Tuesday, April 17, 2018

Rek Ayo Rek, Mlaku Mlaku Numpak Bis Suroboyo. Yang Siap Mendukung Kebutuhan Transportasi Di Surabaya

Foto dari instagram @suroboyobus

Hari ini Selasa 17 April 2018 saya bersama beberapa teman blogger mendapat kesempatan naik Bis Suroboyo ditemani beberapa instagramer, team Humas Pemkot dan wakil dari Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya. Bis dengan nama "Suroboyo Bus" ini sedang melakukan uji coba untuk memastikan kesiapan bus yang resmi beroperasi sejak bulan Maret kemarin. Yang istimewa, saat ini memang tidak dikenakan biaya alias gratis. Tapi mulai per 01 Mei 2018 nanti, kalau pengen naik bis Suroboyo cukup membayar dengan menukarkan botol plastik bekas air mineral berupa 5 botol bekas air mineral 600 ml atau 10 gelas bekas air mineral 250 ml dan atau 3 botol bekas air mineral 1,5 liter. 


Keseruan ketika mencoba bus suroboyo bersama rekan2 blogger dan instagramer (dok.pri)

Bus Surabaya tersedia 8 armada, yang jalan hanya 6 karena yang 2 untuk cadangan. Mempunya kapasitas tempat duduk total 67, dengan rincian 41 tempat duduk dan 26 berdiri. Dengan pembagian warna pink untuk perempuan posisi kursi di depan, oranye untuk manula posisi di tengah dan merah untuk pria yang posisinya di bagian belakang.  Dilengkapi dengan  handle  untuk pegangan penumpang, di dalam bus juga terdapat 9 CCTV di setiap sudut pada bagian dalam bus dan 3 kamera pada bagian luar. Dilengkapi tombol STOP di beberapa titik. Sehingga memudahkan penumpang untuk menekan ketika mau turun di lokasi halte yang diinginkan.



Dilengkapi juga dengan alat pemadan kebakaran, jaga-jaga kalau ada hal yang tidak diinginkan terutama semacam kebakaran.



Seperti praktek dari bis-bis umum yang lain, setiap penumpang yang sudah menyetorkan botol mineral sesuai dengan yang sudah ditentukan akan mendapat tiket.



Salah satu prioritas pengangkutan penumpang adalah di Terminal Joyoboyo dan sejumlah halte yang representative dengan model dari Suroboyo Bus. Biar tidak ada kendala dan berbenturan dengan angkutan lainnya akan di pilih jalur yang sesuai. 


Meski nanti beroperasi di jalur protokol, pengoperasian bis Suroboyo ini akan diperhatikan lebih lanjut dan diberlakukan aturan tertentu supaya nantinya tidak mematikan angkutan lainnya yang sudah beroperasi. Hal itu juga akan dijadikan sebagai solusi agar angkutan yang ada di Surabaya bisa digunakan secara maksimal melayani masyarakat.

 
Foto dari instagram @suroboyobus

Untuk informasi yang lebih jelas, kalian bisa follow instagram dari @suroboyobus. Karena di samping banyak informasi yang dibutuhkan, juga ada banyak kuis dan kompetisi foto serta vlog. 

12 comments:

  1. Asyik nih kapan-kapan ke sana naik bis Surabaya ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik banget mbak....hanya dg bayar bekas botol mineral, bisa keliling surabaya

      Delete
  2. jadi pengen nyoba Suroboyo Bus. bagus dan bikin hemat nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang masih di tengah kota ya zam,
      semoga nanti bisa sampai ke kampur unair

      Delete
  3. Habis naik bis ini dan pasang gambarnya di sosial media, banyak temen-temen yang iri dan tertarik buat nyobain juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisnya bagus dan bersih ya mbak
      jadi nyaman banget

      Delete
  4. busnya apik.. pengen naik ini hahah makasih infonya mba.. tak save rutenya

    sayang sidoarjo gak ada wkwkq

    ReplyDelete
    Replies
    1. bis e sik anyar gres ke....besar, bersih dan nyaman
      pak saipul suruh beli dong hihihihi

      Delete
  5. Paling suka dengan pembayarannya. Unik. Semoga bis amengurangi sampah juga :)

    ReplyDelete
  6. aku jadi pengen naik bis ini juga mbak. kok kayaknya seru ya lihat pemandangan kota surabaya dari dalam bis ini.uda lama juga gak naik bis.

    ReplyDelete
  7. Sudah nyoba sama suami seminggu yang lalu, hehe karena penasaran pas plesir ke sby. Ada bus merah dg tulisan bayar pake botol plastik kirain boongan ternyataa beneran.. ide pemkot sm dishub Surabaya boljug mbak..

    ReplyDelete
  8. Surabayaaa maakinn kecee, wajib naik ini kalau main ke surabaya :D

    ReplyDelete