Friday, November 10, 2017

BarBek, Menjual Produk Kreatifitas dari Barang Daur Ulang dan Memberdayakan UKM

Semakin hari kecanggihan tekhnologi sepertinya tidak bisa di bendung lagi. Bak jamur yang muncul di kala hujan, model starup itu kini semakin disukai. Karena hampir semua ide yang berbasis aplikasi, mendapat sambutan yang sangat positif di tengah masyarakat. Karena memang memudahkan serta memberikan solusi dari segala macam permasalahan. 


Ketika ada kesempatan untuk ikut kompetisi IWIC ini, saya mencoba mencarikan ide yang lain dari pada yang lain. Dengan mengambil tema yang sangat sederhana, tapi sepertinya juga menjadi problem yang tidak pernah ada jalan keluarganya. Mudah-mudahan aplikasi yang saya ajukan ini bisa menjadi solusi dan jalan keluar yang menguntungkan dan membahagiakan semua pihak.


NAMA APLIKASI : BarBek

Kepanjangan dari Barang Bekas. Terdengar unik dan simpel. Tapi mengandung arti yang cukup luas. Orang akan bisa berimajinasi bahwa ini berhubungan dengan segala macam barang bekas.


LATAR BELAKANG :


Beberapa tahun saya berkecimpung mengelola Bank Sampah, sudah banyak menerima ide dan kreatifitas para ibu rumah tangga yang memanfaatkan barang bekas menjadi produk yang bisa di jual. Contohnya seperti plastik bekas mie instant dijadikan tas atau tempat tissue. Atau bekas kaleng minuman menjadi hiasan dinding. Sedangkan untuk menyalurkan barang-barang tersebut hanya melalui pameran, workshop atau menunggu pesanan saja.


Makin banyak orang kreatif yang peduli untuk memanfaatkan barang bekas menjadi kerajinan tangan yang bisa di jual. Tapi kadang tidak tahu cara dan prosedur dalam memasarkannya. 


Sebelum menggunakan aplikasi, harus mendaftarkan diri sebagai anggota. Caranya dengan klik PROFIL, mengisi data yang nanti approvalnya bisa di kirim lewat email masing-masing. Setelah ada konfirmasi, baru bisa menggunakan aplikasi atau masuk ke dalam aplikasi tersebut.




FITUR : 

- Tempat tissue

- Tas

- Asbak 

- Tempat lipstick

- Hiasan Dinding 


CARA PESAN : 


- Misalkan kita mau pesan tempat tissue, maka klik kotak yang bertuliskan Tempat Tissue. Nanti akan ada beberapa pilihan pengrajin yang memproduksi aneka ragam tempat tissue dari bahan dan modelnya. 


- Misalkan memilih Toko A, pada halaman selanjutnya akan muncul Toko A dengan alamat lengkap serta nomor telpon. Anda bisa membeli dengan harga satuan atau harga retail, tinggal mengisi di sampingnya. Kemudian memilih paket yang diinginkan. Ada beberapa pilihan, contohnya cuman 2 yaitu JNE atau Kantor Pos. Setelah di klik salah satunya akan muncul ongkos kirm. Selanjutnya di kolom TOTAL bawah sendiri akan tertulis nominal harga yang harus dibayarkan. Meliputi barang yang di jual di tambah ongkos kirim. Kalau memang sudah cocok, tinggal klik OKE.


SASARAN : 

1. Ibu rumah tangga yang kreatif dan membutuhkan tambahan pemasukan 

2. Memberdayakan Karang Taruna atau para pengangguran yang belum mendapat pekerjaan 

3. Hasil karya dari anak-anak sekolah 

4. Siapapun bisa menjual hasil karyanya atau mendaftarkan lewat aplikasi ini, asalkan memenuhi syarat dan sesuai ketentuan (misal harga terjangkau dan barang dipastikan tidak mengecewakan)


STRATEGI MENCARI VENDOR : 

1. Ajak ibu-ibu yang kreatif di lingkungan terdekat

2.  Sosialisasi ke kampung-kampung dan presentasi tentang manfaat bergabung di aplikasi Barbek

3. Share di media sosial 


STRATEGI MENCARI CUSTOMER :  

1. Sosialisasi ke instansi pemerintah

2. Ikut pameran


PEMASUKAN :

Aplikasi ini akan mendapat penghasilan dari sponsor yang memasang logo atau tagline di aplikasi serta kerjasama event yang akan di buat rutin tahunan.

HARAPAN :

1. Bisa mengurangi pengangguran

2. Membangkitkan potensi UKM di daerah

3. Menambah pemasukan dan memperbaiki ekonom dari para pengrajin


Mudah-mudahan aplikasi ini bisa terealisasi dan dikembangkan lewat ajang IWIC ini. Sehingga para UKM yang selama ini hanya menunggu momen-momen tertentu untuk dapat menjual produknya, bisa setiap saat mendapat peluang berpromosi. 








No comments:

Post a Comment