Sunday, August 7, 2016

Dukung ASI Eksklusif, Philips AVENT Bikin Pelatihan Menyusui

Brosur mendukung  Pekan Menyusui Sedunia (dok.pri)


ASI atau air susu ibu sangatlah penting dalam awal masa pertumbuhan bagi bayi. Karena ASI memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh kembang yang sehat. Bayi yang mendapatkan ASI lebih lama memiliki masalah kesehatan kronis yang lebih sedikit, infeksi yang jarang dan kecerdasan yang lebih tinggi di banding dengan mereka yang mendapat ASI dalam jangka waktu yang pendek atau bahkan yang tidak disusui.


Suasana pelatihan Ibu menyusui (dok.pri)

Dalam rangka menyambut Pekan ASI Dunia serta turut peduli dan mendukung pemberian ASI eksklusif, Philips AVENT menyelenggarakan pelatihan yang bertempat di Java Paragon Surabaya pada hari Sabtu 30 Juli 2016. Seri pelatihan dan praktik langsung ini melibatkan para ahli yang akan membekali para calon orang tua mengenai Manajemen Laktasi, Perawatan Bayi dan MPASI. Philips AVENT. Acara ini terjalin dengan bekerja sama dengan Rumah Sakit Siloam Surabaya, Rumah Sakit Nasional Surabaya, Rumah Sakit Husada Utama, RS Lombok Dua Dua Lontar dan Rumah Sakit Lombok Dua Dua Flore Surabaya mengundang 200 orang tua baru di Surabaya. Di antara para ahli adalah dr. Dian Pramastuti, Sp.A dari RS Siloam Surabaya, dr. Stefanie, Sp. KFR dari RS Nasional Surabaya, dan dr. Bambang Wirdjadmadi, MS, MCN dari RS Husada Utama Surabaya.


Tampil sebagai pembicara pertama adalah Dr. Dian Pramastuti, SP. A yang memberikan materi tentang  Manajemen ASI & Menyusui. Terutama menjelaskan tentang banyak pertanyaan, mengapa menyusui itu penting?


ASI terutama yang keluar awal, bisa juga di sebut sebagai cairan emas dengan nama KOLOSTRUM. Mempunyai kandungan yang sangat penting bagi bayi dengan kegunaan sebagai berikut : 


1.     Penuh Antibodi : melindungi terhadap alergi dan infeksi

2.     Sel Darah Putih : melindungi dari infeksi

3.     Pencahar : Membersihkan mekonium, mencegah kuning pada bayi.

4.     Faktor Pertumbuhan  : mempercepat matang usus, mencegah alergi, intoleransi

5.     Tinggi Vitamin : menurunkan beratnya infeksi


dr. Dian sedang mempraktekkan materi yang dia sampaikan (dok.pri)

Sedangkan menurut pendapat dr. Dian tentang pelatihan ini yaitu :

"Keberhasilan pemberian ASI bergantung pada faktor internal dan eksternal. Mengetahui dan memahami bagaimana mengelola ASI dengan teknik, tips dan trik, akan membantu orang tua untuk merasa lebih nyaman dan siap. Dengan pengetahuan yang cukup dan dukungan yang tidak hanya datang dari suami tapi juga lingkungan sekitarnya. Ibu akan memiliki kenyamanan yang dia butuhkan dalam membangun kepercayaan diri untuk menghasilkan ASI yang cukup bagi bayinya."


Lebih dari 30 tahun, Philips AVENT terus berinovasi dalam menanggapi perubahan gaya hidup dan kebutuhan ibu dan bayi. Dari mulai pompa ASI sampai dengan botol susu natural. Setiap inovasi Philips AVENT terinspirasi dengan mendengarkan apa yang dibutuhkan orang tua saat pemberian ASI. 


Pihak Philips AVENT memperagakan cara memeras asi dengan benar (dok.pri)

Ratna Kurniawati, Marketing Manager Mother and Child Care, Philips Personal Health Indonesia mengatakan :


"Untuk membangun kepercayaan diri dan dukungan tidak hanya bagi ibu, tetapi juga bagi ayah. Philips AVENT bersama dengan 12 rumah sakit ternama membantu terutama para calon orang tua baru dalam menyambut sang buah hati dan memberi mereka awal terbaik dalam hidupnya."


"Philips AVENT New Parents Class ini adalah bagian dari upaya meneruskan komitmen dalam mendukung pemberian ASI eksklusif sesuai dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) agar ASI eksklusif diberikan hingga bayi berusia 6 bulan. Philips AVENT berkomitmen untuk mendukung ibu di setiap tahapan agar dapat menyusui lebih lama" lanjut Ratna.


Produk dari Philips AVENT (dok.pri)


Sebagai ibu dari 3 orang anak laki-laki, saya pun mempunyai pengalaman pribadi dalam hal memberikan asi eksklusif. Bahkan untuk anak yang ke 2, saya memberikannya selama 3 tahun. Sedangkan anak sulung sekarang sudah menginjak usia 22 tahun, tapi saya masih ingat sekali pengalaman pertama ketika menyusuinya. Memang harus ada tekad dan dukungan dari keluarga, karena itu berpengaruh terhadap produksi air susu itu sendiri. Alhamdulillah anak-anak saya jarang sekali sakit dan hubungan batin secara psikologis terhadap merekapun cukup dekat.


Oleh sebab itu, saya turut mendukung Pekan Menyusui Sedunia sebagai ibu maupun sebagai blogger. Karena bagaimanapun juga, air susu ibu adalah makanan terbaik untuk kesehatan dan tumbuh kembang buah hati kita.


Dukungan Blogger pada Pekan Menyusui Sedunia (dok.pri)





3 comments:

  1. Iya ya Mba Avi, bonding anak yang ASI itu sangat kuat. Kayak keponakan saya, yang tiba-tiba menangis tanpa sebab, ternyata Ibunya jatuh di depan rumah. Allhamdulillah tidak luka parah, hanya lecet sedikit. Tapi, feel si anak ini bisa sampai sebegitu kuatnya, kami di rumah sampai geleng-geleng jadinya menyaksikan hal yang sungguh luar biasa ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Ipeh... menyusui itu masa2 yg menyenangkan banget lo
      makanya kadang waktu di sapih gitu banyak drama deh
      pake nangis dan baper hahahaha

      Delete
  2. Seperti apapun bentuknya, support untuk ibu menyusui itu wajib diberikan oleh semua orang.

    ReplyDelete