Monday, May 1, 2017

#FoodPhilosophy Trip Mengajak Berwisata Kuliner yang Aman dari Kolesterol bersama Hemaviton Cardio

Dok. pribadi

Saya sedikit surprise ketika mendapat kabar dari cak Budi, untuk ikut gabung dengan team #Foodphilosophy Trip Surabaya. H-1 coba bayangkan... Padahal di hari itu, saya sudah ada agenda lain. Tapi karena ketika saya lihat rundownnya, hemmmm....menarik banget. Tanpa pikir panjang, saya okein aja. Sedangkan agenda satunya, untung masih bisa di pantau dari jarak jauh.


Surprise yang kedua alias dredeg.... sebelum acara dimulai, semua peserta harus melakukan tes kolesterol. Omaigat, belum-belum sudah nervous. Meskipun saya termasuk bukan pelahap semua jenis makanan berdaging dan berlemak alias tidak terlalu suka makanan yang mengandung kolesterol. Tapi saya termasuk orang yang kurang disiplin dalam urusan cek kesehatan.


Dok. pribadi

Dan benaaarrrr..... hasilnya ternyata kolesterol saya  di angka 116 dan gula darah di 70. Jadi aman deh untuk urusan kuliner hari ini. Mau soto daging, sate klopo, bebe-bebekan, es grim, sea food-sea foodan? Siapa takut?!  Sekedar informasi, batas total kadar kolesterol adalah normal <200 mg/dl dan tinggi >239 mg/dl.



Soto Daging Tapak Siring

Tujuan kuliner pertama adalah di Soto Tapak Siring yang berlokasi di jalan Dharmahusada 14 Surabaya. Terus terang ini adalah pertama kalinya saya berkunjung setelah sejak tahun 1993 resmi menjadi warga Surabaya. Karena saya memang kurang begitu suka berburu kuliner yang berupa soto-sotoan. Tapi melihat sesaknya pengunjung di kedai yang lumayan luas untuk ukuran biasanya, terbersit rasa penasaran. 


Tidak membutuhkan waktu lama pesanan saya pun datang. Semangkuk soto hangat tersaji di hadapan dengan asap mengepul dan aroma yang menggugah selera. Oh ya, nasinya terbungkus dalam daun pisang yang terpisah dari soto. Tanpa menunggu lama sayapun segera menyantapnya. Karena kalau keburu dingin, rasanya pasti kurang oke. Ketika suapan pertama, hemmmm ternyata rasanya enak banget. Kaldu dagingnya sangat terasa. Kuahnya cukup kental, tadinya saya pikir menggunakan santan. Dalam semangkuk soto itu berisi daging, telur dan beberapa jeroan. Tapi bisa juga pesan tanpa jeroan. Dan yang juara adalah dagingnya sangat empuk.


Dok. pribadi

Segelas teh hangat menyempurnakan rasa nikmat sarapan saya pagi ini. Tapi tentunya tidak lupa minum Hemaviton Cardio, untuk membantu mencegah dan menurunkan kolesterol yang timbul dari soto daging yang saya santap tadi.


Museum Tugu Pahlawan

Museum Tugu Pahlawan adalah tujuan #FoodPhilosophy Trip selanjutnya. Meskipun sudah beberapa kali ke sana, tapi rasa bangga dan haru itu masih selalu muncul mengiringi saat menyaksikan diorama di putar di Museum Tugu Pahlawan.


Bersama Chef Ken di Museum Tugu Pahlawan (dok.pri)

Dok.pri


Selama satu jam para peserta #FoodPhilosopy Trip di beri kesempatan untuk melihat-lihat seluruh peninggalan bersejarah dari para pahlawan yang berjuang pada 10 Nopember. Akhirnya meneruskan perjalanan ke tempat selanjutnya yaitu Sate Klopo Ondomohen di Walikota Mustajab.


