Monday, August 8, 2016

Film 3 Srikandi adalah Semangat Perempuan Indonesia Yang Pantang Menyerah



Poster film 3 Srikandi (dok. MVP Pictures)

UNDANGAN NOBAR DARI ALFAMIDI


Saya cukup surprise dan gembira tentu saja, ketika mendapat tawaran nobar film 3 Srikandi dari mas Indra Setia Gunawan, Marketing Manager Alfa Midi area Surabaya. Terus terang, film ini memang sudah lama sekali saya tunggu tayangnya. Salah satu alasannya adalah saya cukup kenal penulis skenario ini yaitu mbak Swastika Nohara atau Tika panggilannya. 


Ketika tahun 2015 kemarin saya menjadi panitia event Blogcamp Nusantara di Taman Dayu dan beliau sebagai salah satu nara sumbernya. Kebetulan kami menginap di tenda yang sama. Mbak Tika sempat bercerita sekilas tentang film yang katanya sudah mulai syuting. Dari ceritanya itulah, saya melihat ada sisi menarik dari film yang berlatar belakang dunia olah raga cabang panahan itu. Karena salah satu tokoh 3 Srikandi tersebut berasal dari Surabaya yaitu Lielies Handayani. Jadi semakin penasaranlah saya dibuatnya.


Dan beruntunglah saya sebagai member Ponta yang loyal, mendapat kesempatan untuk menikmati fasilitas keren yaitu nobar film 3 Srikandi bersama beberapa teman blogger yang juga member Ponta seperti mbak Dwi Permitasari, Niar Ningrum, Frida, Entas dan Ita. Hari itu Sabtu 6 Agustus 2016 kemarin kami ke CGV Blitz - Marvel City Surabaya pukul 15.30 acara nobar dimulai. Sayang banget kami nggak sempat ikut Meet & Great bersama Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari. Karena ada sedikit kekeliruan dalam menerima informasi masalah jamnya. Kecewa??? Tentu saja... Tapi ternyata setelah melihat filmnya, kekecewaan itu terhapuskan. Berganti dengan kepuasan.


Tiket nobar & kartu Ponta (dok.pri)

Tidak dapat dipungkiri, daya tarik pertama dari film 3 Srikandi ini adalah para pemainnya. Terutama Reza Rahadian dan Chelsea Islan yang masih hangat dengan peran mereka dalam film Rudy Habibie. Film tersebut sukses menyedot penonton hingga mencapai 1 juta lebih. Di samping karena akting mereka yang tidak biasa dan total, juga cerita yang cukup menarik dari kisah seorang mantan presiden RI. Sehingga meninggalkan kesan yang cukup dalam bagi penonton. Akhirnya mereka ingin membandingkan akting Reza dan Chelsea di Rudy Habibie dengan film 3 Srikandi ini. Dan menurut saya....eehhmmm Reza masih belum bisa menanggalkan peran Rudy 100% ketika menjadi Donald Pandiangan ini. Meskipun kita tetap dibuat terpana oleh aktingnya yang piawai. Beda dengan Chelsea yang bisa total memerankan Lielis Handayani. Saya mengacungkan 2 jempol untuk perannya sebagai orang Suroboyo dengan bahasa medok-medoknya. Chelsea memang jenius!


Selanjutnya adalah kehadiran Bunga Citra Lestari yang berperan sebagai salah satu Srikandi tersebut, juga menjadi daya tarik penonton. Sebagai artis yang termasuk senior dengan berbagai pengalaman berakting, peran BCL pastinya juga termasuk yang paling di tunggu. Begitu juga penampilan Tara Basro, Doni Damara, Indra Bhirowo dan Rina Hasim yang mampu menghidupkan cerita. 


Film ini dipermanis dengan munculnya lagu-lagu yang pernah ngehits di era tahun 80an yaitu Tentang Kita oleh Kla Project, Ratu Sejagad dinyanyikan Vonny Sumlang dan Astaga yang dilantunkan Ruth Sahanaya. 



