Sunday, March 11, 2018

Semangat AHY Diharapkan Pacu Generasi Muda Tidak Alergi Politik, Untuk Indonesia Lebih Baik

(Foto diambil dari instagram @agusyudhoyono)


Pemuda menjadi bagian penting dalam sebuah bangsa. Karena keberadaan pemuda menjadi modal yang besar bagi pembangunan dan kemajuan bangsa. Oleh karena itu, sebuah bangsa yang besar sesungguhnya tidak hanya diukur dari  kekayaan sumber daya alamnya saja. Namun juga diukur dari ketersedian sumber daya manusia yang produktif dalam memberikan kontribusi positif kepada negara. Disitulah peran para pemuda untuk mengisi dan menjadi bagian dari besarnya sumber daya manusia yang dimiliki Indonesia.


Pemimpin muda yang bisa membawa masa depan Indonesia menjadi lebih maju merupakan harapan mayoritas dari masyarakat kita. Tidak hanya memberikan banyak hal positif, tapi juga ide untuk kemajuan diri dan bangsa ini. Pentingnya generasi muda terlibat dalam menentukan kebijakan di negeri ini baik melalui jalur politik maupun jalur lainnya. Juga kepemimpinan muda yang mewakili kepentingan generasi muda. 


Persepsi keliru tentang politik


Banyak yang bilang bahwa politik itu kotor, jahat dan lebih banyak buruknya. Tidak akan ada yang menjamin, siapapun yang masuk ke dunia politik bisa mengubah dunia politik menjadi bersih atau seperti yang kita inginkan. Mungkin pendapat kalianpun demikian. 

Tapi, semua hal tidak akan berubah apabila tidak ada yg berani memulai dan mencoba. People talks about how wrong is politics, but no one wants a dirty hand. 


Foto dari instagram @agusyudhoyono

Ada anak muda yang rela meninggalkan kariernya yang bagus di TNI. Bahkan panglima TNI, Jenderal Gatot waktu itu mengungkapkan bahwa anak ini yang akan jadi pemimpin TNI masa depan. Anak muda ini tidak silau dengan hal tersebut, karena ada visi besar yang bergemuruh di dalam dadanya untuk menghadirkan politik yang keren. Meski dia sadar bahwa saat ini politik dipersepsikan sebagai sesuatu yang kotor, jahat dan sebagainya. Dia meninggalkan kemapanan dan kenyamannya untuk sebuah visi besar bagi bangsa ini.

Dia ingin membuat warna baru di politik dan memulai perubahan ini. Dia ingin politik itu keren di mata siapapun. Dan dia sadar tidak bisa melakukan ini sendiri. Perlu semangat-semangat muda, dengan warna baru yang lain yang bisa ikut mencoba mengubah apa yang kita persepsikan selama ini mengenai politik. Totalitasnya ia wujudkan dengan masuk partai politik dan menjadi komandan perubahan di sana. 

Kenapa partai politik? Karena sistem di Indonesia itu dibangun oleh partai politik. Orang-orang partai politik yang membuat UU serta menyetujui anggaran di DPR. Kalau orang-orang partai politik itu baik dan berkualitas, dia bisa bikin UU yang bagus dan tentu saja program yang bagus untuk kita terutama untuk rakyat. Jika mereka busuk, maka anda akan kena busuknya juga oleh kebijakan-kebijakan mereka melalui UU d& anggaran pemerintah yang mereka setujui. 

Kembali ke anak muda tadi, dia mempunyai prinsip lebih baik menyalakaan lilin daripada mengutuk kegelapan. Better to start than never. Dia ingin anak muda seperti kalian mau belajar politik karena politik itu penting bagi masa depan Anda dan negara ini. 


Selalu menularkan semangat pada generasi muda (foto dari instagram @AgusYudhoyono)

Dia akan menghadirkan cara berpolitik yang lebih baik di negeri ini, Maka dia memutuskan untuk terjun langsung bisa memberikan perubahan positif yang bisa berdampak langsung bagi masyarakat. Memang riset itu penting untuk satu hal, tapi riset akan sia-sia tanpa eksekusi. Dengan berpolitik, dia bisa berjuang langsung membawa aspirasi masyarakat dan mengeksekusinya.

Siapakah anak muda itu?


Pasti kalian sudah bisa menebak. Karena untuk saat ini, seorang anak muda yang begitu menonjol dengan tampilannya yang santun dan smart adalah AHY atau Agus Harimurti Yudoyono. Putra pertama dari mantan presiden Republik Indonesia yang ke 6 yaitu Susilo Bambang Yudoyono.


Dia sudah menyiapkan dirinya untuk mengabdi buat bangsa dan menjadi pemimpin jauh-jauh hari, bahkan sejak remaja. Saat remaja lain sibuk bermain atau pacaran, dia selalu mempersiapkan dirinya untuk menjadi yang terbaik. Terbukti dia selalu mendapatkan prestasi terbaik di sekolah, baik ketika di Akmil maupun di luar negeri. 

