Wednesday, September 13, 2017

Pengalaman saya menggunakan aplikasi Tuupai untuk jasa membersihkan AC dan isi freon

Aplikasi Tuupai yang baru 2 bulan diluncurkan (dok.pri)


Sudah dari beberapa bulan yang lalu saya mempunyai rencana untuk bersihin AC kamar. Tahu sendiri kan, cuaca Surabaya makin ekstrim dan sadis banget panasnya. Jadi membuat kerja AC makin berat, sehingga ngambek nggak mau dingin karena capek hehehe. Padahal AC punya saya baru berumur 9 bulan. 


Eh tapi, rencana tinggal rencana dan selalu tertunda terus. Salah satu penyebabnya adalah belum menemukan tukang yang tepat. Beberapa tukang yang menjadi langganan saya biasanya, hampir semuanya lagi full job. Akhirnya saya harus mencari informasi kesana kemari, siapa tahu ada info tukang yang lagi nganggur. Tapi hasilnya kurang memuaskan. Tahu  nggak kenapa? Tetap saja berkaitan dengan rasa nyaman dan kepercayaan. Karena memang saya sering sendirian di rumah. Anak-anak sekolah dan suami ke kantor. Sedangkan pengerjaan biasanya di jam-jam kerja. Akhirnya tertunda lagi deh :( 


Setelah itu..... Saya sudah melupakan urusan mencari tukang bersih AC itu, karena capek cari info kesana kemarin. Sampai akhirnya, kemudian saya menemukan aplikasi online yang melayani segala macam jasa untuk "home service". Wah pucuk di cinta ulam tiba. Bak mendapat durian runtuh yang matang dan enak....huahahahaha kok jadi ngelantur. Akhirnya saya pun langsung mengunduh aplikasi Tuupai lewat smartphone melalui playstore.




Baca juga tulisan saya Tuupai Menyediakan Segala Macam Kebutuhan Hanya Dengan Satu Klik


Seperti aturan jasa aplikasi online umumnya, selanjutnya saya mendaftar sebagai member atau calon customer melalui email dan nomor telpon. Cukup mudah dan cepat. Nggak sampai 10 menit, saya sudah mendapat jawaban email konfirmasi. Setelah resmi tercatat sebagai member dan mendapat nomor ID pelanggan, kita sudah menjadi customer. Otomatis bisa mengakses semua jasa layanan yang ada dalam aplikasi tersebut. 


Untuk melakukan transaksi, ada beberapa step yang harus kita lakukan seperti berikut ini : 


1. Setelah membuka aplikasi Tuupai, silahkan memilih jasa yang akan anda gunakan. Karena saya membutuhkan jasa bersih ac dan isi freon, saya pilih gambar AC.



2. Selanjutnya anda bisa memilih tekhnisi atau vendor yang datanya ada di aplikasi. Lengkap dengan nama, keahlian dan review yang sudah diberikan pelanggan. Pelanggan tersebut memberikan review secara detail dan memberi tanda bintang sebagai ukuran kepuasan dari hasil kerja tekhnisi tersebut.


Dalam halaman tersebut ada beberapa nama vendor. Kita bisa memilih nama yang bintangnya sudah banyak. Itu berarti dia sudah pernah menangani pekerjaan dan hasilnya memuaskan. Atau lewat diskusi juga bisa kita baca, komunikasi antara vendor dan customer. 


Saya menjatuhkan pilihan kepada pak Agus Pujianto. Waktu itu dia belum ada bintang sama sekali. Sepertinya juga belum pernah  menerima job. Adapun alasan saya memilih pak Agus Pujianto karena pengen kasih job juga memberi kesempatan kepada beliau untuk mendapat poin dari Tuupai. Sayapun tidak akan ragu meski belum mendapat bintang. Karena proses seleksi di manajemen Tuupai sangat selektif dan melalui beberapa screening. Jadi tidak usah ragu. Kalaupun nanti ada komplen, bisa disampaikan ke manajemen. Mereka yang akan membantunya menyelesaikan masalahnya. 


Setelah mengajukan nama yang kita pilih, harus menunggu beberapa saat sampai vendor tersebut menyetujui permintaan kita untuk menggunakan jasa dia. Inipun waktunya sangat fleksibel. Kadang vendor yang kita pilih dalam posisi sibuk atau belum menerima pesan kita. Bisa responnya cepat, bisa juga agak lambat. Jadi sabar saja ya!




3. Setelah permintaan kita disetujui, dari pihak vendor biasanya langsung merespon dengan pertanyaan. Sayapun chatting dengan pak Agus lewat kolom diskusi. Dan menyampaikan jasa yang ingin saya minta yaitu membersihkan AC. Setelah ada kesepakatan jadwal, lalu tekan ORDER NOW. 



