Tuesday, June 21, 2016

Takjil Kreasi Si Kecil

Takjil biasanya berupa makanan atau minuman yang ringan untuk membatalkan puasa sebelum kita mengkonsumsi makanan yang lebih berat. Bisa berupa kurma, makanan kecil atau minuman segar seperti es buah, kolak, es timun suri dan semacamnya. Banyak jenis makanan dan minuman favourite yang menjadi pilihan untuk berbuka puasa kita.


Di keluarga saya, yang menjadi takjil favourite adalah salad buah. Di samping membuatnya mudah dan cepat, tentu saja karena sehat, fresh dan bergizi. Sekali bikin biasanya bisa untuk 3 harian. Asalkan tersimpan dengan benar di lemari pendingin.


Bahan-bahan salad yang diperlukan :


- Buah-buahan seperti apel, melon dan kiwi masing-masing 3 buah kemudian di potong kecil-kecil menyerupai dadu

- Puding Nutrijell yang sudah jadi di potong kecil-kecil bebentuk dadu

- Mayonaise 250 gram

- Saus tomat - untuk rasa asam segar (sesuai selera)

- Susu kental manis Indomilk putih - untuk rasa manis (sesuai selera)


Cara membuatnya :

- Semua bahan di campur menjadi satu, di aduk sampai merata

- Kalau rasa asamnya kurang, tinggal nambah saus tomatnya. Sedang untuk rasa manisnya bisa di tambahi susu kental manis Indomilk. Semakin nikmat kalau di makan ketika sudah dingin. 


Praktis bukan???



Ada cerita lagi yang menarik yang masih berhubungan dengan takjil. Yaitu cerita si Adham, anak bungsu saya. Semakin dewasa, rupanya kreatifitasnya semakin tinggi. Saya baru mengetahuinya ketika beberapa hari kemarin saya harus ke luar kota. Sehingga mau tidak mau, sementara saya tidak bisa turut berbuka bersama keluarga. Kalau dulu Adham masih kecil, masih bisa saya ajak. Tapi sekarang dia sudah tidak mau lagi ikut dalam kegiatan saya. Padahal saya tetap tidak tega kalau harus meninggalkan dia meskipun ada ayah dan kakaknya yang menemani di rumah.


Salah satu cara supaya saya tidak terlalu merasa bersalah, saya selalu menyiapkan makanan yang menjadi kesukaan dia. Terutama takjil yang merupakan makanan inti pembuka puasa. Ternyata jawabannya cukup ringan.

"Mama beli buah saja yang banyak buat persediaan. Dan jangan lupa susu Indomilk putih. Udah itu aja."


Saya sempat sedikit heran. Tapi tanpa banyak bertanya, sayapun turuti kemauan dia. Beberapa buah segar seperti semangka, melon, apel dan kiwi sudah memenuhi lemari es. Saya pikir pasti untuk di makan biasa sebelum makan nasi. Dan itu cukuplah untuk persediaan 2 hari ketika saya pergi. Tapi ternyata dia berkreasi sendiri.


Di bawah ini adalah kreasi dia yang di buat sendiri ketika saya tinggal tugas di luar kota. Dan menurut pengakuan ayahnya, Adham tiba-tiba saja bikin sendiri tanpa minta bantuan siapapun.


Di hari pertama dia berkreasi, foto hasil karyanya itu di kirim ke telpon genggam saya untuk dipamerkan. Dengan rasa bangga tentunya, bisa membuat takjil sendiri. Ternyata dia bikin es buah yang memang tidak terlalu sulit membuatnya. Ketika saya tanya bagaimana proses membuatnya. Dia menjelaskan, beberapa buah yang sudah di kupasnya di potong kecil-kecil, di campur air matang, di kasih sirup aroma mawar, kemudian di beri susu putih kental manis Indomilk dan di tambah es batu. 


Sedangkan di hari kedua, rupanya dia minta ayahnya untuk membelikan cincau yang sudah jadi di mini market. Di potong-potong kecil, di campur air matang, di kasih susu kental manis Indomilk dan di tambahi es batu. 


