Monday, October 10, 2016

Film Wonderful Life, Inspirasi Dalam Memahami Dunia Anak Penderita Disleksia



Novel Wonderful Life (dok.bisnis.com)

Harus pintar. Harus berprestasi. Harus 'jadi orang'. Hal itu adalah prinsip-prinsip yang di pegang oleh Amalia, seorang perempuan yang perfeksionis dan cerdas selama menjalani hidupnya. Prinsip itupun dia coba terapkan kepada anak semata wayangnya, Aqil. Namun hidup berkata lain. Ketika Aqil di vonis mengalami disleksia, yaitu kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan membaca dan menulis. Dalam kondisi ini, berprestasi secara akademis tentulah menjadi sebuah hal yang tidak mungkin. 



Dalam penyangkalannya, Amalia berupaya melakukan berbagai cara untuk menyembuhkan Aqil. Siapa sangka. Dalam perjalanan penyembuhan ini ternyata membawa pada petualangan yang menghadapkan Amalia pada kemungkinan terburuk dalam kehidupannya. Yaitu kehilanga Aqil. Pada titik inilah Amalia menyadari bahwa ada yang lebih penting dari sekedar mementingkan prinsip dan konflik batinnya, yaitu jalan hidup dan kebahagiaan anak. 


Cerita di atas adalah kisah nyata dari seorang Amalia Prabowo. Demi berbagi  pada sesama, pengalaman tersebut dituangkan dalam sebuah buku dengan judul yang sama. Sampai akhirnya seorang produser tertarik untuk menjadikannya sebuah film yang segera di release dengan dibintangi oleh Atiqah Hosiholan dan Sinyo seorang aktor muda berbakat. Film ini sekilas seperti film keluarga biasa yang bercerita tentang disleksia. Padahal sesungguhnya ada banyak nilai dan pesan yang disampaikan dalam film ini. Khususnya tentang bagaimana orang tua harus bisa melihat lebih dekat dan merasakan lebih dalam setiap tantangan yang di hadapi oleh anaknya. Film ini juga mengajak para orang tua, perempuan khususnya, untuk menyadari bahwa setiap anak memiliki road map masing-masing. Dan orang tua bertugas memfasilitasi bakat  dan kelebihan anak. Daripada fokus pada kekurangan mereka.


"Disleksia adalah kondisi genetik yang tidak dapat disembuhkan. Menerima kondisi anak disleksia dengan melihat kelebihan dan kepekaannya, serta memfasilitasi bakatnya , tidak hanya membuat anak lebih bahagia. Namun juga efektif mengembangkan potensi dirinya " Amalia Prabowo


AWAL SEBUAH GERAKAN PERUBAHAN


Film Wonderful Life yang dipersembahkan oleh Sari Ayu bersama Visinema Creatif & Co., dan Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) ini menjadi pembuka gerakan perubahan yang diinisiasi oleh Sariayu Marthaa Tilar  yaitu Be Wonderful Movement. Gerakan ini akan menjadi gerakan yang berkesinambungan yang mengajak perempuan Indonesia untuk membuat perubahan dalam hidupnya. Dengan harapan, Be Wonderful Movement dapat menjadi gerakan pemberdayaan perempuan Indonesia yang menginspirasi lahirnya sosok perempuan-perempuan yang berwawasan luas, mandiri, kuat dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi. 


Para perempuan ini diharapkan dapat menjadi 'agent of change' yang akan memotivasi dan menjadi cahaya penerang bagi orang-orang dan lingkungan disekitarnya. Selain mengangkat Empowering Women yang menjadi salah satu pilar Martha Tilaar Group, Be Wonderful Movement diharapkan juga akan mengangkat isu-isu terkait Beauty Green, Beauty Education dan Beauty Culture dengan merangkul sosok-sosok perempuan inspiratif di tanah air. Mari rayakan hidup dengan membuat perubahan, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang-orang di sekitar kita.


Dream big, start small, act fast! Dr. (H.C) Martha Tilaar


TENTANG KONSORSIUM


Yang di maksud dengan konsorsium adalah himpunan beberapa pengusaha yang mengadakan usaha bersama. Dalam film the Wonderful Life ini yang menjadi konsorsium adalah Sariayu Martha Tilaar, Creatif & Co., dan Kepustakaan Populer Gramedia atau KPG. Kolaborasi antara ketiganya di pilih untuk saling bersinergi karena masing-masing memiliki kekuatan. Yang jika dikolaborasikan akan menghasilkan kerja sama yang saling mendukung satu sama lain. Sementara Sariayu menawarkan gagasn besar  lewat Be Wonderful Movement yang secara berkesinambungan fokus pada pemberdayaan dan perubahan kaum perempuan ke arah lebih baik. KPG menjadi penyambung suara yang akan efisien untuk penyebaran informasi movement tersebut untuk menarik dan menciptakan perempuan-perempuan dengan karya-karya yang inspiratif. Creative & Co sendiri menjadi penyedia konten kreatif, dimana kini Visinema menjadi bagian di dalamnya. 




TENTANG FILM WONDERFUL LIFE





Film  :  Wonderful Life 

Pemeran  :  

Atiqah Hosiholan, Sinyo, Lydia Kandou, Alex Abbad, Putri Ayudya, Arthur Tobing, Abdul Arif, Totos Rasiti, Didik Nini Thowok

Penulis skenario : Jenny Yusuf 

Sutradara : Agus Makkie 

Co-Producer : Ridla An-Nuurs S.

Produser : Angga Dwimas Sasongko, Handoko Hendroyono, Rio Dewanto



Catat ya! Film Wonderful Life akan ditayangkan secara perdana pada hari Kamis, 13 Oktober 2016 di seluruh XXI Indonesia.




11 comments:

  1. Pilemnya apik dan super inspiring ya mbaaaa :) Mau dooong NOBAR hahahha

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga mau kok hehehe
      yuk di rayu yang suka ngajak nobar

      Delete
  2. Oh...jadi tayang serempaknya baru besok Kamis ya. Duh, senangnya kalau bisa jadi bagian dari penonton serentak film keren ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak ika.... baru tgl 13 besok
      mudah2an ada rejeki bisa nobar....aamiin

      Delete
  3. Jadi pengen nonton deh filmnya. Bagus banget kayaknya ditonton orang tua. Tapi, aku pasti banyak ditampar. Aku sering maksa-maksa anak-anak. Ihik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi....kayaknya hampir semua ibu2 gitu deh mbak nia, termasuk sayah
      tapi mudah2an dg melihat film ini akan menyadarkan kita bhw anak itu mempunya kemampuan sendiri2

      Delete
  4. pengen ketemu rio dewanto nya #eehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha..... masuk ke group wa kopier aja
      ada giring dan rio dewanto :)

      Delete
  5. Aku suka pas nonton cuplikannya. Suami yg biasanya ga terlalu suka film drama Indonesia jg penasaran n malah ngajakin ntn iniiii.

    ReplyDelete