Monday, August 7, 2017

Festival Ngidam, Cara SGM Memahami Kebutuhan Bunda Hamil

Masa kehamilan adalah momen spesial dan luar biasa bagi Bunda. Dengan segudang cerita dan pengalaman menarik yang salah satunya adalah saat Bunda Ngidam. Ngidam menjadi sebuah pengalaman unik bagi Bunda hamil yang ditandai dengan dorongan keinginan yang lebih besar akan suatu hal. Pada umumnya terkait konsumsi makanan dan minuman tertentu. Memahami kebutuhan para Bunda dalam masa kehamilan, SGM Bunda menghadirkan "Festival Ngidam SGM Bunda" yang berlangsung selama 5-6 Agustus 2017 di Royal Plaza Surabaya. 



Festival Ngidam SGM Bunda kali ini dipenuhi berbagai aktivitas edukasi dan juga hiburan menarik untuk para Bunda. Salah satunya adalah Ngidam Jajan, dimana ada booth yang menyediakan beragam sajian kuliner lezat dan bergizi. Selain itu, Bunda juga bisa menikmati Ngidam Manja melalui serangkaian fasilitas perawatan kecantikan dan pijat hingga terapi musik hamil. Untuk Bunda yang Ngidam Eksis dapat mengikuti fashion show Bunda Hamil-Menyusui, serta photo booth cantik. Bunda juga bisa menikmati hiburan dan penampilan selebriti melalui Ngidam Ketemu Artis.



"Festival Ngidam SGM Bunda adalah festival kehamilan pertama dan terbesar di Indonesia. Kami hadir dengan serangkaian aktivitas edukasi nutrisi yang lengkap dan menyenangkan untuk Bunda. Kami paham bahwa Bunda yang sedang ngidam cenderung memilih makanan tertentu dan kerap terkendala untuk menerapkan pola makan sehat dengan gizi seimbang. Padahal, pemenuhan nutrisi selama masa kehamilan sangat penting agar tumbuh kembang anak dalam kandungan optimal." ujar Christina Natalia Selaku Marketing Manager SGM Bunda. 


"Oleh sebab itu, melalui Festival Ngidam SGM Bunda kami berharap para Bunda tidak hanya dapat beraktivitas seru dan menikmati makanan favorit mereka. Namun juga mendapatkan pemahaman terkait nutrisi yang dibutuhkan pada masa hamil sehingga bisa lebih cermat dalam menerapkan pola makan bergizi seimbang, termasuk susu yang merupakan salah satu sumber gizi bagi ibu hamil." lanjut Christina. 



Memang seringkali di saat ngidam, Bunda cenderung mengikuti emosi sehingga sulit untuk mengontrol keinginan. Termasuk yang terkait dengan makanan dan minuman. Tapi menurut Dude Harlino yang ditemui saat acara Festival Ngidam SGM Bunda. Dude Herlino yang baru saja menyambut kelahiran buah hatiniya yang kedua mengungkapkan kebahagiaannya dalam mendampingi sang istri Alyssa Soebandono sejak hamil hingga melahirkan dan menyusui.



"Sama seperti kehamilan pertama, di kehamilan anak kedua ini Icha tidak mengalami ngidam makanan dan minuman tertentu. Permintaannya juga tidak aneh-aneh, hanya sering minta dibelikan kue-kue semacam jajan pasar. Tapi bagaimanapun juga, saya selalu berusaha memastikan makanan minuman bergizi cukup untuk si kecil yang ada di dalam kandungan." jelas Dude. 


Dia juga menceritakan bahwa meskipun Icha sudah pernah menjalani masa kehamilan pada putra yang pertama, tapi pada kehamilan kedua ini tetap merasakan pengalaman yang unik dan membahagiakan. Mereka berdua berusaha untuk menjalaninya dengan baik terutama dalam menjaga asupan nutrisi yang seimbang. Untuk itu, Dude selalu memperhatikan konsumsi makanan Icha agar lebih sehat dan beragam serta mengandung nutrisi penting untuk ibu dan juga si kecil yang di dalam kandungan.



Sedangkan dr. Muhammad Ardian C.L, SpOG,M,Kes saat di temui di Festival Ngidam SGM Bunda menjelaskan bahwa wajar jika Bunda mengalami ngidam dengan pengalaman yang berbeda-beda. Perubahan hormon yang terjadi di masa kehamilan juga membuat Bunda mengalami peningkatan sensitivitas rasa dan penciuman yang mengubah preferensi dan pola makan terhadap jenis makanan tertentu. Faktor hormonal ini harus dipahami Bunda agar lebih berhati-hati dan mengontrol asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh. 


