Tuesday, November 27, 2018

Festival Millennial Berkarya : Saatnya Generasi Millenial Unjuk Gigi

Ratusan pengunjung yang terdiri dari mahasiswa dan komunitas anak muda memadati Wisma A. Yani Gresik pada hari Jumat 23 Nopember 2018, untuk melihat malam penghargaan yang bertajuk “Festival Millennials Berkarya” yang digelar Semen Indonesia.


Festival Millenials Berkarya adalah satu kegiatan atau gerakan yang dicetuskan oleh Semen Indonesia untuk segmen muda atau jaman sekarang di sebut generasi millenials, untuk memberikan kontribusi positif bagi lingkungan sekitarnya. Disebut gerakan, karena millenial berkarya lebih dari sekedar program atau rencana. Tapi itu juga program yang diterapkan untuk menginspirasi orang lain dan berkesinambungan.


Ajang Millennials Berkarya sudah dimulai sejak tahun 2017. Aktivitas Millennials Berkarya 2017-2018 terdiri dari kompetisi proyek infrastruktur sosial, project visit, launching basecamp Millennials Berkarya dan Festival Millennials Berkarya. Kompetisi dilakukan mulai Juli sampai Oktober dan sudah ada pemenang karya anak negeri yang membangun infrastruktur yang sifatnya sosial. 

Direktur Pemasaran dan Supply Chain Semen Indonesia, Adi Munandir, mengatakan, peningkatan antusiasme millennials ini menunjukkan bahwa millennials di Indonesia merupakan generasi potensial harapan bangsa, penuh kreasi dan dapat mengadaptasi perubahan. Ratusan ide dari para millennials itu diseleksi secara ketat sampai akhirnya tinggal 10. Kesepuluh penggagas ide terbaik itu terus mengikuti serangkaian acara kompetisi untuk menentukan dua terbaik.


Dua terbaik itu adalah, yang pertama dari Tim Mascoturism dengan karya konservasi mangrove, produksi garam prisma kekinian, dan budidaya kepiting soka di Lamongan Jawa Timur. Sedangkan yang kedua, Tim Muda Berkarya dengan karya rumah belajar untuk kaum disabilitas dan pemuda putus sekolah di Desa Jelutung, Bangka Belitung.


Pemenang pertama dan kedua tersebut berhak mendapat hadiah masing-masing Rp 75 juta untuk pengembangan proyek. Adi Munandir mengatakan, Semen Indonesia senantiasa dekat dengan masyarakat selaku pelanggan, salah satunya dengan merangkul generasi muda yang nantinya merupakan para calon pelanggan perusahaan di masa mendatang. 


Adi Munandir menjelaskan, melalui program Millennials Berkarya ini Semen Indonesia merangkul generasi muda yang memiliki semangat untuk berkontribusi terhadap lingkungan dan menjadi agen perubahan. Kompetisi ini diikuti anak muda dari berbagai latar belakang profesi, mulai dari mahasiswa, komunitas sosial, hingga profesional muda.




Acara dimulai dengan Mini Class yang terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama dibuka dengan topik Think Globally, Act Locally bersama Aini Hanifa - founder Surabaya Youth. Tak hanya itu, di sesi pertama ini juga membahas topik First World Problem from Social Media and Its Impact for Millennials yang disampaikan oleh Nuri Fauziah.


Yang paling menarik dan pastinya sudah ditunggu adalah para narasumber sekaligus bintang tamu yang hadir pada sore hari ini. Tiga orang generasi millennial yang sudah memberikan kontribusi pada bidangnya masing-masing, diharapkan bisa menceritakan pengalaman hidupnya. Yang nantinya bisa memberikan motivasi pada anak muda generasi penerus.


Pertama tampil adalah Fico Fachriza, salah satu Komika Indonesia.  Pesan yang ingin disampaikan adalah, setiap manusia pasti melakukan kesalahan. Karena itu, gunakanlah kegiatan positif sebanyak-banyaknya selagi muda, jika sudah tua susah dibimbing. 


“Siapa yang tidak pernah melakukan kesalahan, pasti semua pernah. Untuk memperbaiki diri adalah cari lingkungan yang positif seperti saya main stand-up comedy, berkaca dengan yang lain seperti Ari kriting, Ernes dan lainnya,” kata pria bertubuh subur ini.



