Monday, August 22, 2016

Peduli Kesehatan Bangsa, Nutrive Benecol Canangkan Kampanye Indonesia Tangkal Kolesterol

Event Kampanye Indonesia Tangkal Kolesterol bersama Nutrive Benecol (dok.pri)

Serangan jantung dan stroke menduduki 2 peringkat teratas penyebab kematian di dunia. Di Indonesia sendiri, stroke dan penyakit jantung juga menduduki peringkat teratas penyebab kematian menurut hasil Riset Kesehatan Dasar Indonesia 2014 lalu. Uniknya, stroke dan penyakit jantung memiliki faktor resiko yang sama. Mereka yang terkena stroke, beresiko tinggi terkena serangan jantung. Demikian pula sebaliknya. Proporsi rata-rata masyarakat Indonesia dengan kadar kolesterol total di atas nilai normal adalah 35%. Sementara proporsi masyarakat dengan LDL (kolesterol jahat) di atas nilai optimal mencapai 76,2% dengan proporsi kategori DLD tinggi atau sangat tinggi 15,9%.


Salah satu bentuk kepedulian atas nasib bangsa supaya terhindar dari penyakit berbahaya tersebut, Nutrive Benecol bekerja sama dengan Klikdokter.com mengadakan program kampanye melawan kolesterol. Yaitu bertempat di Dyandra Convention Centre Surabaya dilaksanakan pada hari Minggu 21 Agustus 2016, 


Acara di buka pada pukul 10.00 WIB dengan sambutan pertama dari bapak Mifta Hulhuda sebagai Regional Sales & Promotion Head KN Jawa Timur. Yang dilanjutkan dengan pemukulan gong dan penampilan tarian Sparkling Suroboyo, sebagai tanda di mulainya acara.


Tari Sparkling Suroboyo (dok.pri)

Pada waktu yang bersamaan, beberapa narasumber mengadakan press conference dengan para blogger dan wartawan di The Library Cafe - Gramedia Expo.  Sebelum acara di mulai, awak media di beri kesempatan untuk menikmati coffee break. Seperti biasa disediakan minuman kopi dan teh, tapi kali ini menggunakan gula  yang sehat yaitu gula Diabetasol.

Coffee break yang sehat (dok.pri)

Setelah kurang lebih 30 menit menikmati minuman dan makanan ringan, acara press conference segera di mulai. Sudah ada 2 narasumber dan 1 wakil dari Nutrive Benecol yang siap membagikan informasi kepada para awak media.




Narasumber pertama yang tampil adalah dr. Fajar yang menerangkan seputar bahaya rokok yang sekarang sudah menjadi ancaman bagi individu dan bangsa. Karena kandungan nikotin yang sangat tinggi. 



Sedangkan narasumber berikutnya adalah Dr. Agus Subagjo, Sp.JP(K), Spesialis Jantung & Pembuluh Darah dari RSUD Dr. Soetomo menjelaskan bahwa kadar kolesterol yang tinggi selain dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke, juga dapat menurunkan produktivitas sumber daya manusia. Dalam kehidupan berbangsa, kita harus membudayakan hidup sehat agar proporsi masyarakat yang produktif dan dapat memberikan sumbangsih memajukan bangsa semakin meningkat.



Kalbe Nutritionals memiliki portfolio pangan fungsional, melalui brandnya Benecol yang telah diakui dapat membantu menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung koroner di dunia.



"Bersama dengan Klikdokter.com, Kalbe Nutritionals ingin menjadikan tahun 2016 sebagai momentum untuk menjadi yang terdepan dalam inovasi penurunan kolesterol, resiko stroke dan jantung koroner masyarakat Indonesia. Lewat rangkaian program Indonesia Tangkal Kolesterol Bersama Nutrive Benecol, yang akan diadakan di 29 kota besar di Indonesia. Program ini sudah dilangsungkan di beberapa kota antara lain Jakarta pada 30 April 2016, Bandung 29 Mei 2016 dan Surabaya 21 Agustus 2016. Dengan rangkaian edukasi, serta program deteksi dini kolesterol tinggi dan risiko penyakit jantung koroner." demikian penjelasan dari Donny Bambang Iryanto selaku Product Manager Nutrive Benecol.




