Saturday, September 30, 2017

Orang Tua Harus Cukup Edukasi untuk Persiapan si Kecil menjadi Anak Generasi Maju


Orang Tua Harus Cukup Edukasi untuk Persiapan si Kecil menjadi Anak Generasi Maju 


Semua orang tua di dunia ini pasti menginginkan anaknya memiliki masa depan yang baik. Oleh sebab itu, orang tua memiliki peranan penting dalam mendukung pertumbuhan dan memberikan bimbingan bagi perkembangan si Kecil. Sehingga sedari dini, orang tua harus memiliki pengetahuan yang tepat mengenai penerapan pola asuh serta pemenuhan nutrisi yang tepat. 


Memahami perjuangan para orang tua Indonesia untuk memberikan yang terbaik demi masa depan si Kecil lebih cerah, SGM Eksplor berkomitmen memberikan dukungannya lewat Seminar Parenting yang bertajuk "Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kemampuan si Kecil Menjadi Anak Generasi Maju". Bertempat di hotel Fairfiled Surabaya pada hari Sabtu 30 September 2017, seminar tersebut menghadirkan Psikolog Anak dan Keluarga yaitu Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi. serta Astrid Prasetyo Marketing Manager SGM Eksplor dan acara dipandu oleh artis ibu kota Cici Panda. 


MomBlogger yang hadir pada seminar parenting SGM Eksplor (dok.SGM)

Setelah acara seminar selesai, pada pukul 13.00 WIB diadakan press conference yang dihadiri beberapa wartawan dan bunda blogger. Mumpung bertemu dengan pakarnya....saya mencoba sedikit curcol. Tepatnya mengajukan pertanyaan, karena momennya begitu pas dengan pengalaman yang pernah saya alami ketika masih menjadi orang tua baru dengan anak satu usia 2 tahun. Karena belum mempunyai rumah sendiri, saya masih numpang rumah mertua selama satu tahun. Inilah yang menimbulkan beberapa masalah antara pola pengasuhan yang diterapkan mertua dan yang ingin saya ajarkan pada anak semata wayang. Mencoba mengulik dari kacamata seorang psikolog apa dampak dan pengaruh pada tumbuh kembang anak nantinya. 



"Ketika anak pertama saya masih kecil, saya masih tinggal serumah dengan mertua. Karena saya bekerja, jadi semua pola asuh anak saya di bawah pantauan dan bimbingan mertua. Sebenarnya dilema. Di satu sisi saya ingin mengambil pembantu atau babysitter, tapi mertua tidak mengijinkan. Karena ingin cucunya di bawah asuhan dia. Tentunya ada hal positif dan negatif yang saya terima, akibat dari kondisi ini. Salah satunya, perkembangan anak menjadi labil. Bagaimanapun juga pola asuh yang diterapkan mertua pasti sangat berbeda dengan saya harapkan sebagai orang tua. Meskipun tujuannya sama yaitu yang terbaik untuk anak atau cucu. Bagaimana sudut pandang psikolog, supaya kelak jika saya menjadi mertua juga tidak salah langkah, apalagi sampai menimbulkan konflik."



Menurut mbak Nina panggilan akrab dari Ana Surti Ariani, coba diberlakukan pembagian waktu dimana anak juga diajari untuk bisa fleksibel. Apabila dia sedang bersama nenek (mertua) maka harus nurut dan mengikuti aturan yang berlaku. Tapi ketika bersama mama papa, maka harus mengikuti aturan yang dibuat orang tua. Tentunya tetap didampingi dan diarahkan, yang disesuaikan dengan usia si kecil. Dengan demikian, anak juga bisa belajar mandiri. 


Tapi mbak Nina juga berpesan, orang tua  harus banyak membekali diri dengan menambah pengetahuan misalkan mengikuti acara Workshop dan Parenting Seminar. Atau mengakses informasi digital seperti video parenting tips, karena sekarang sangat mudah mencari informasi lewat internet. Melalui website atau laman facebook yang terpercaya, orang tua bisa mengedukasi diri untuk dapat mendampingi si kecil tumbuh kembang menjadi generasi yang maju, mandiri dan kreatif.



Baca juga artikel saya Jangan Paksa Anak Menjadi Dewasa Sebelum Waktunya


Sedangkan Astrid sebagai wakil dari SGM Eksplor menyampaikan bahwa dukungan SGM Eksplor bagi orang tua Indonesia dilakukan melalui berbagai jenis kegiatan. Salah satunya melalui acara Parenting Seminar ini. Yang sudah dilaksanakan di sejumlah kota besar di Indonesia seperti Padang, Bandung, Jakarta dan kali ini hadir di Surabaya. Dalam kegiatan parenting seminar ini, orang tua bisa mendapatkan informasi terkait pola asuh yang sesuai dengan tahapan usia anak sehingga si Kecil tumbuh menjadi Anak Generasi Maju, yang supel (mampu bersosialisasi dengan baik), kreatif dan mandiri.


Nara sumber dan host acara (dok.pri)

Sebelum menutup acara sesi tanya jawab, mbak Nina berpesan kepada seluruh orang tua. Baik yang sudah menjadi orang tua maupun yang masih calon ibu dan bapak. Sangat penting bagi orang tua untuk terus menambah pengetahuan terkait dengan nutrisi dan pola asuh yang tepat bagi si Kecil. Agar memahami bagaimana cara mendidik si Kecil menjadi Anak Generasi Maju yang supel, kreatif dan mandiri. Hal ini perlu untuk diperhatikan karena setiap orang tua harus membangun dan mengembangkan keterampilan sosial si Kecil sejak dini. 