Di samping cukup puas bisa berkreasi sendiri, rupanya takjil kesukaan Adham tersebut juga membuat dia semakin semangat dalam berpuasa. Tentu saja karena stamina dia cukup terjaga berkat mengkonsumsi Indomilk yang cocok untuk anak-anak. Kandungan gizinya sangat komplet. Yaitu terdiri dari kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B1 dan B2, vitamin B5, Vitamin B6, vitamin B12, vitamin D3 dan zink yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak.









28 comments:

  1. Tempo hari di rumah juga si kecil nih yang bikin es buah. Buah-buahnya sudah ada, sirupnya juga. Ya dia yang mau campurin semuanya hehehhe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak andy.... rasa keingintahuannya besar banget
      dan nggak bisa di larang hehehe
      tapi mengajari mereka spy lbh kreatif

      Delete
  2. waah emang paling asik kalau bikin takjil sendiri di rumah, bisa banyak banyak paai buahnya juga hihi.
    dan tingkat kemanisan sesuai selera.
    duh adzham udah bisa bikin takjil sendiri nih... bikinin tante jga dong xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh tante.... di ambil ke surabaya sini ya hehehe

      Delete
  3. Takjil buattan rumah tentunya lebih sehat ya, mba. Anakku juga suka mba makan salad buah. Apakagi kalau dingin. Seger bangeet. Hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. sehat dan hemat ya mbak....bisa bikin banyak soale anggotanya jg banyak hehehe

      Delete
  4. bisa dicoba nih mbak,,,makasih tipsnya

    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang banget bikinnya mas... itu tips dasar
      unt eksekusinya sesuai selera kok
      kita tinggal nambah2i apa yg kita suka

      Delete
  5. wahh hebat, masih kecil udah bisa bikin takjil sndiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...iya mbak april
      bikin yg gampang dan bahannya sdh ada di kulkas
      yg penting gak pake ngacak2 hihihi

      Delete
  6. seneng dan bersyukur yah mba kalau anak sudah kreatif bantu2 bikin makanan/minuman. Di rumah dua anakku yang udah gede juga gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak zata... anak sekarang kreatif dan punya segudang ide
      jadi kalo mau di tinggal gitu kita nggak kepikiran

      Delete
  7. wahh mudah ya bikinnya mba mau coba ah cari buahnya duluuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak dewi, gampang pake banget... itu tips dasarnya aja
      unt eksekusinya sesuai selera kok
      kita tinggal nambah2i apa yg kita suka
      bisa di tambahi keju ato toping lainnya

      selamat mencoba...

      Delete
  8. Ajakin si kecil buat bikin ta'jil juga ahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak anisa... meski kadang kesel jg, habisnya pada berantakan hehehe
      tapi lama2 seneng krn mereka bisa mandiri

      Delete
  9. suka banget takjil yang seger2 :D

    ReplyDelete
  10. Kalau takjil yang dibuat anak Mbak, saya juga suka buat, nih! Tapi saladnya belum pernah buat. Mau coba, ah...makasih sharingnya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak nurul...di rumah saya suka stock mayonaise jadi, saus tomat dan susu
      buahnya tinggal beli sesuai selera
      malah kadang kalo ada wortel impor, saya suka parut terus di kasih mayonaise...udah gitu aja saya jg seneng
      seger banget dan sehat....

      Delete
  11. Adham hebat ya, anak yang mandiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak helena...udah mau SMP, jadi hrs belajar mandiri

      Delete
  12. wah Adham pinter bikin takjil yg enak, seger banget itu.. saladnya juga enak banget terbayang2 asam manis segeeeer

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak lia... adham belajar yg gampang dan praktis
      apalagi bahannya sdh ready semua

      Delete
  13. anak pintar, kreatif. iihh jadi ngences ini lihat salad buahnya, mau doong Dek Adham :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. main sini dong tan... adham tiap hari suka nyocolin buah ke mayonaise
      jadi bisa buat camilan sehat hehehe

      Delete