Sunday, September 24, 2017

Inovasi Pertamina dari fasilitas SPBU Pasti Prima hingga E-money


Gelaran GIIAS Surabaya Auto Show 2017 kembali mampir di kota Surabaya. Di mulai dari tanggal 20-24 September 2017 tetap mengambil tempat di Convex Grand City Mall seperti tahun lalu. Ajang tahunan ini merupakan sebuah pameran otomotif terbesar di Indonesia tidak hanya memamerkan kendaraan-kendaraan produk terbaru dan tercanggih.  Tapi juga ajang memanjakan para pengunjung yang hobi banget dengan otomotif.


Pertamina yang merupakan satu-satunya perusahaan BUMN tetap berpartisipasi sebagai partner utama di GIIAS Surabaya Auto Show 2017 ini. Sedangkan pameran ini merupakan pameran lanjutan dari rangkaian perhelatan bisnis otomotif yang sebelumnya dilaksanakan di Jakarta pada 10-20 Agustus 2017 baru lalu.


Bertepatan di hari kedua GIIAS Surabaya 2017, Pertamina menggelar Talkshow yang diselenggarakan pada hari Kamis (21/9/2017).  Sejumlah pengunjung GIIAS Surabaya antusias mengikuti talkshow yang menghadirkan Drestanto Nandi Wardhana sebagai Sr. Sales Executive Retail II dan Arief Wahyu Perdana sebagai Sales Executive Retail III. Acara yang dimulai sekitar pukul 14.30 WIB di booth Pertamina ini menerangkan seputar pelayanan SPBU dan inovasi terbarunya. 


Baca juga Pertamina Memaksimalkan Layanan Dengan SPBU Pasti Prima



Saat ini, Pertamina juga menjawab tantangan dan kebutuhan konsumen yang semakin meningkat dan menginginkan fasilitas yang lebih lengkap. Yaitu dengan Pasti Prima, merupakan jawaban guna memberikan solusi yang tepat untuk kebutuhan Konsumen yang semakin meningkat tersebut. Semua SPBU yang sudah masuk kriteria Pasti Prima, akan terdapat tanda logo cukup jelas seperti gambar di bawah ini.



"SPBU Pertamina ada Pasti Pas dan Pasti Prima. Yang Pasti Prima itu mempunyai layanan lain untuk non fuel. Dan tandanya akan terlihat dari logo yang terpasang dan sangat terlihat meski dari jarak jauh." terang Drestanto.  


Adapun yang membedakan antara Pasti Pas dan Pasti Prima adalah Pasti Prima menawarkan fasilitas yang lengkap berupa 5 elemen yaitu : 


1. Integrated Energy Offerings atau ketersediaan energi yang terintegrasi seperti BBM, Elpiji atau Pelumas. 


2. Non Fuel Retail yaitu fasilitas yang nyaman dan lengkap, seperti :

- Minimarket

- Resto atau cafe

- ATM (anjungan tunai mandiri)

- Layanan lain seperti pompa nitrogen, ganti oli dan sebagainya

- Dilengkapi juga dengan toilet dan mushola yang nyaman.


3. Better customer service yaitu berupa :

-sikap yang bersahabat 

- karyawan yang cekatan 

- servis yang cepat


4. Digital Engagement adalah aplikasi yang bisa di unduh di smartphone yang berisikan fasilitas atau berbagai informasi. Yang akan menjadi teman setia dalam berkendara.


5. Ensuring customer loyalty adalah card khusus yang bekerja sama dengan Pertamina untuk memudahkan transaksi non tunai. Untuk pemegang kartu kredit Bank Mandiri, Pertamina sering mengadakan promo. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Bahkan pada hari minggu ada penawaran khusus. 

Dengan fasilitas yang makin lengkap itu, tak heran jika sekarang banyak customer yang lebih berminat menggunakan pelayanan SPBU Pasti Prima. Karena bisa berfungsi tidak hanya untuk membeli bahan bakar, tapi kadang beralih menjadi rest area. Terutama SPBU yang lokasinya di sepanjang jalan arah ke luar kota.


Respon pengunjung yang hadir pada sore itu juga cukup baik menyambut rencana Pertamina tersebut. Dalam sesi tanya jawab, beberapa menanyakan lebih lanjut mengenai penggunaan kartu e-money ke depannya. Juga tentang kelegalan Pertamini yang sudah mulai menjamur di sejumlah daerah di Jawa Timur.  


