Wednesday, March 28, 2018

Tenggelam Dalam Pesona Kampong Ayer yang Menakjubkan

Keinginan untuk bisa liburan ke luar negeri, apakah menjadi salah satu bucket list tahun ini? Saatnya sekarang mewujudkan impianmu dengan mengunjungi negara tetangga yang letaknya cukup dekat dengan Indonesia, salah satunya adalah Brunei Darussalam. Untuk mendatangi negara yang kaya akan minyaknya ini, manfaatkan tiket promo Royal Brunei, maskapai nasional Brunei Darussalam. Yang tidak kalah dengan negara tetangganya yaitu Malaysia. Salah satu negara ASEAN ini juga mempunyai berbagai spot wisata menarik, salah satunya adalah Kampong Ayer


Yuk kita intip pesona pemukiman unik di atas Sungai Brunei yang mempesona ini. 


Didirikan Sejak Abad ke-8

Sumber : Youtube

Didirikan sekitar abad ke-8, Kampong Ayer yang mendapatkan namanya dari ejaan kuno Melayu “Kampung Air” ini dianggap sebagai pemukiman terbesar di dunia. Bahkan perkampungan yang terletak di tepian Sungai Brunei ini mendapat julukan Venesia dari Timur oleh cendekiawan Antonio Pigafetta dari Venesia. Dari abad ke-15 hingga 17, selama periode Kesultanan Brunei, Kampong Ayer menjadi pusat perdagangan penting dan pusat administrasi. Nggak heran jika kini pemukiman ini dijadikan warisan nasional dan terus dilestarikan. 


Perahu Motor Jadi Satu-satunya Alat Transportasi

Sumber : Wikimedia Commons

Untuk menuju ke Kampong Ayer, wisatawan menyeberang dari waterfront di dekat kawasan perbelanjaan Yayasan. Satu-satunya alat transportasi yang menghubungkan daratan Bandar Seri Begawan dengan pemukiman di atas sungai ini adalah perahu motor. Cukup mengeluarkan 0,5 dollar Brunei atau sekitar Rp 4 ribuan. Kamu juga bisa membayar 10 dollar Brunei jika ingin mengelilingi Kampong Ayer dalam waktu 30 menit dengan taksi air. 


Cultural & Tourism Gallery

Sumber : www.mlc.gov.tw

Jangan lewatkan kunjungan ke Cultural & Tourism Gallery, yang berada tepat di seberang Sungai Kianggeh. Dibuka pada tahun 2009, kompleks tepi sungai ini menyimpan berbagai bukti sejarah, gaya hidup, dan kerajinan masyarakat Kampong Ayer. Kamu juga bisa memandang panorama perkampungan dari ketinggian lewat menara pengamat yang tertutup oleh kaca. 


Ada Berbagai Obyek Wisata di Sekitarnya

Sumber : sumber: arrakeen.ch

Selain dapat mengelilingi Kampong Ayer dengan taksi air atau berjalan di atas jembatan kayunya, pengunjung juga bisa merasakan kehidupan sehari-hari warga setempat. Cukup dengan tinggal di rumah penduduk yang dipilih pemerintah sebagai tempat menginap. Nah, selain itu, kamu juga bisa mengunjungi beberapa obyek wisata lainnya yang ada di sekitar Kampong Ayer. Mulai dari Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien yang megah, Royal Regalian Museum, hingga Bubongan Dua Belas yaitu bangunan bergaya Eropa yang dulunya ditempati warga asal Inggris. 


Pemandangan Alam yang Mempesona

Sumber: bruneidesi.com

Selain melihat simbol-simbol Kesultanan Brunei yang megah, kamu juga bakal disuguhi pemandangan alam yang asri. Semakin jauh menyusuri sungai akan terlihat hutan bakau yang asri dan menjadi tempat tinggal burung dan buaya yang terkadang terlihat menyembul dari sungai. Di tengah perkampungan juga akan terlihat batuan besar menyerupai kapal karam dengan legenda anak durhaka yang dikenal dengan nama Jong Batu. 


Yuk, alami sendiri keseruannya saat mengunjungi Kampong Ayer, spot wisata andalan Brunei Darussalam. Biar liburan berjalan lancar, rencanakan sejak dini, salah satunya dengan memesan tiket maskapai Royal Brunei untuk mendapatkan penawaran terbaik.


4 comments:

  1. Keindahan dan kemakmuran Brunei sudah lama menggoda untuk dijamah, tapi kayaknya harus lebih niat nabungnya biar kesampaian ke sana. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satu destinasi liburan saya juga nih :)

      Delete
  2. Wahh Brunei, salah satu destinasi liburan yang pengen didatengin bareng mama nih....makasih udah berbagi ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mbak....brunei juga kayak indonesia...panoramanya indah banget

      Delete