Thursday, December 15, 2016

Pelepasan Tukik Dalam Rangka HUT Pertamina Ke 59

Pintu Gerbang Tempat Acara Berlangsung (dok.pri)


Pantai Grand Watudodol di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, hari Sabtu tanggal 10 Desember 2016 kemari ramai oleh ratusan peserta berkaus biru. Peserta yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat seperti pegawai Pertamina, warga masyarakat, petani dan relawan itu melakukan bersih-bersih di sepanjang pesisir pantai untuk memperingati hari ulang tahun Pertamina yang ke 59 tahun.


Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Wakil Direktur Utama Pertamina Ahmad Bambang yang memberikan sambutan, memaparkan bahwa PT Pertamina (Persero) ini sengaja mengadakan Program Pemberdayaan Pesisir dan Pembersihan Kampung Nelayan di Banyuwangi, tujuannya untuk menggugah kesadaran masyarakat sekitar pesisir dan masyarakat seluruh Indonesia pada umumnya, untuk lebih mencintai lingkungan dengan menjaga kebersihan pesisir dan menjaga kelestariannya.


Karena Pertamina merupakan perusahaan di sektor energi yang sebagian besar wilayah operasinya berada di lingkungan pantai, maka Pertamina merasa memiliki tanggung jawab untuk turut menjaga kelestarian lingkungan sekitar wilayah operasinya. Bukan hanya menjaga lingkungan supaya tetap lestari, namun juga dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan.


Beberapa kegiatan yang dilakukan pada Program Pemberdayaan dan Pembersihan Kampung Nelayan ini dapat menjadi bukti nyata komitmen Pertamina pada peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan yang berada di sekitar pesisir melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) maupun melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang bertepatan dengan momentum HUT perusahaan.


Bukan hanya kegiatan bersih-bersih area pesisir pantai saja yang dilakukan pada hari itu, namun ada juga beberapa program kegiatan CSR dan PKBL di Banyuwangi. Kegiatan itu sendiri mendapatkan apresiasi dari Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Alam & Buatan Kementerian Pariwisata, yakni Azwir Malaon. Menurut beliau, langkah Pertamina melalui program Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan di Banyuwangi ini tepat dan bermanfaat. Acara yang dihadiri pula oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas ini juga disertai dengan aksi lepas tukik dan konservasi penyu, hal ini merupakan program penting yang dapat mendukung ekowisata di Banyuwangi ke depannya.


Dok.pri


Selain pembersihan pantai dan pelepasan tukik ke lautan, juga dilakukan pemberian bantuan CSR Pertamina yang berupa bantuan layanan kesehatan dan juga pengobatan gratis untuk sekurangnya 500 orang warga, tak lupa santunan kepada 59 anak yatim yang berada di sekitaran pesisir.


Tak cukup sampai disitu, pemberian bantuan alat kebersihan untuk warga, bantuan pengecatan plengsengan sungai (Banyuwangi Berwarna) pun turut diberikan. Banyuwangi sendiri merupakan salah satu dari lima lokasi pelaksanaan program Pemberdayaan dan Pembersihan Kampung Nelayan yang secara serentak dilaksanakan tanggal 10 kemarin,daerah lainnya yakni Pantai Kampung Bugis Tanjung Uban di Kepulauan Riau, Pantai Mutiara Hijau di Karangsong, Balongan di Indramayu Jawa Barat, dan Pantai Kampung Atas Air, Balikpapan, Kalimantan Timur.



3 comments:

  1. waduw, lucunya. Jadi pengen ikutan disini juga.

    ReplyDelete
  2. wihhh..baguss banget acaranya mbaa...sukses yahh mbaa

    ReplyDelete