Selama pameran, di booth Pertamina pengunjung di beri penawaran untuk ikut permainan simulator challenge. Dimana pengunjung akan diminta beradu keandalannya mengemudi dengan alat simulator tersebut.


Simulator Challenge yg bisa di coba pengunjung booth Pertamina (dok.pri)

Kompetisi Simulator Challenge ini akan dilombakan di hari terakhir pameran. Untuk peserta yang memiliki waktu tercepat akan memenangkan hadiah utama yaitu uang tunai senilai Rp 1 juta. Sedangkan untuk mengikuti kompetisi ini, peserta cukup melakukan berfoto di booth Pertamina GIIAS Surabaya. Kemudian mengunggah ke media sosial instagram dengan hastag yang ditentukan kemudian mencetak di mesin yang disediakan dalam booth. 


Narsis itu hukumnya wajib, apalagi bersama nara sumber yg kece (dok.pri)


Semoga Pertamina makin jaya dan bisa mengakomodasi kebutuhan seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Karena semua fasilitas tersebut di atas tidak hanya untuk warga kelas menengah ke atas, tapi juga kalangan bawah. 

20 comments:

  1. Kalau ketemu spbu pasti prima in enak ya, lengkap semua. Cuma belum semua spbu seperti ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena tidak semua SPBU punya pertamina, ada yg punya swasta atau perorangan
      nah yg punya pertamina ini akan ada tandanya....pasti kelihatan walau dari jarak jauh
      ada logo jempol dengan tulisan pasti prima
      dan fasilitasnya bisa dipastikan lengkap banget

      Delete
  2. Inovasi Pertamina bener-bener memudahkan konsumen setianya yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betoooollll.... memanjakan kita tepatnya hehehe

      Delete
  3. Jadi tahu ada pasti pas dan pasti prima. Makasih sharingnya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg jelas fasilitasnya mmg beda manda

      makasih kembali :)

      Delete
  4. aku seneng kalo pas istirahat trus nemu spbu pasti prima...rasanya capek hilang...apalagi kalo toiletnya buersihhhh...seperti daerah grati, pasuruan sana...kamar mandinya buersihhh..kayak di hotel..buanyak lagi .jadi gak bakal antriii

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah...sekarang ini spbu menjadi salah satu tempat yg sgt penting bagi yg lagi keluar kota
      apalagi banyak jg yg jualan pentol bakso saus kacang...sampe diapalin tuh spbu nya hihihihi

      Delete
  5. kompetisi simulator chalange nya menarik ya mbak. pertamina sekarang banyak gebrakan=)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg gak bisa nyetir jadi pengen nyoba juga mbak dian hehehe

      Delete
  6. Pertamina mantab jayaaaaa!
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaya selalu di darat, laut dan udara hahahaha

      Delete
  7. Ternyata swalayan.. Toilet.. Itu standar dr pertamina untuk meningkatkan mutu ya? Wah baru tahu lho. Kirain inisiatif pengelolanya aja. Bahkan ada yg lengkap dan sy suka mampir

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak.... manajemen pertamina sangat memahami kebutuhan masyarakat
      apalagi spbu lokasinya kan banyak jalur untuk luar kota

      Delete
  8. Pertamina terus berinovasi, ya.. saya juga suka kalo pas istirahat dalam perjalanan trus ketemu SPBU Pertamina yang lengkap fasilitasnya. Istirahatnya jadi nyaman dan tenang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg jelas anak2 juga seneng mbak
      banyak yg jualan pentol hahahaha

      Delete
  9. Jadi logo itu tu kyk tanda bahwa SPBU itu udah tersertifikasi kalau dia pasti jujur dan fasilitasnya oke yak hehe

    ReplyDelete
  10. Menjadi PR buat pemerintah dan seluruh masyarakat negeri kita tercinta ya, bagaimana caranya supaya penyebaran BBM serta energi yang dibutuhkan bisa ke 17 ribu pulau. Supaya merata dan aktivitas vital pembangunan mudah dan cepat terealisasi dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga ya mbak... krn di samping kebutuhan pokok, negara kita kan penghasil bbm juga

      Delete