Sate Klopo Ondomohen

Letaknya strategis banget yakni di tengah kota Surabaya, yang membuat Sate Klopo Ondomohen ini mudah di jangkau dari mana saja. Sate ini bisa di bilang legendaris. Karena sudah lama berdiri dan rasanya juga tetap sama seperti dulu. 


Dok. pribadi

Satenya di bakar dengan cara tradisional pake arang dan dikipasi, tapi satenya mateng dengan sempurna. Luarnya tidak terlalu gosong tapi dalamnya matang merata. Dan yang membuat beda adalah bumbu kacangnya. Saya sangat cocok dengan rasa manisnya yang nendang dan pas di lidah (saya). Bisa bersantap dengan nasi atau lontong, tinggal pilih saja.


Bebek Sinjay

Terus terang, baru pertama kalinya ini saya singgah di Bebek Sinjay yang sudah ngehits dari beberapa tahun yang lalu itu. Kesian ya hehehehe... Padahal dari Surabaya dengan melewati jembatan Suramadu, hanya sekitar setengah jam. Tepatnya adalah di Bangkalan, tidak jauh dari kota Surabaya. 


Dok.pribadi


Sebelumnya saya sudah sering beli Bebek Sinjay yang di cabang Ahmad Yani. Kurang lebih rasanya sama sih, terutama di nasinya yang punel banget. Daging bebeknya empuk dengan bumbu yang meresap sampai ke tulang sehingga rasa gurihnya terasa sampai ke dalam. Disajikan dengan nasi putih yang punel (seperti saya bilang tadi), ada kremesan, sepotong timun dan sambal pencit atau sambal muda yang super pedas menurut saya. 


Dok.pribadi

Tapi yang jelas porsinya memang cukup mengenyangkan, dengan nasi yang cukup banyak dan daging yang super empuk. Meskipun agak berminyak, bikin kita makan dengan sedikit was-was. Tapi semua itu akan teratasi kalau kita sudah membekali diri dengan Hemavion Cardio. Setelah bersantap siang, cukup diminum dengan 1x kaplet. Gak ada lagi yang dikhawatirkan dong :)


Ice Cream Zangrandi

Destinasi selanjutnya adalah kedai ice cream yang cukup legendaris yaitu Zangrandi. Resto ini terletak di lokasi yang sangat strategis, yaitu berada di jantung kota Surabaya. Tepatnya di jalan Yos Sudarso no 15, sebrang Balai Pemuda dan sebelah kanan Garden Palace Hotel.


Dok.pribadi

Sampai sekarang resto ini masih bertahan dengan arsitektur yang kental nuansa tempoe doeloe. Rasa ice cream nyapun tidak mengalami banyak perubahan. Teskturnya sedikit kasar, karena tidak banyak mengandung krim susu. Berbeda dengan gelato yang memiliki tekstur lembut karena banyak mengandung krim susu. Tapi justru dengan cita rasa khas itulah yang membuat Zangrandi disukai dan menjadi daya tarik juga bagi wisatawan. Karena rasanya yang khas itu tidak bisa ditemui di tempat lain. 


Dok.pribadi

Suasana di kedai es cream sore itu cukup ramai. Saya mendapati pengunjung yang terdiri dari berbagai tingkat usia dan status sosial. Mulai dari anak muda, keluarga sampai kakek nenek. Rupanya kedai ini menjadi salah satu tempat favourite, berkumpul dan bercengkerama. Tidak harus pada akhir pekan, tapi hari-hari biasa juga.



Pipe And Barrel 

Tujuan selanjutnya adalah ke Pipe And Barrel Cafe yang ternyata adalah milik dari Chef Ken. Lokasinya di jalan Polisi Istimewa No 2 Surabaya. Tepatnya di seberang sekolah St. Louis dan Katedral Hati Kudus Yesus.

Dok. pribadi

Untuk kali ini peserta #FoodPhilosophy Trip mendapat tantangan yang menarik, yaitu uji coba memasak yang resepnya ditentukan oleh Chef Ken. Semua peralatan sudah disediakan. Kita tinggal menunjukkan keahlian dalam meracik bumbu yang sudah ada.