Sebagai bagian dari program Indonesia Tangkal Kolesterol, Nutrive Benecol merilis gerakan senam B-FIT dan Kampanye TANGKAL. Yang terdiri dari 7 langkah Tangkal Kolesterol, yaitu :


1. Teratur periksa kolesterol

2. Awasi asupan dan pola makan

3. Nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol

4. Giat berolah raga dengan senam B-FIT

5. Kendalikan berat badan dan hindari stress

6. Awasi tekanan darah

7. Lengkapi dengan Nutrive Benecol 2x sehari


Peserta mengikuti senam B-FIT sebelum acara di mulai (dok. twitter Nutrive Benecol)


Ada juga sessi Masak Sehat bersama dr. Penihedi P., MKM. (Gz) yang menampilkan resep Beef Tomato Gratin. Dimana Beef Tomato Gratin itu mengandung 32,45 mg kolesterol per porsinya, 10,8% dari jumlah kolesterol yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.


dr. Penihedi memperlihatkan cara memasak sehat (dok. pri)

Ketika jam makan siang, semua peserta termasuk blogger dan wartawan mendapat satu kotak menu makanan sehat. Tampilannya di bawah ini. Yaitu nasi merah, ayam kukus tanpa kulit, tumis wortel buncis dan juga beef tomato gratin.


Menu makan siang di acara Indonesia Tangkal Kolesterol (dok.pri)


Pada acara tersebut, saya pun mendapat kesempatan untuk bisa berkonsultasi dengan dokter sekaligus melakukan check kolesterol secara total dan jantung koroner. Caranya dengan mengambil setitik darah di ujung jari tengah. Apa itu yang di maksud dengan Kolesterol Total? Kolesterol Total merupakan kadar keseluruhan kolesterol yang beredar dalam tubuh manusia. 



Kolesterol Total itu sendiri terdiri dari 3 elemen kolesterol, yaitu :


1. Kolesterol HDL kolesterol High Density lipoprotein merupakan kolesterol baik karena mampu membantu membuang kolesterol LDL atau kolesterol buruk dari darah dan membawa mereka kembali ke hati untuk di proses dan di buang. Kolesterol HLD juga dapat mencegah timbunan plak dari kolesterol LDL dalam arteri, yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. 


The American Council on Exercise merekomendasikan bagi individu untuk memiliki tingkat HDL di atas 60mg/dL. Apabila tingkat HDL di bawah 40mg/dL, di anggap sebagai faktor risiko untuk kena penyakit jantung. Dan HDL saya adalah 42mg/dL yang artinya masih di bawah risiko untuk terkena penyakit jantung.


2. Kolesterol LDL, sebagai kolesterol jahat karena berkontribusi terhadap plak, tebal, tumpukan lemak yang keras, yang dapat menyumbat arteri dan membuat pembuluh darah menjadi kurang fleksibel.


3. Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak dalam darah yang dibutuhkan tubuh untuk di ubah menjadi energi. Kadar trigliserida yang tinggi akan menaikkan risiko serangan jantung dan stroke.



TENTANG PRODUK NUTRIVE BENECOL


Nutrive Benecol merupakan produk pangan fungsional keluaran Kalbe Nutritionals. Melalui kandungan unggulannya yaitu Plant Stanol Ester, Nutrive Benecol terbukti mampu menurunkan kolesterol hingga 7-10% dalam 2-3 minggu serta menurunkan resiko penyakit jantung koroner. Nutrive Benecol aman dan bebas dari efek samping karena berasal dari bahan alami dan Plant Stanol Ester sudah mendapatkan status GRAS (Generally Recognized As Safe) dari FDA (Food and Drug Administrarion) Amerika. Plant Stanol Ester memiliki struktur seperti kolesterol dan berperan menangkal penyerapan kolesterol di sistem pencernaan. Nutrive Benecol terdiri dari minuman smoothies (susu dengan rasa buah) ready-to-drink dengan 4 varian rasa seperti blackcurrant, strawberry, orange dan lychee serta minuman sereal yang bergizi tinggi serta mengenyangkan. Nutrive Benecol tidak mengandung tambahan gula pasir seningga aman untuk penderita diabetes.


4 varian rasa Nutrive Benecol (dok. dari twitter Nutrive Benecol)

Untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentang produk Nutrive Benecol serta event-event yang sedang berlangsung. Kalian dapat mengunjungi websitenya di www.nutrivebenecol.com/   atau mengikuti media sosialnya yaitu :


Facebook : NutriveBenecolIndonesia

Twitter : @NutriveBenecol

Instagram : @nutrivebenecol_id






2 comments:

  1. Nutrive Benecol ini enak banget lo. Asli suwer...paling suka yang blackcurrant

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak vety.... saya jg mengkonsumsi rutin sehari 2x

      Delete