Thursday, November 9, 2017

WAGE : Mengenang Pencipta Lagu Kebangsaan Lewat Film


Siapa yang tidak tahu WR Soepratman? Semua masyarakat Indonesia pasti tahu kalau dia adalah pencipta lagu kebangsaan dan kebanggaan kita "Indonesia Raya". Nama besarnya juga cukup terkenal di seantero bumi, karena lagu ciptaannya tersebut mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia. 


Tapi, ternyata tidak semua orang tahu pasti sejarah kehidupan beliau. Sempat menjadi perdebatan yang menyebutkan kalau WR Soepratman lahir di Meester Cornelis Jatinegara Jakarta. Namun setelah melalui beberapa penelitian yang panjang dan detail, tentunya melibatkan para ahli. Terkuak bahwa ternyata sang komponis itu lahir di Dusun Trembelang, Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. 


Sebagai sosok yang penting, latar belakang kehidupannya memang patut dijadikan sejarah. Namun keterbatasan referensi dan dokumen sejarah tentangnya membuat kisah hidup dan perjuangan sang pahlawan nasional itu masih gelap. Jujuuurrr....saya baru tahu kalau sang maestro itu belum sempat menikah sampai ajal menjemputnya. Tahunya juga ketika mendapat kesempatan nobar dan berdialog dengan sutradaranya. 


"Film ini sebagai noir kebangsaan tentang sosok kehidupan nyata namun tidak pernah terlihat jelas bagaimana hidupnya, tentang sejarah gelap bangsa Indonesia yang tidak terbuka dengan baik," ujar John. 


Sutradara John de Rantau dan rumah produksi Opshid Media UIR menuangkan riwayat WR Supratman yang juga berprofesi sebagai wartawan dan penulis itu ke layar lebar. Film berjudul Wage tersebut tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai 9 November 2017. Dia mendekonstruksi kisah Wage melalui riset panjang selama tujuh tahun. Membaca sumber tertulis yang mengulas sejarah hidup Wage, memburu karya-karya karangannya hingga mewawancarai ahli waris almarhum.


SOSIALISASI INDONESIA RAYA 3 STANZAH KE SMA 2 SURABAYA

Sejumlah artis pemain film Wage juga melakukan sosialisasi lagu kebangsaan Indonesia Raya versi 3 stanzah kepada para pelajar di Surabaya. Pada hari Kamis tanggal 9 Nopember lalu, mereka melakukan kunjungan di SMA Negri 2 Surabaya. 

Sosialisasi tersebut dilakukan dengan mengajak para pelajar untuk menyanyikan lagu karya ciptaan Wage Rudolf (WR) Supratman yang makamnya terletak di daerah Kenjeran Surabaya itu.


Pemeran film Wage ketika mengunjungi SMA 2 Surabaya (dok. Arul Munchsen)

Momennya memang pas, ketika kita baru saja memperingati hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2017 dan hari Pahlawan 10 Nopember. Antusias dari para pelajar yang sering di sebut juga dengan "kids zaman now" itu, cukup membanggakan. Karena ternyata mereka sudah hapal lagu Indonesia Raya 3 stanzah.




NOBAR

Selanjutnya pada sore hari diadakan nobar di bioskop XXI Delta Plaza Surabaya. Yang melibatkan murid-murid sekolah, guru sejarah, pemain film Wage dan tak ketinggalana adalah blogger Kopiers Surabaya yang turut menyemarakkan tayangan perdana film ini.


Dokumen pribadi

SINOPSIS

Sesuai dengan judulnya, film Wage ini akan menceritakan kisah kehidupan pahlawan nasional Wage Rudolf Supratman yang merupakan pencipta lagu Indonesia Raya. Dalam film ini akan diceritakan bagaimana Wage Supratman muda meninggalkan semua kemewahannya di Makassar untuk ikut berjuang melawan penjajah di Jawa melalui lagu dan biolanya. Sosok W.R. Supratman dalam film ini diperankan oleh aktor pendatang baru Rendra Bagus Pamungkas. 


Film ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat Indonesia serta tanah air Indonesia. Selain sebagai film kebangsaan yang mempelopori bangkitnya rasa cinta tanah air di hati bangsanya, juga sebagai pelurus suatu peristiwa sejarah yang banyak melenceng. 

Karena lahirnya lagu Indonesia Raya menimbulkan ketakutan besar pada kaum penjajah. Kami juga berharap lahirnya film WAGE ini dapat menjadi pemicu semangat cinta tanah air dan kiat untuk menghapuskan penjajahan dimanapun dalam bentuk apapun. Tonton film WAGE, mari kembali ke jati diri bangsa untuk Indonesia Raya.


Detail :

- Sutradari : John De Rantau, Azwan Azuzan

- Produser : M. Subchi Azal Tsani, Ivan Nugroho, Andy Shafik, John De Rantau

- Penulis naskah : Fredy Aryanto, Gunawan BS  

Genre : Drama, Biografi

- Tanggal Rilis Perdana : 09 November 2017 

- Studio : Opshid Media Untuk Indonesia Raya 


Pemain film Wage :

Rendra Bagus Pamungkas 

- Teuku Rifnu Wikana 

- Putri Ayudya 

- Prisia Nasution 

- Bram Makahekum 

- Oim Ibrahim 

- Ferry Sofyan 

- Khoirul Ilyas 

- Windarti

- Wouter Frezzer 

- Pandoyo 

- Kedung Darma 

- Ricky Malau 

- Gati Andoko


Kak Al, Rendra "Wage" dan Kopiers Surabaya

No comments:

Post a Comment