Meditasi : Cara Jitu untuk Melawan Depresi

Hindari menyediri ketika merasa depresi (dok.pri)

Pagi ini aku menyelesaikan pekerjaan rumah dengan sedikit terburu-buru. Jam 8 mau ada tamu yang berkunjung – Nana, dulu sahabat waktu jaman kuliah. Kemarin lewat telpon dia cerita kalau sudah satu bulan ini sering di landa stress. Banyak persoalan yang datang bersamaan. Dari masalah dengan suami, sekolah anaknya, teman kantor, atasan sampai dengan masalah pribadinya sendiri. Saya yang mendengarnya saja hampir ikutan stress. Dia takut kalau permasalahan ini semakin berat akan membuat dia depresi, tapi malu kalau  harus konsultasi ke psikiater. 


Akhirnya saya sarankan untuk ketemuan saja, karena curhat akan lebih enak kalau bertemu langsung daripada lewat telpon. Meskipun sekarang gampang banget ya beli Pulsa Murah. Awalnya Nana ngajak ketemuan di mall yang deket rumah. Tapi saya paksa dia untuk datang ke rumah saja. Karena saya sudah punya rencana. Solusi membantu Nana tidak dengan nasehat atau mendengarkan dia menjabarkan ceritanya, tapi sesuatu tindakan yang saya yakin akan bisa sedikit membantu mengurangi stress yang dia rasakan sekarang. 


Ketika Nana nelpon memberitahu kalau sudah agak deket rumah, saya pesan supaya dia mampir ke warung ujung jalan dekat pintu masuk perumahan buat beli ketan bubuk. Yaaaaa...makanan ndeso berupa ketan putih ditambahi parutan kelapa dan serbuk bubuk kedelai dengan rasa yang manis, adalah jajan pasar kesukaan kami berdua sejak jaman jadi anak kos. Bahkan sampai sekarang. 


Sebenarnya depresi itu suatu masalah yang hampir semua orang mengalaminya. Tapi kadang kita tidak menyadari betul, apa yang di maksud apa itu depresi? Pusing, uring-uringan, bete, ngambek.....hampir sebagian besar mendefinisikan karena sedang depresi. Padahal belum tentu. Terus, apa sih depresi itu?


Ngobrol dan sharing dengan sahabat juga bisa mengurangi depresi (dok.pri)

DEPRESI adalah gangguan mental umum yang ditandai dengan kesedihan, kehilangan minat atau kesenangan, perasaan bersalah, kesulitan berkonsentrasi, tidur terganggu, nafsu makan berubah dan energi rendah. Masalah ini dapat menjadi kronis atau berulang dan menyebabkan gangguan besar dalam kemampuan seseorang untuk menjalankan tanggung jawab sehari-hari. Pada kasus yang parah, depresi dapat menyebabkan bunuh diri. 


DEPRESI MAYOR ditandai dengan kombinasi gejala yang mengganggu kemampuan untuk bekerja, belajar, tidur, makan, dan menikmati kegiatan menyenangkan. Jenis kurang parah dari depresi, distimia (atau gangguan distimik), melibatkan gejala kronis yang tidak serius. Banyak orang dengan distimia juga mengalami episode depresi mayor pada suatu saat dalam kehidupan mereka. Tipe lain dari depresi adalah gangguan bipolar (manik depresif). 


MEDITASI menurut saya adalah satu kegiatan semacam relaksasi yang bertujuan untuk melepaskan pikiran dari semua hal yang membebani, mencemaskan, menakutkan bahkan mengkhawatirkan yang sedang terjadi dalam hidup kita sehari-hari. Dan selanjutnya bisa menerima, menyikapi, menentukan tindakan atau mencari penyelesaian masalah dengan bisa berpikir secara tenang dan positif. 


Kira-kira setahun yang lalu, saya tidak sengaja bertemu teman seorang presenter di satu televisi lokal Jawa Timur. Dia adalah host dari satu program kesehatan alternatif di beberapa televisi di Surabaya. Ternyata dia sekarang mendalami dunia kesehatan khusus kebatinan yaitu MEDITASI. Dari perbincangan tersebut, dia memberikan sedikit tips sederhana dalam melakukan meditasi yang bisa di lakukan di rumah setiap saat. Saya sering mempraktekkannya secara rutin. Waktunya adalah sepertiga malam ketika saya selesai sholat tahajud atau pagi hari ketika suasana rumah sudah sepi dan tenang. 


*** 


Sebelum memulai meditasi, saya membuat teh hangat untuk dinikmati bersama  ketan bubuk yang tadi di bawa Nana. Tentu saja sambil ngobrol diselingi canda ketika kami menyinggung cerita nostalgia masa lalu. Sesekali Nana menyinggung masalah yang sebelumnya sudah pernah dia ceritakan lewat telpon, tapi saya menjelaskan tentang maksud dia saya ajak ke rumah. Semua ini juga termasuk awal proses meditasi, dimana saya menciptakan suasana yang menyenangkan untuk Nana. Dari menikmat secangkir teh hangat dan ketan bubuk kesukaan kami, diteruskan cerita-cerita yang lebih banyak membangkitkan kegembiraan sehingga memberi energi positif yang mempengaruhi suasana hatinya. 