"Bunda harus lebih cermat dalam menjaga kesehatan dirinya dan juga si kecil sejak dalam kandungan melalui pola makanan bergizi seimbang. Sayangnya, masih banyak ibu hamil yang kekurangan nutrisi. Data di Indonesia menunjukkan fakta bahwa 6 dari 10 ibu hamil memiliki asupan protein dan beberapa zat gizi mikro yang lebih rendah dari kebutuhan."jelas dokter yang akrab di panggil Ardian ini. 

Beliau melanjutkan bahwa bunda perlu memahami bahwa kebutuhan nutrisi saat hamil tertentu berbeda dengan saat tidak hamil. Dimana, Bunda adalah satu-satunya sumber nutrisi si kecil di dalam kandungan. Sehingga kalau Bunda sehat, si kecil juga akan sehat. Bunda perlu memastikan kecukupan nutrisi secara seimbang. Selain asupan karbohidrat, protein, maupun lemak, kecukupan zat gizi mikro seperti Asam Folat, zat besi, Kalsium dan vitamin D, juga penting untuk mengatur metabolisme tubuh. Untuk itu, Bunda dianjurkan memenuhi kebutuhan nutrisi dengan pola makan nutrisi seimbang 3x sehari. Juga konsumsi satu butir telur, minum cukup air putih sebanyak 10 gelas perhari, serta dapat dilengkapi dengan konsumsi susu khusus ibu hamil. 



Dalam rangkaian kegiatan Festival Ngidam SGM Bunda, pada Bunda dan Ayah mendapatkan edukasi seputar kehamilan seperti konsultasi obstetri dan nutrisi, tips cerdas menjaga kehamilan dan nutriasi agar Bunda serta si kecil sehat. Kelas senam hamil, demo pijat laktasi dan edukasi laktasi, hingga tips tetap cantik saat hamil. 



"SGM Bunda ingin membantu Bunda dan Ayah untuk mendapatkan kenangan indah dan berkesan selama masa kehamilan. Selain mendapatkan edukasi serta beragam hiburan juga makanan yang enak dan sehat, bunda dan ayah juga mendapatkan tips-tips agar dapat menjalani masa kehamilan dengan bahagia." tutup Christina.



17 comments:

  1. Yaaayyy hepi banget kalo ada acara seru buat bumil seperti ini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski sudah tidak bumil lagi, pengetahuan ini bisa buat mantunya nanti hehehe
      eh tapi mbak nurul bisa promil lo.... ditunggu kabar baiknya ya

      Delete
  2. Kalau pas ngidam, paling seneng deh soalnya bakal diturutin terus sama suami hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba waktu aiman ngidam mobil balap gitu ya hehehe

      Delete
  3. Kadang walau udah setua ini, pengen minum susu anak kecil :b, wehehehehe....

    ReplyDelete
  4. Acaranya kreatif baru kali ini dengar ada festival ngidam. Hihihi fase yang berkesan dialami oleh para ibu hamil dan untungnya semakin banyak yang memahaminya. Salam hangat mba Avy:)

    ReplyDelete
  5. wah acaranya seru ya, waktu aq hamil yang ngidam malah suamiku hehehehe

    ReplyDelete
  6. hahaha judul acaranya udah menarik bumil buat datang ya mba. Akh fase indah jadi ibu deh. Ngidam, minum susu indahnya jadi perempuan

    ReplyDelete
  7. Seru yaah acara khusus utk bumilnya gak cm bahas nutrisi bumil tp jg kebiasaan bumil kayak ngidam yg mau gak mau emang terjadi sihhhh ngidam macem2

    ReplyDelete
  8. Baca postingan ini terus langsung baper kepingin hamil lagi. Hahahahaha. Aku dua kali hamil tapi blm pernah ngerasain ngidam lho. Aneh deh. Padahal seru kalau denger cerita ngidam temen2.

    ReplyDelete
  9. Nama festivalnya unik banget. Ngidam.
    Aku selama 2x hamil kayanya gak pernah ngidam deh. Adanya juga sengaja minta beliin makanan macem2 dgn dalih ngidam. Hahaha
    Sebenenrya klo ibu hamil doyan susu, insyaAllah nutrisinya terjaga ya. Sygnya bbrp ibu hami malah mual ketika mencium bau susu.

    ReplyDelete
  10. Soal ngidam ini jadi momok buat aku dan calon suami hahahha asli lah kami sok - sokan nggak mau ada ngidam2an padahal mah nikah aja belom. Tapi seru dgr cerita temen2 yg hamil dan ngidam :D

    ReplyDelete
  11. acara kehamilan begni buat mupeng hamil hahaha

    ReplyDelete
  12. Festival ngidam bersama SGM bunda memang seru, ga sabar nungguin yang di Bekasi.

    ReplyDelete
  13. Kata ibuku, ngidam itu bakal selalu jadi cerita seru buat diungkit sampai masa tua :))

    ReplyDelete
  14. Loh...baru tau SGM punya susu ibu hamil....makin beragam deh nutrisi tambahannya heheheh

    ReplyDelete