Kalau ada yang mengajukan pertanyaan, maukah Anda  dipimpin seorang yang cerdas dan berdedikasi seperti dia?


Foto dari instagram @agusyudhoyono

Ada juga yang mengajukan pertanyaan, kenapa baru sekarang dia masuk ke dunia politik?  Jawabannya, justru sekarang adalah saat yang tepat. Setelah selesai Pilkada DKI, AHY berkeliling Indonesia. Dari Aceh sampe Papua, Kalimantan, Nusa Tenggara, Maluku dan Sulawesi. Semua pulau besar sudah dilewati. Bertemu banyak orang, lintas golongan, tua muda dan menyerap aspirasi mereka sambil berdiskusi. What’s going on in this country? What should we do for the future? 

Dalam perjalanannya AHY menemukan keyakinannya piece by piece. Because believing is indeed a process. Ya, harus sedikit demi sedikit karena semua membutuhkan proses. Keyakinan adalah akan total di dunia politik. Di garis terdepan untuk memperjuangkan ide serta gagasan yang selama ini muncul ketika melakuka dialog langsung dengan masyarakat. Dengan tujuan, selanjutnya akan dieksekusi.

AHY melihat bahwa harapan akan Indonesia yg lebih baik, lebih adil, lebih sejahtera, lebih demokratis itu benar adanya. Dan sudah menjadi kewajiban generasi muda seperti dia adalah memperjuangkannya. AHY mendapatkan energi dan semangat yang luar biasa dari setiap orang yang ditemuinya. Bahkan lintas profesi. Selanjutnya dia ingin mengajak semua masyarakat, termasuk kita untuk bersama-sama membuat politik kita menjadi politik yang baik. Yang nantinya juga mengajak anak muda untuk tidak anti politik, tapi justru berpolitik dengan mengatasnamakan cinta bangsa Indonesia.

Seperti kata John F Kennedy :  “ask not what your country can do for you -- ask what you can do for your country.”


Mewujudkan Indonesia Emas 2045


Baru sekitar 1,5 tahun AHY masuk jalur politik. Langkahnya sudah diperhitungkan di tingkat nasional, bahkan menjadi perhatian beberapa negara sahabat. AHY dipercaya partai Demokrat untuk menjadi “Panglima Perang”, dengan pimpin Kopagasma. Karena PD punya harapan besar pada AHY untuk menaikkan elektabilitas, juga melihat AHY sbg sosok yg punya visi yg serupa & bisa meneruskan kepemimpinan nasional. 

(Foto diambil dari instagram @agusyudhoyono)

Beberapa duta besar negara sahabat datang menyambangi AHY, tentunya bukan untuk main mobile legends bareng. Mereka melihat AHY bakal jadi pemimpin bangsa ini suatu saat. Mereka ingin tahu lebih jauh dan bagaimana bisa bersinergi dengan AHY sebagai pemimpin mendatang. 

Banyak yang mencibir, katanya AHY belum matang dan belum siap untuk terjun ke dunia politik. Mereka mungkin kurang belajar sejarah. Sebastian Kurz juga awalnya dicibir ketika usia 24 tahun jadi menteri termuda di Austria. Muhammad Al Fatih beberapa abad lalu taklukan Bizantium di usia 21 tahun. Mereka semua mampu merubah jalan sejarah dunia. 

Berkaca dari sejarah pula, ketika bapak Soeharto lebih dari 30 tahun menjadi presiden. Pada tahun 1997-1998 ekonomi kita sedang ambruk, bahkan beliau harus turun dari kursi kepresidenan.  Hal sama terjadi di Zimbabwe. Mugabe puluhan tahun jadi presiden, kemudian ekonominya ambruk. Partai Demokrat berpengalaman 10 tahun di pemerintahan, tidak dipungkiri banyak sekali pencapaian yang sudah diraih untuk kemajuan bangsa ini. Ini menjadi modal penting bagi AHY untuk memimpin bangsa ke depan.

Ketika lebih dari 7 dasawarsa yang lalu, para pejuang kemerdeka­an Indonesia mengorbankan jiwa dan raganya untuk melawan dan mengusir penjajah dari bumi pertiwi. Walaupun dengan kekuatan persenja­taan yang sangat tidak berimbang, tak sedikitpun mereka merasa takut dan gentar menghadapi militer asing. Ha­nya satu tujuan mereka: hidup atau mati, Indonesia harus merdeka. Hanya satu impian mereka yaitu anak-cucu bisa hi­dup damai dan sejahtera di negerinya sendiri.




3 comments:

  1. Sebelum terjun ke dunia politik, saya sudah ngefans banget sama tokoh ini. I

    ReplyDelete
  2. Ulasan yang menarik tentang AHY, semoga semangat kebaikannya menjadi inspirasi Pemuda Indonesia

    ReplyDelete