Friday, May 26, 2017

Surabaya Health Season 2017 Wujudkan Surabaya menjadi Kota Wisata Kesehatan

Bu Risma senam bersama warga Surabaya yang hadir pada pembukaan Surabaya Health Season 2017 (foto milik Budiono Sukses)

Surabaya Health Season 2017 menjadi acara pembuka pada rangkaian perayaan Hari Jadi Kota Surabaya ke-724, yang dilaksanakan pada hari Minggu 30 April 2017. Bertempat di halaman Balai Kota Surabaya dan dihadiri oleh ibu Walikota Tri Risma Harini, acara ini mengambil tema "Surabaya Sehat Melalui Gerakan Hidup Sehat (Germas) dan Peningkatan Mutu Layanan Kesehatan".  


Dalam sambutannya bu Risma mengatakan bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan serta mengajak masyarakat melaksanakan gerakan masyarakat hidup sehat. Tidak lupa beliau juga menyampaikan pesan kepada para medis, harus patuh pada standar dan prosedur pelayanan kesehatan. Karena apabila petugas lalai dalam mengikuti prosedur yang mengakibatkan fatal atau membahayakan keselamatan pasien, maka bisa di tuntut di muka hukum. Selanjutnya bu Risma berbaur dengan ratusan warga yang sejak pagi sudah memadati halaman Balai Kota untuk melaksanakan senam bersama. 


Pada kesempatan tersebut, pengunjung memanfaatkan untuk memeriksakan kesehatan pada stand peserta secara gratis. Apalagi ada berbagai acara yang digelar seperti bakti sosial, donor darah, sunatan massal, pameran produk pertanian & UKM serta lomba spanduk. 


Partisipasi Rumah Sakit dan Puskesmas Se-Surabaya

Kegiatan Surabaya Health Season 2017 ini menawarkan banyak promo pengobatan kepada warga Surabaya. Berbagai diskon dan layanan pengobatan yang diberikan mulai di klinik, puskesmas, laboratorium dan juga rumah sakitMisalnya kalau biasanya di puskesmas untuk cek kolesterol, tes tensi atau cek gula darah harus membayar sekitar Rp. 38.000,-. Selama sebulan ke depan layanan ini gratis. 


Tidak hanya di puskesmas, cek di laboratorium juga mendapat potongan harga. Seperti di Laboratorium Pramita, cek kesehatan bisa dapat diskon sampai 20%. Kalau cek rutin full untuk laboratorium akan mendapat diskon sebesar 20%. Sedangkan yang non laboratorium seperti ECG, foto thorax dan eco akan mendapat diskon sebesar 10%. Diskon pemeriksaan ini berlaku di seluruh cabang Pramita Lab sampai 31 Juli mendatang.


Sedangkan salah satu rumah sakit yang turut berpartisipasi dalam event Surabaya Health Season 2017 adalah Rumah Sakit Ibu dan Anak Kendangsari yang lokasinya ada di 2 tempat yaitu di jalan Kendangsari dan daerah Merr jalan Ir. Soekarno No. 2 Surabaya.




Seperti yang disampaikan Humasnya ibu Ellen Pratiwi melalui telpon, RSIA Kendangsari akan mengadakan beberapa acara seperti pameran, talkshow dan promo diskon. 


Salah satu promonya adalah dengan memberikan diskon bagi siapa yang akan melakukan imunisasi Kanker Serviks di rumah sakit tersebut. Dari harga normal 950 ribu menjadi 750 ribu rupiah per satu kali suntik. 


Selain itu juga menerima konsultasi tentang seputar Kanker Serviks. Karena memang masih banyak masyarakat awan yang kurang mengetahui akan bahayanya kanker serviks dan bagaimana cara menanggulangi sejak dini. 


RSIA Kendangsari juga mengadakan talkshow tentang manfaat buah dan sayur untuk ibu menyusui. Dengan tema Wonderful Life with Fruits and Vegetables. Talkshow yang didominasi oleh kaum wanita itu berlangsung cukup gayeng tapi serius. Diharapkan untuk selanjutnya para peserta bisa meneruskan informasi ini kepada orang-orang terdekat terutama pada sekelilingnya.



Sementara itu RSIA Kendangsari Merr mengadakan Pameran dan Promosi Kesehatan serta membuka Konsultasi Dokter Umum dan Konseling Menyusui secara gratis di sebuah mall di Surabaya Timur. Istilahnya jemput bola. Pengunjung yang berbelanja bisa menyempatkan untuk memeriksakan kesehatan ataupun bertanya seputar kesehatan secara gratis.