4. Di halaman selanjutnya ini pembicaraan lebih privat. Yaitu kita bisa menyampaikan alamat rumah, daftar harga atau nomor telpon yang bisa untuk kontak-kontakan. Datanya tinggal di isi dalam kolom yang sudah disediakan. Jangan lupa, kalau ada kode promo bisa langsung di masukkan ke kolom "Kode Voucher" supaya selanjutnya bisa di proses. Jangan lupa tekan CHECK, untuk memastikan bahwa kode promo benar-benar sudah masuk ke sistem.



Respon vendor/tekhnisi sebenarnya cukup cepat. Ketika sudah disepakati waktunya, saat itupun vendor bisa langsung mengerjakan. Pak Agus Pujianto pun datang tepat waktu seperti yang sudah kami sepakati. Ternyata mengenakan kaos Tuupai yang juga menjadi identitas perusahaan, menambah keyakinan bahwa kedua belah pihak bekerja secara professional. Apalagi, pengerjaannyapun termasuk cepat. Tidak sampai satu jam, semua sudah kelar.  Membersihkan AC, mengisi freon, bahkan sampai meminta bantuan untuk memasang stop kontak AC yang baru. Ketika mau pulang, pak Agus banyak memberi masukan soal perawatan AC. Katanya, sebaiknya membesihkan AC itu 3 bulan sekali, supaya awet dan tidak cepat rusak. Karena barang elektronik itu bebannya tinggi. Semakin lama dia semakin berkurang dayanya. Jadi harus di rawat sebaik-baiknya. Wah, saya sangat berterima kasih sekali dengan masukan tersebut. 



Setelah pengerjaan selesai, kembali ke aplikasi Tuupai. Saya memasukkan jumlah ongkos yang sudah disepakati. Yaitu pengerjaan membersihkan AC 50 ribu, isi freon 150 dan jasa tekhnisi 50 ribu. Jadi total 250 dikurangi voucher promo sebesar 100 ribu. Dengan 150 ribu saja, AC saya jadi bersih dan kembali dingin. Ketika belum dibersihkan, untuk mendapatkan hawa dingin harus menekan angka sampai 17 derajat celcius. Tapi setelah dibersihkan, angka 26 pun masih terasa dingin banget. 


Karena hasil kerjaannya yang sangat memuaskan, tidak segan-segan saya memberi bintang 5 di akun pak Agus Pujianto. Tidak itu saja. Saya langsung order lagi untuk perbaikan 2 buah televisi saya.


Dari hasil kerjanya yang memuaskan, saya kasih bintang ke pak Agus (dok.pri)


Aplikasi TUUPAI ini betul-betul saya rekomendasikan untuk meringankan masalah kerusakan atau perbaikan apapun yang tidak bisa kita atasi. Tidak hanya untuk rumah tangga saja. Menerima juga panggilan untuk perusahaan, kantoran bahkan kos-kosan. Biasanya anak kost banyak juga mengalami problem dari peralatan di kamarnya sampai laptop ataupun hape. Tunggu apalagi? Jadikan Tuupai sahabat keluarga kita, mengatasi semua masalah tanpa banyak masalah. Eh kok kayak jargon pegadaian hehehehe.


Buruan download dan gunakan jasanya. Karena akan banyak promo dari Tuupai yang memanjakan pelanggan. Selamat mencoba!

10 comments:

  1. Aku udah ada wacana utk coba Tuupai.
    Tapi blum bulan ini kayaknya
    masih rempoooongggg
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh mbak.... banyak kebutuhan kita yg bisa diatasi oleh aplikasi itu
      pokoknya jadi hepi deh emak2 milenial hehehe

      Delete
  2. Wah keren banget ada layanan begini. Ntar coba ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak farida.... pekerjaan jadi ringan banget nih

      Delete
  3. Wah keren ini aplikasinya
    Pastinya membantu sekali buat menangani urusan elektronik dirumah kita ya
    Dan yang pasti, teknisinya terdata dengan baik jadi bisa dipercaya ketika masuk rumah kita. Karena faktor keamanan itu penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak cuman elektronik aja mbak
      segala macam jasa.... ngilangin kecoa, tikus jg bisa

      Delete
  4. Aplikasinya sangat membantu. Lebih mudah dan efisien. Apalagi dapat diskon ya mbak. Jadi ingat AC di runah belum diservice lagi 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiap bulan promonya beda2 mbak
      kadang bersihin ac 1 yg satu gratis gitu
      untuk daerah lain segera menyusul

      Delete
  5. Wah asik banget ini applikasinya. Helpful banget. Tapi kayaknya di Batam belum ada deh. Sek tak coba intip dulu. Makasih infonya, mbak Avy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk daerah lain segera menyusul mbak
      karena pemrakarsanya dari surabaya, jadi mmg baru di surabaya dan sekitarnya
      nanti aku usulin deh...

      Delete