekrutan sampai selama pendidikan. Tidak lupa juga menampilkan dari sisi kerasnya perjuangan para taruna taruni dalam menjalani pendidikan, terutama kedisiplinannya serta aturan yang ada di Akpol.  Namun ada juga dibumbui dengan kisah percintaan sepasang remaja yang mempermanis alur film ini.


Meet & Greet dan Pre Screening di Surabaya

Saya seneng banget bisa mendapat undangan untuk menghadiri acara Meet & Greet serta Pre Screening yang bertempat di Tunjungan Plaza 3 lantai 5 Surabaya. Terus terang penasaran juga sih, dengan kehidupan di seputar Akademi Kepolisian yang terkenal ketat dan disiplin. 


Sebenarnya saya banyak mempunyai kenalan alumni dari Akpol, yang sejauh ini seru banget ceritanya menurut mereka. Tapi kurang puas kalau tidak melihat sendiri lika liku kehidupan yang mereka jalani. Meskipun itu hanya tertuang dalam layar lebar alias tidak melihat secara langsung. Dan bener saja, filmnya cukup seru dan mengaduk-aduk perasaan. Antara sedih, tegang, hepi dan kocak yang paling mendominasi cerita. Yang jelas film ini sangat menghibur gaes.



Sinopsis Film Pohon Terkenal

Jenis Film : Drama Komedi 


Durasi : 108 menit


Negara asal : Indonesia 


Produser : Komjen. Pol. Drs. Setyo Wasito SH., Mohammad Iqbal S.IK. M. H., Fransisca Sihombing 


Sutradara : Monty Tiwa, Annisa Meutia 


Penulis Naskah : Lina Nurmalina, Annisa Meutia, Monty Tiwa 


Produksi : Mabes Polri Divisi Hubungan Masyarakat 


Pemain : Umay Shahab, Laura Theux, Raim La Ode, Cok Simbara 


Tayang : 21 Maret 2019 


Cuplikan cerita :


Bara Maulana (Umay Shahab), Ayu Sekarwati (Laura Theux) dan Johanes Solossa (Raim La Ode) adalah 3 sahabat yang menjadi siswa di Akademi Kepolisian Semarang. Dengan latar belakang keluarga yang masing-masing sangat berbeda. 


Bara anak seorang janda yang menginginkan anaknya masuk Akpol karena tidak harus membutuhkan biaya untuk kuliah. Padahal Bara tidak tertarik bahkan tidak mempunyai keinginan untuk masuk Akpol. Sampai akhirnya sang ibu jatuh sakit. Diapun berjanji untuk menuruti keinginan sang ibu masuk Akpol, kalau ibunya bisa sembuh.


Sedangkan Ayu adalah anak seorang jenderal polisi aktif, sehingga keberadaan dia di Akpol kadang diremehkan. Tapi karena dia mempunyai jiwa mandiri sejak kecil, semua tantangan bisa dilakoni Ayu. Meskipun ada satu keinginan ayahnya yang tidak bisa dipenuhi. Dan konflik itu muncul ketika dia jatuh hati pada Bara.


Bagaimana konflik selanjutnya? Karena masa depan mereka sudah bukan lagi menjadi milik mereka sendiri. Semua urusan pribadi dikesampingkan hanya untuk masa depan bangsa dan negara. Tapi bagaimana kalau muncul bibit cinta diantara mereka? Bisakah mereka menyelesaikan masalah diantara ketatnya aturan?




Secara keseluruhan film ini bagus banget. Mulai dari pemilihan pemain yang pas, akting yang natural dan apik, juga view yang keren. Cuma satu nih yang menurut saya agak kurang pas. Umay sebagai Bara terlalu GENDUT hahahaha. Saya yakin deh, di Akpol tidak ada Taruna ataupun Taruni yang gendut. Karena olah raga dan latihan fisik makanan sehari-hari, pasti badan mereka hampir semua proporsional. Tapi kekurangan itu tertutup dengan wajah ganteng dan aktingnya yang hampir sempurna.


Nah bagi anda pecinta film nasional, saksikan film Pohon Terkenal ini nanti mulai tanggal 21 Maret 2019 serentak di seluruh bioskop Indonesia. Terutama kalian yang berminat menjadi taruna-taruni Akpol, film ini bisa menjadikan motivas dan semangat untuk mengenal lebih jauh seputar dunia pendidikan di Akademi Kepolisian Semarang.




5 comments:

  1. Film yg rekomended buat yg mau masuk Akpol 💙💙

    ReplyDelete
  2. Sampe2 nontn ini hpku tak matiin biar konsen mbk haha. Apikkkk

    ReplyDelete
  3. Masih belum tayang berarti ya. Waaahhh ... sebentar lagi tanggal 21 nih.

    ReplyDelete
  4. Bisa nih di tonton di perpus sekolahku buat anak2 yg ingin melanjutkan ke kepolisian. Hehe

    ReplyDelete