Hal yang sama juga dilontarkan CO-Founder kitabisa.com, Vikra Ijas. Dikatakannya, berkarya yang bisa bermanfaat bagi orang banyak sangat positif untuk diri sendiri dan orang lain. Karena itu, ia membuat kitabisa.com yang menjadi wadah kemanusiaan dan kegotongroyongan. 


“Saya berpesan kepada generasi muda, gunakanlah internet dengan bijak. Kenali diri itu baik namun jangan melihat tetangga. Maksudnya, pengenalan diri seperti kemampuan apa yang kita miliki bisa disuarakan melalui sosmed atau sejenisnya. Bukan malah sibuk melihat kehidupan orang lain disosmed,” paparnya.


Sementara itu TV Host dan Youtuber yang lagi ngehits - Kevin Hendrawan, berbagi perjalanan hidupnya hingga mencapai kesuksesan seperti sekarang ini. Sebelumnya Kevin adalah pribadi yang pendiam. Tapi lama kelamaan dia berusaha bangkit memotivasi diri untuk bisa meraih kesuksesan dengan profesinya sekarang ini. 


“Untuk mencapai sesuatu memang harus step by step. Selain itu harus konsisten dengan apa yang kita lakukan. Awalnya saya membuat konten youtube pada 2006. Dulu starkel juga, tapi selanjutnya saya konsisten isi konten youtube tiap seminggu 3 kali,” ungkapnya.



Sementara itu, Silvia Nur Prasetyowati, - panitia Festival Millennial Berkarya menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah ajang sharing agar semua anak muda yang menjadi generasi milenial mendapat inspirasi. Ini merupakan tahun kedua setelah sebelumnya digelar di Jakarta. Tahun ini lebih banyak pesertanya, yaitu lebih dari 300 orang. Sedangkan tahun lalu hanya 50. Perbedaan lainnya, tahun ini skalanya lebih besar, kalau tahun lalu masih trailler. Para juara sudah terpilih, 8 dari pemenang diundang untuk awarding. 


“Tujuan kegiatan ini adalah ingin menciptakan gerakan positif agar generasi muda tetapi membuat karya yang sosial dibidang infrastruktur. Sehingga punya dampak sosial. Para juara sudah terpilih, 8 dari pemenang diundang untuk awarding,” katanya.



10 comments:

  1. Eaaaa itu knp fotonya Kevin banyak banget mbk hehehe. Btw nggak rugi aku dtg ke acara itu jg mbak.

    ReplyDelete
  2. mantul mbak, acaranya keren, pengisi acaranya juga oke, semoga sering-sering diadakan acara mantul kayak gini ya mbak

    ReplyDelete
  3. Adekkuuuu Kevin eksis banget di mariiii 😅

    ReplyDelete
  4. Mbak poto Kevin banyak amat :D keren ya acara buat anak muda kayak gini. Aku sampe kerasan sampe pusakata tampil :)

    ReplyDelete
  5. Itu yang Mascotourism kok ya aku nggak ngerti blas lho Mbak. Jadi ceritanya kapan hari kan ada lomba foto yang hadiahnya jadi volunteer ke Babel dan Lamongan. Pas aku share di fb, pada bingung aja temen-temen di Lamongan. Kami ni kudet bener, ada hal keren yang kebanyakan orang Lamongan sendiri malah nggak ngerti.

    ReplyDelete
  6. Salfok sama foto Koko Kevin yang dikolase *lol

    Pokoknya ini keren banget acaranya, moga ada rutin

    ReplyDelete
  7. Mbak ayo anak-anak muda blitz digerakkan biar bisa gabung sama Millenials Berkarya.hehe

    ReplyDelete
  8. Harus diperbanyak nih acara kayak gini ya Mbak. Biar millenials ga dianggap cuma kongkow di cafe atau gaya-gayaan ga jelas. Kayak Kevin dan Vikra yang bikin gebrakan nyata yang menginspirasi kemajuan anak muda. Punya karya dan ga malu menjadi diri sendiri kayak Fico. Aku juga mau ah niru mereka!

    ReplyDelete
  9. Acara yang luar biasa, semoga merember ke kota lainnya

    ReplyDelete