BPJS Turut Memeriahkan Surabaya Health Season 2017

Selain rumah sakit dan puskesmas, ternyata Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Utama Surabaya juga turut memeriahkan event SHS 2017 yang di mulai dari tanggal 30 April-31 Mei 2017 tersebut. Yaitu dengan menambah akses layanan pendaftaran peserta di beberapa pusat perbelanjaan seperti di ITC, Galaxy Mall, Tunjungan Plaza, PTC dan Royal Plaza. Pendaftaran dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu selama bulan Mei 2017. 



Adapun keterlibatan BPJS Kesehatan dalam event Surabaya Health Season kali ini, selaras dengan upaya  yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan melalui kegiatan promotif dan preventif. Seperti deteksi dini kanker serviks melalui pemeriksaan melalui pemeriksaan IVA di Puskesmas serta promosi gaya hidup sehat kepada masyarakat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. 


Program Home Care

Sebagai warga Surabaya, saya turut mengamati dan memantau berbagai fasilitas dan pelayanan kesehatan yang selama ini sudah berjalan. Sebagai kota besar nomor dua di Indonesia, Surabaya tidak hanya ramai dalam membangun hotel dan mall saja. Banyak rumah sakit swasta pun bermunculan. Tentunya ini berita yang cukup menggembirkan. Karena dengan begitu, akan berlomba dalam pelayanan dan memberikan fasilitas kesehatan scara maksimal demi mendapat kepercayaan dari masyarakat.


Tapi tidak semua masyarakat mampu dan bisa berobat ke rumah sakit. Biasanya terbentur ekonomi ataupun lokasi. Dimana sebagain besar masyarakat Surabaya masih dalam golongan menengah ke bawah. Saya sebagai warga biasa mempunyai harapan terutama dalam beberapa tahun ke depan, tidak hanya ketika kepemimpinan bu Risma saja. Juga pemimpin yang kelak mendapat amanah membangun kota tercinta ini. Salah satu fasilitas kesehatan yang ideal terutama untuk masyarakat menengah ke bawah dan tidak mampu adalah HOME CARE.



Mungkin di beberapa propinsi di Indonesia, fasilitas ini sudah ada. Bahkan di Surabaya pun sepertinya juga sudah ada. Karena saya pernah melihat sebuah mobil Home Care dari sebuah rumah sakit swasta di Surabaya. 


Inovasi semacam ini bisa menjadi angin segar bagi masyarakat yang tinggal jauh dari rumah sakit maupun puskesmas. Sekarang pemerintah daerahpun sudah sangat peduli dengan kebutuhan kesehatan terutama yang berada di wilayah pelosok. Kecepatan dalam menangani keadaan darurat tentunya sangat di butuhkan oleh masyarakat. Oleh sebab itu, tenaga medis harus selalu siap selama 24 jam setiap harinya.



Bangga Surabaya

Melihat perkembangan kota Surabaya yang semakin maju dan cantik. Tentunya tidak hanya warga Surabaya saja yang bangga. Seperti tujuan dari event Surabaya Health Season 2017 yaitu diharapkan akan mampu membangun tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemberi layanan kesehatan. Baik kepercayaan dari masyarakat Surabaya maupun masyarakat luar Surabaya. Untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan di Kota Surabaya dan menjadikan Surabaya sebagai kota sehat dan ramah. Sehingga orang-orang yang berkunjung, khususnya mereka yang berasal dari Indonesia Timur, tidak hanya punya tujuan berbelanja saja. Tapi juga mencari fasilitas kesehatan disini. Sehingga akan tercapai tujuan untuk mewujudkan Surabaya menjadi kota Wisata Kesehatan. Yang pastinya akan berpengaruh pada meningkatkan perekonomian masyarakat Surabaya.


Di bawah ini adalah video yang menggambarkan bahwa mengakses layanan kesehatan di Surabaya sangatlah mudah. 





Dirgahayu kota Surabaya  yang ke 724










6 comments:

  1. Selamat ultah buat Surabaya yang ke 724, semoga makin baik tahun demi tahun.
    Belakangan aku sering ke Surabaya dan mulai bisa berteman dengan segala hiruk pikuknya. Semoga Surabaya Health Season ini bisa dicontoh oleh kota-kota lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas ihwan...
      semoga surabaya makin ramah untuk para tamu maupun pendatang

      Delete
  2. Program home care itu keren ya. Memudahkan masyarakat untuk mendapat layanan kesehatan
    Semoha kedepannya makin banyak program2 serupa dan menular ke daerah lain.
    Bukan penyakit aja yg bisa menular, program yang positif juga wajib ditularkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mbak putu...
      gakpapa dikatain latah, yg penting positif untuk masyarakat

      Delete
  3. Wah aku belum vaksin utk kanker serviks :(
    Semoga ada masanya nanti vaksin2 itu lbh murah ya mbk Avy TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jg belum pernah mbak april
      sebenarnya kesempatan kemarin, tapi kok ya sok sibuk banget hehehe

      Delete