Setelah acara minum teh dan makan ketan bubuk selesai, saya menyuruh Nana untuk mengganti bajunya dengan baju yang sudah saya sediakan. Atasan yang santai lengan pendek, batik bali yang lembut dan ringan warna krem lembut, bisa membuat suasana hati juga terasa fresh. Demikian juga saya. 


Selanjutnya saya memutar lagu instrumentalia romantis dari gesekan saxophone Kenny G. Kontras dengan suasana rumahku yang tenang dan adem. Kebetulan Kenny G adalah salah satu musisi favourite saya dan Nana sejak dulu. 


Berikut adalah tahapan-tahapan ketika kami mulai melakukan meditasi : 


1. Mengambil posisi duduk bersila di lantai di atas karpet kecil (bisa juga bantal kecil atau handuk, yang penting nyaman), badan tanpa menyandar, telapak tangan di atas lutut, bahu tegak dan mata terpejam. 


2. Posisi rileks. Melemaskan setiap otot pada tubuh, sedikit demi sedikit dari ujung kaki sampai kepala. 


3. Hembuskan napas secara perlahan, seolah melepaskan satu ganjalan di hati sedikit demi sedikit. Sambil telinga menikmati alunan musik yang lembut, sehingga terasa mengalir hawa sejuk ke seluruh tubuh.


4. Sedang pikiran fokus pada kepasrahan dan keikhlasan serta yakin bahwa tangan Tuhan pasti akan selalu membantu mencarikan jalan yang terbaik atas semua permasalahan yang kita hadapi. 


Kegiatan lain yang bisa meredakan pikiran dan mengurangi stress adalah piknik. Karena sekarang piknik bisa menjadi satu kebutuhan penting. Banyak juga tempat wisata yang cukup murah meriah, tidak terkecuali di Jakarta. Tempat yang masih digemari dan paling keren dengan wahana yang bejibun adalah Dufan (Dunia Fantasi). Kalian juga bisa dengan mudah  mendapatkan tiketnya hanya dengan klik disini Beli Tiket Dufan Online.


Meditasi bisa bisa di mana saja, asal nyaman (dok.pri)

Hampir satu jam kami melakukan  meditasi. Bahkan Nana sampai tertidur dalam posisi duduk. Tapi wajahnya sudah cukup cerah dibandingkan ketika dia baru datang tadi. Setelah santai sebentar sambil melihat televisi, sebelum pulang Nana saya suruh mandi supaya tambah fresh. Dia mengaku sudah lebih tenang dan sedikit enteng pikirannya. Dan berjanji akan rutin melakukan meditasi supaya bisa sedikit membantu meringankan beban masalah dan mengontrol emosinya. 


Depresi bukan penyakit, hanya efek dari satu kondisi yang mempengaruhi kejiwaan dan emosi. Obatnya adalah dari diri sendiri. Dengan rutin meditasi, bisa sedikit meringankan dan membantu untuk melawan depresi yang melanda tersebut. 


Semoga bermanfaat...



12 comments

  1. Iyo mbaaa SETUJU sama isi artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk kapan hang out lagi ke royal
      itu juga obat mengurangi depresi lo hehehe

      Delete
  2. Baru lihat tempatnya aja kayaknya udah bikin rileks. Apalagi trus meditasi ya, Mbak. Tambah rileks deh kayaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dimanapun tempatnya yang penting kita nyaman mbak keke :)

      Delete
  3. Saya belum pernah berhasil meditasi beneran, hehehe ... sepertinya butuh pas benar-benar sendiri saat melakukannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak damar,
      kalau saya biasanya habis tahajud atau pagi setelah anak2 sekolah...kan sepi tuh :)

      Delete
  4. Mbak, kalau makannya tambah banyak karena stress berkepanjangan, bisa ya?

    Kalau meditasi belum kuat sampai 1 jam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bunda saladin... menurut saya, meditasi itu tdk ada hubungannya dg bagaimana mengurangi makan
      memang ada beberapa orang yg kalau stres itu justru makannya lebih banyak
      kalau meditasi itu lebih ke arah ketenangan batin dan mengontrol emosi
      durasinya jg sesuai kemampuan dan selera kita... ada yg bisa lama tapi ada yg cukup setengah jam sdh puas
      kalau saya, waktu meditasi itu seperti me time.... kita bisa begitu relaks mengistirahakan pikiran sambil mendengarkan lagu2 lembut yang membawa ketenangan....

      Delete
  5. wah jadi penasaran pingin nyobain meditasi juga. beneran ngaruh y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg penting fokus dan relaks mbak dian
      paling tidak agak tenang pikiran

      Delete
  6. Wah ide bagus nih mbak, kalo lagi stres bisa nyoba meditasi nih.. ^^

    ReplyDelete

Inspiravy
Theme by MOSHICOO