Terminal Seafood

Kuliner pamungkas hari ini di Terminal Seafood. Udah kebayang kan, pasti menunya serba kuliner laut yang terkenal dengan kolesterol tinggi. Mundur dong? Tentu tidak... hahahahahaha. 


Menurut dokter Fanny, kandungan kolesterol justru sangat kecil. Menu seafood lebih disarankan untuk menjadi menu makan malam dibandingkan daging. Mendengar petuah seperti itu, rasanya tanpa beban ketika dihadapan terhampar aneka macam menu serba sea food. Tentu saja kita juga nggak usah khawatir, karena sudah siap Hemaviton Cardio yang akan membantu mengurangi kolesterol.


Menu makan malam di Terminal Seafood (dok.pri)


Kolesterol, Kenali & Atasi

Kolesterol adalah salah satu jenis lemak (lipid) yang sangat penting untuk tubuh. Kolesterol dibutuhkan untuk pembentukan hormon, vitamin D dan senyawa-senyawa pencernaan. Namun, kolesterol yang berlebihan dapat berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan akhirnya menyebabkan penyakit jantung maupun stroke.


Sedangkan Sumber Kolesterol berasal dari :

- Diri sendiri yaitu diproduksi di dalam tubuh oleh organ hati (liver)

- Sumber makanan hewani yaitu berasal dari daging, ikan, keju, susu dan sebagainya.


Adapun jenis kolesterol itu ada 2 macam :


1. HDL (High-Density Lipoprotein) atau di sebut juga Kolesterol Baik. Membersihkan dan mengangkut kolesterol jahat dari dinding pembuluh darah ke hati. Hati kemudian akan "membuang" kolesterol jahat dari tubuh. Untuk laki-laki >40 mg/dl. Sedang perempuan >50 mg/dl.


2. LDL (Low-Density Lipoprotein) atau di sebut juga Kolesterol Jahat. Yaitu lemak jahat yang tertimbun di dalam dinding pembuluh darah sehingga dapat menyumbat aliran darah dan memiliki resiko terjadinya penyakit jantung. Ukuran LDL Cholesterol bisa dikatakan normal antara 100-129 mg/dl. Harus berhati-hati ketika pada 130-159 mg/dl. Berbahaya pada kalau sudah >160 mg/dl.


Apa saja penyebab kolesterol tinggi?


1. Makanan 

Beberapa jenis makanan yang Anda konsumsi mengandung lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol :

- Lemak jenuh (saturated fat) yaitu meningkatkan kadar LDL di dalam tubuh

- Asam lemak trans (trans fat) juga turut menaikkan kadar kolesterol

- Kolesterol ditemui pada sumber makanan hewani, seperti kuning telur, daging, keju dan seafood


2. Berat Badan  

Beberapa orang yang mengalami obesitas cenderung memiliki kadar LDL yang tingga, kadar HDL yang rendah dan memiliki total kadar kolesterol yang lebih tinggi.


3. Aktivitas Anda 

Merokok, kurang olah raga dan mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh.


4. Faktor Keturunan


Hemaviton Cardio, Bantu Cegah dan Turunkan Kolesterol

Hemaviton Cardio adalah suplemen kesehatan yang mengandung Phytosterol 500 mg yang membantu melakukan pencegahan dini sebelum kolesterol masuk ke dalam darah. Hemaviton Cardio jga diperkaya dengan vitamin dan mineral antioksidan untuk memelihara kesehatan tubuh. Minum hemaviton Cardio 3x sehari pada saat atau setelah makan untuk membantu kolesterol LDL di dalam darah.


Dok. pribadi



2 comments:

  1. wah muantabbb... kalo diulangi lagi masih bersedia ikut kan? hehe.. semoga tahun depan ada lagi ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau banget doooong.... serunya itu lo yang bikin nagih, apalagi ada cak budi hehehehehe

      tahun depan semoga masih ingat saya ya cak :)

      Delete