SINOPSIS FILM 3 SRIKANDI


Film 3 Srikandi ini menceritakan tentang dunia olah raga di Indonesia pada tahun 1988, khususnya cabang panahan. Yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Olimpiade Musim Panas di Korea Selatan. Sedangkan pada saat itu, belum memiliki pelatih yang tepat untuk mempersiapkan atlit wanita dalam waktu yang cukup singkat. Dan satu-satunya pelatih yang di nilai mampu dan bisa diandalkan adalah Donald Pandiangan (Reza Rahadian) yang di kenal sebagai "Robin Hood Indonesia".


Tapi Donald sudah lama menghilang. Dia pernah kecewa dan terpukul ketika pada tahun 1980 gagal mengikuti Olimpiade Moskow dikarenakan alasan politis. Padahal dia punya prinsip bahwa olah raga itu tidak bisa di campur adukkan dengan dunia politik. Sampai pada suatu saat hatinya tergerak kembali untuk bersedia menjadi pelatih bagi tim wanita yang akan berangkat ke Olimpiade Seoul.


3 Srikandi Indonesia (dok. MVP Picures)

Lewat seleksi yang sangat ketat, akhirnya terpilih 3 wanita tangguh yang nantinya akan mewakili Indonesia yaitu Kusuma (Tara Basro), Lilies (Chelsea Islan) dan Nurfitriyana (Bunga Citra Lestari. Terlepas dari segala macam masalah pribadi yang dialami oleh ke 3 wanita tersebut, mereka tidak pernah patah semangat. Dan tetap yakin untuk maju terus dalam membawa nama Indonesia ke kancah internasional.


Setelah melalui latihan yang cukup melelahkan dan butuh perjuangan bersama pelatih bernama Donal (Reza Rahadian), mereka berhasil mendapatkan medali Perak pada Olimpiade di Seoul pada tahun 1988. Ke 3 Srikandi tersebut telah berhasil mengharumkan nama bangsa Indonesia di cabang olah raga panahan.


Tapi meskipun hanya mendapatkan medali perak, mereka tetap bangga mampu mempersembahkan yang terbaik untuk negara tercinta. Dan medali itu merupakan medali yang pertama dalam keikusertaan Indonesia pada Olimpiade waktu itu.



3 Srikandi Blogger (dok.pri)

9 comments:

  1. ya ampuuun aku ketinggalan bgt ama film2 baru skr ini... baru tau mbak ada film ini... biasanya film2 yg dimainkan oleh reza dan bcl mah, aku suka nontonnya.. udah jaminan pasti bagus selalunya :D..

    ReplyDelete
  2. belum nonton, kisah inspiratif ya, penuh perjuangan yang tak sedikit

    ReplyDelete
  3. Siiip keren Mbak reviewnya.
    Mau juga nonton . . . jika ada yang ngundang.

    ReplyDelete
  4. мαтυя ηυωυη.. ·♡ τнäиκ чöü ·♡ so much мϐä Avy.., smg perfilman Indonesia semakin berbenah dan bisa bersaing dgn film2 luar ya.., sukses dan maju terus perbloggeran Indonesia #eeehhhh DHîí:phïi:DHïÏ

    ReplyDelete
  5. Sayangnya di film ini banyak scene yang saya rasa membuang durasi. hehhee untungnya sangat terbantu dengan akting Reza, Bunga, Tara sama Chelsea memang bagus :)

    ReplyDelete
  6. Ternya film nya sangat berkesan dihati..kerennnn sangattt...gak asal2 an yaaa...kameranya detail..top dehhhhh

    ReplyDelete
  7. Ternya film nya sangat berkesan dihati..kerennnn sangattt...gak asal2 an yaaa...kameranya detail..top dehhhhh

    ReplyDelete
  8. aku jarang nonton film indonesia, kecuali kalo yang main reza rahardian XD
    yang ini belom sempet nonton sih tapi :3

    ReplyDelete
  9. aku suka pemain-pemainnya mbak terutama bcl dan reza...semoga hits ya filmnya

    ReplyDelete