Tuesday, July 5, 2016

Es Bajigur, Kuliner Legenda Asli Madiun

Es Bajigur - Tempat favourite sejak tahun 1987

Siapa yang tak kenal dengan Es Bajigur? Termasuk jajaran kuliner yang berasal dari Jawa Barat. Tapi sudah cukup terkenal tidak hanya seantero Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Karena termasuk jajaran kuliner tradisional yang menjadi kekayaan budaya kita. Kalau di daerah asalnya, bajigur bisa disajikan dalam 2 cara yaitu hangat dan dingin. Dengan bahan utama santan dan gula aren, biasanya ditambahi jahe dan vanili.


Tapi yang saya ulas kali ini bukan es bajigur asli Jawa Barat dengan bahan seperti di atas.  Melainkan es bajigur asli Madiun dengan cita rasa dan tampilan yang berbeda. Meskipun begitu, es bajigur yang berlokasi di jalan Cokroaminoto 77 Madiun ini akan menginjak tahun ke 49 sejak berdiri di tahun 1967. Wow, lama juga ya?

Es bajigur dengan risoles atau lumpia (dok.pri)

Saya sendiri sudah menjadi pelangganan setia es bajigur ini sejak duduk di bangku SMA yaitu tahun 1987an. Lokasinya tetap, tidak berpindah. Suasananyapun masih tetap nyaman dengan dekorasi yang tidak berubah sedikitpun. Apalagi cita rasa es bajigurnya yang sangat istimewa, membuat es ini selalu dikangeni. Saya pun setiap pulang ke Madiun, selalu meluangkan waktu untuk mampir dan kembali mengenang nostalgia di masa remaja....*uhuk.

Dekorasi tidak pernah berubah (dok.pri)

Es bajigur Madiun ini komposisinya adalah es coklat yang di campur dengan kolang-kaling warna hijau. Mungkin kalian sudah bisa membayangkan bagaimana rasanya es coklat yang di campur dengan kolang-kaling. Dan pasti rasanya juga sudah bisa di tebak.


Tapi kenyataannya tidak seperti rasa es coklat yang biasa di jual di restoran ataupun cafe pada umumnya. Coklatnya sangat beda dan khas sekali. Begitu juga kolang kaling yang menjadi campurannya. Empuk dan kenyal sekali. Komposisi itulah yang menjadikan es bajigur Madiun ini begitu istimewa di banding es-es yang lain.




Sebagai camilan pendamping kali ini, ada risoles dan lumpia. Saya lebih memilih lumpia karena memang dari dulu juga pas dengan rasa jajanan lumpia di tempat ini. Isinya wortel yang didominasi ayam suwir. Makannya sama saus tauco dan lombok cabe rawit. Rasanya tidak cukup kalau hanya makan satu. Malah bisa habis 2 atau 3 biji.



Merasa jadi pelanggan setia, tidak lega kalau tidak mengetahui sejarahnya meskipun cuman sedikit. Ternyata pengelola es bajigur yang sekarang ini adalah generasi ke 2, yaitu Harry Tanoto. Merupakan resep turun temurun berupa racikan dari ibu kandungnya Boediarti bersama suaminya Boediono Tanoto.


"Racikan awalnya, dari hasil otak atik berbagai minuman es. Selanjutnya ibu memiliki gagasan mengandalkan es bercampur coklat itu." tambah Harry yang merupakan anak ke empat. Cerita ini juga sempat di muat di harian Surya, 08 Mei 2011. Klipingnyapun di pajang di meja dekat kasir. Menandakan bahwa Es Bajigur ini memang sudah sejak lama menjadi buah bibir, terutama warga Madiun yang sudah tinggal di luar kota. Seperti saya juga hehehe....


Dari beberapa racikan yang disuguhkan kepada tamu dan saudara, semua memuji racikan es bajigur rasa coklat dan kolang-kaling tersebut. Akhirnya Boediarti bertekad untuk menjual es bajigur racikannya di depan rumah. Pada tahun 2970-1990 sudah mempunyai banyak pelanggan. Akhirnya mendirikan depot.

Lumpia bumbu tauco dalam pincuk kertas (dok.pri)

Ternyata rahasianya ada di racikan coklat, irisan kolang kaling, gula jawa, santan dan kopi benar-benar menyatu dan kental. Cara minumnyapun harus di seruput sedikit demi sedikit agar kekentalannya menjadi berkurang karena tambahan es batu. 

Sambil menunggu es batu mencair, biasanya kita bisa menikmati lumpia dengan bumbu tauco yang khas. Dulu bumbu tauco ditempatkan dalam pincuk daun pisang. Tapi karena sekarang daun pisang sudah mahal dan sulit di cari, di ganti dengan kertas. Tempatnya masih tetap berupa pincuk.


Terpuaskan sudah kangen saya di depot Es Bajigur Madiun, sambil mengenang kembali masa-masa indah sebelum punya krucil-krucil hehehehe. Dua hari di Madiun, tujuan wisata kuliner pertama yang saya datangi memang di Es Bajigur ini. Tapi masih ada beberapa tujuan lagi yang termasuk wajib harus didatangi... Tunggu yaaaaa :)


8 comments:

  1. Hai mbak avy..

    Es bajigur madiun..

    Setahu saya es bajigur itu banyak variannya.

    Dan mungkin es bajigur coklat khas dari kota madiun.

    Oh iya untuk cara menyampaikan ceritanya mengalir lancar jelas tanpa memberatkan informasi yang hendak disampaikan.

    #Blogwalkingan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mas mukhofas....
      makanya saya pernah keliru waktu beli es bajigur di luar kota,
      ternyata pake santan....bayanganku spt di madiun yg seger gitu hehehe

      terima kasih kunjungannya

      Delete
  2. Kayaknya segerrr banget ya, Mbak.
    Kalo ke Madiun wajib mampir nih ke tempat jajanan yg legendaris gini...
    Selera Indonesia bangettt :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak melisa...
      ini modifikasi yang kreatif....dan ternyata banyak yang suka
      gak kerasa udah hampir 50 tahun... jadi wajib mampir kalau ke madiun

      Delete
  3. Es bajigur madiun ini ada ciri khasnya ya, di Jakarta juga ada untuk rasa tergantung selera sih. Kalau main ke Madiun mampir ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak titis... es bajigur madiun di jamin endeesssss
      pasti bikin ketagihan hehehe

      Delete
  4. Aku dulu sering ngelewatin Madiun, mba. Karna ada tanteku yang rumahnya di Cepu, jadi kami sering mampir ke Cepu. Kalau tahu ada es abjigur ini, aku bakalan mampir deh ;)
    Makasih ya mba

    ReplyDelete
  5. saya blum pernah nyoba bajigur dingin :D
    pgn ih ngemil es bajigur bareng risoles...

    ReplyDelete