Wednesday, December 20, 2017

Kreasi Abon Daging Sapi makin Gurih dan Lezat memakai Sasa Santan Kelapa


Ngomongin tentang "abon", pasti kita sudah membayangkan daging suwir kering yang gurih dan nikmat. Biasanya disajikan sebagai menu penambah selera dan pelengkap pada bubur ayam, nasi goreng, nasi kuning, nasi uduk dan makanan apapun yang kita sukai. Abon juga merupakan salah satu makanan yang banyak digemari terutama ibu-ibu rumah tangga yang menyukai makanan praktis, enak namun bergizi. Salah satu jenis abon yang banyak peminatnya adalah jenis abon daging sapi. 


Abon daging sangat kaya akan kandungan gizinya. Salah satu cara menjadikan daging sapi sebagai abon itu juga merupakan salah satu cara tepat untuk mengawetkan daging sapi lho. Dengan cara penyimpanan yang benar maka abon daging sapi ini dapat bertahan lama. Ternyata pembuatannya juga sangat mudah lho gaes. Mau tahu nggak? Intip bagaimana cara pembuatannya ya!


Bahan dan Cara Membuat Daging Abon Sapi


Pertama, kita siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu ya. Antara lain :

 10 kg daging sapi 

 1 kg bawang merah (750 gram di jadikan bawang goreng ya) 

 750 gram gula pasir 

 400 gram bawang putih 

 50 gram ketumbar bubuk 

 15 lembar daun salam 

 7 potong serai 

 1 bungkus Sasa Santan Kelapa 


Oh ya mom.... kali ini lebih spesial, karena kita akan menggunakan Sasa Santan Kelapa sebagai andalan dalam membuat kuah. Pasalnya santan instan ini punya kualitas yang sama dengan santan yang langsung diperas. Ia memiliki aroma dan rasa sesegar kelapa yang langsung diperas. 



Nah setelah semua bahan selesai disiapkan, sekarang tiba waktunya kita membuat abon daging sapi bergizi. Simak baik-baik ya!


1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah potong daging sapi kemudian rebus selama 1 jam. Dengan catatan setiap 1 kg daging sapi di rebus dengan ½ liter air ya. 

2. Kemudian, daging yang telah matang di suwir-suwir dan ditumbuk dengan pelan-pelan sampai menjadi serat-serat halus 

3. Ambil lengkuas dan serai kemudian memarkan. 

4. Setelah itu tumis bawang merah, bawang putih dan ketumbar. Tunggu hingga mengeluarkan aroma harum kemudian tambahkan Sasa Santan Kelapa, lengkuas, asam jawa, gula, daun salam dan serai. 

5. Selanjutnya panaskan hingga mendidih dan volume santan tinggal setengah. 

6. Masukkan suiran daging sapi tadi sedikit demi sedikit ke dalam santan yang sedang mendidih. Jangan lupa kecilkan api untuk menjaga keseimbangan santan ya. 

7. Aduk-aduk hingga bahan menjadi setengah kering, kemudian angkat. 

8. Goreng abon tadi kedalam minyak panas dengan suhu 1700c sampai kering. Tiriskan dan abon siap di sajikan. 


Untuk membuat abon agar tetap awet dan tahan lama, tiriskan abon dengan mengunakan alat peniris sentrifugal, alat pres ulir ataupun alat press hidrolik. Kemudian simpan ke dalam kantok plastic yang rapat serta kedap udara. 


Sasa Santan Kelapa dikemas dalam keadaan sudah matang dan siap pakai tanpa pengawet sama sekali. Dan cocok untuk segala jenis masakan, makanan dan minuman. Sayapun selalu menggunakan Sasa Santan Kelapa kalau memasak dengan menggunakan bahan santan seperti kolak pisang. Di samping praktis, Sasa Santan Kelapa ini rasanya benar-benar seperti santan kelapa asli. Tidak ribet bin rempong, apalagi kalau harus masak dengan buru-buru. 


Nah, itulah resep abon sapi bergizi yang bisa saya sharing kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Kalau bunda mau masak berkuah kelapa, jangan lupa ya Sasa Santan, Aslinya Santan



17 comments:

  1. Enak ya mbak pake santan model gini, praktis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sejak punya rumah sendiri tahun 1999 udah make santan instan seperti ini mbak.... krn praktis dan gak rempong, apalagi punya anak kecil waktu itu

      kalau ibu atau mertua kita memang masih telaten marut kelapa hehehe

      Delete
  2. Wah sama mbaaak.. aku juga pake santan sasa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. praktis, simpel dan rasanya persis santan segar ya mbak

      Delete
  3. Mbak.. saya jadi kangen masakan ibu.. Btw saya belum pernah bikin abon, kalo serundeng pernah.. hehe.. beda jauh ya..

    Abon itu bisa awet di kulkas berapa hari, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda neng... kalo serundeng bahannya dari parutan kelapa
      kalo abon kan daging
      tapi bumbunya hampir sama

      Delete
  4. Ooo gtu caranya bikin abon hehe. Selama ini gak tau caranya. Gak bikin produksi massal trus dijual mbak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha...enggak mbak
      sementara dinikmati sendiri dulu

      Delete
  5. wow, abon dagingnya begitu menggugah selera,pakai santan sasa praktis banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku lebih suka pake santan kemasan mbak
      praktis dan rasanya sama lo

      Delete
  6. Waah bikin abon. Aku suka makan pake abon jaman kecil �� enak juga digadoin mba. Jadi mauuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. di gado atau di makan pake apa aja enak lo
      sama ketan, bubur, buat lauk

      Delete
  7. duh enak banget makan abon sapi sama bubur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini...sama koh
      kalo makan bubur ayam pasti tak tambahi abon

      Delete
  8. Sasa santan ini memang seperti santan habis diperas langsung. Kualitasnya terjaga karena kemasannya juga terstandar. Gk terlalu encer juga deh kayaknya. Mantap dan gurih kalau santannya Sasa...

    ReplyDelete
  9. Pasti dengan santen sasa ini lebih nikmat lagi rasa abonnya ya mbak avy. Saya kalau masak abon biasanya saya pakai bekal untuk mendaki gunung.

    Salam kenal

    ReplyDelete