Catet yaaaaaaa! Buat orang tua jaman now :) 


Baca juga artikel tentang event keren SGM lainnya di Festival Ngidam, Cara SGM Memahami Kebutuhan Bunda Hamil 


Ada banyak materi dan video parenting yang secara berkala di bagikan melalui akun facebook Aku Anak SGM. Bunda dan ayahanda bisa chatting atau bersosialisasi lewat dunia maya dengan para ahlinya. Jadi orang tua juga harus bijak ketika bermain media sosial. Banyak informasi yang bermanfaat bisa didapat dari internet yang sudah menjadi gaya hidup sehari-hari.


Antusias dan kehebohan bunda blogger bersama nara sumber (dok.pri)


24 comments:

  1. Ketularan semangat dan energi positif dari mba Nina plus cici panda yak.thanks much SGM 😊😊😊

    ReplyDelete
  2. Seruuu... Acaranya. SGM memang wow

    ReplyDelete
    Replies
    1. diskusinya enak ya mbak
      nara sumbernya jg baik bgt...melayani blogger sampe gak pulang2 hehehe

      Delete
  3. bagus banget sgm mengemas acaranya :D sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo mbak... untuk nambah ilmu dan pengalaman
      biar kita jg melek informasi ttg parenting

      Delete
  4. Sepertinya sudah menjadi jamannya, anak dititipkan ke mertua. Ibu atau orang tuanya sibuk demi memenuhi kebutuhan hidup yang semakin tinggi. Ya,,ya delema juga.
    Sebagai orang tua, memang menginginkan masa depan anaknya cerah. Tidak hanya masa depan, kebutuhan kesehariannya juga terjamin dan tercukupi.
    Ah tidak berani mencatat..malu :D

    ReplyDelete
  5. Apalagi gak ada sekolah formal untuk menjadi orang tua ya, Mbak. Harus sering update ilmu di acara seperti ini untuk mendapatkan ilmu tentang parenting :)

    ReplyDelete
  6. Jadi orangtua harus teruus belajar ya mbak. Upgrade ilmu dari mana saja. Sayang banget gak bisa gabung di acara keren kayak gitu

    ReplyDelete
  7. Aku sudah follow Fanpage FB Aku Anak SGM dan SGM BUnda :) Banyak ilmu bermanfaat dari ahlinya nih. Aku waktu hamil dan menyusui juga mengonsumsi SGM ini. Alhamdulillaah bermanfaat dan cocok. Acaranya bagus banget, mbak Avy. Ulasan mbak juga keren!

    ReplyDelete
  8. Emang kudu strong buat mendidik anak di zaman now agar mereka bisa maju, supel, dan mandiri.

    ReplyDelete
  9. Emang kudu strong buat mendidik anak di zaman now agar mereka bisa maju, supel, dan mandiri.

    ReplyDelete
  10. Acaranya keren ya mbak.. Dapat banyak ilmu pula 😍

    ReplyDelete
  11. Parenting sharing workshop kayak gini nih penting banget buat orang tua. Supaya tetap sesuai track dalam mengasuh anak ya, mbak.

    ReplyDelete
  12. masalahku juga nih masih tinggal sm ortu sekarang. ada pola asuh yg cocok ada yg kurang cocok

    ReplyDelete
  13. waaa..ini ada grand parenting juga ini jadi ingat waktu kecil refa...susah banget mau bawa dia ke surabaya...tapi begitulah..si nenek pengen yg terbaik juga buat cucunya...:)

    ReplyDelete
  14. Seru acaranya dan banyak ilmunya ya di setiap event SGM. Memang sih, ibu-ibu seperti kita butuh asupan pengetahuan yang banyak mengenai tumbuh kembang anak ya, mbak, demi masa depan anak juga. Ngomong2 masalah anak yang diasuh kakek dan nenek, anak saya juga :( Malah mulai kecil lho, dan pas mau diambil agak susah karena anak dan nenek sama-sama udah terlanjur deket gitu.

    ReplyDelete
  15. Seru yah mba kalau ada acara yang bisa mengedukasi buk ibuk gini, Ilmu penting banget nih untuk para nwe-mom :D

    ReplyDelete
  16. Ikut seminar parenting memang selalu nambah wawasan ilmu pengasuhan ya mba. Aku selalu suka ikut acara2 begini

    ReplyDelete
  17. Para mam blogger emang keren ya. Aktif ikut banyak kegiatan tanpa melupakan si kecil

    ReplyDelete
  18. Memang ada baiknya diberi pengaturan jam untuk orangtua dan jam untuk kakek nenek supaya anak ga bingung ya

    ReplyDelete
  19. Jadi orang tua harus terus belajar yaa? gak ada kata berhenti.

    ReplyDelete
  20. Bener mba avy, aku aja masih sama mama tinggal nya ngurus baby ku ya begitu beda generasi sih ya.. Tapi untung nya aku sambil kasih tau mama ku begini begini karena ada sebab akibat gitu dijelasin sambil terus belajar juga hehehe *kayak yang udah punya anak banyak aja*

    ReplyDelete
  21. Semangaat, orang tua jaman now memang kudu belajar terus, nggak boleh lelah, hehhe. Ntar kalah sama kid jaman now laah

    ReplyDelete