Sunday, June 5, 2016

Merancang Masa Depan Dengan Tenang Bersama Sun Life

(dokumentasi pribadi)

Mendengar nama asuransi, telinga kita sepertinya sudah sangat alergi. Pasti deh kompakan juga untuk lebih baik menghindar dengan berbagai alasan. Karena selanjutnya yang terlintas dalam benak kita adalah telpon yang tidak pernah berhenti dari seorang marketing atau agen asuransi.  Mengejar-ngejar seperti tak kenal putus asa untuk minta sedikit waktu kita. Dan sampai saat ini, image seperti itu sudah menjadi momok yang menghambat kita memahami betul apa manfaat dan informasi yang tepat tentang asuransi.


Acara yang mengambil tempat di The Capri CafĂ© – Pakuwon Trade Cente tersebut, awalnya mengambil tema “How To Get Profit From Your Hobbies”. Tapi justru pada kesempatan itu, para blogger mendapat banyak manfaat ganda dalam memperoleh informasi. Acara yang di support oleh Sun Life Financial Indonesia itu juga membuka wawasan kepada para blogger akan manfaat asuransi dalam membantu merancang masa depan. Yang tidak pernah terpikir bahkan tergambar sebelumnya.


Sekitar pukul 14.00 WIB saya sampai ke lokasi, satu jam lebih molor dari waktu yang sudah ditentukan pengundang. Alasan klise, macet... Tapi sudah banyak undangan yang saya lihat hadir, terutama dari kawan blogger. Di sambut gadis cantik nan segar yang mempersilahkan saya untuk registrasi dulu.

(dokumentasi milik @SunLife_ID)

Setelah absen, saya pun bergabung dengan teman-teman yang sebagian masih makan siang dan sebagian sudah duduk manis. Ternyata tidak lama kemudian acarapun dimulai. Di buka oleh MC dan diterangkan bahwa kegiatan yang berupa Seminar & Exhibition Roadshow ini merupakan cara mengsosialisasikan program-program Sun Life Financial dengan Bright Advisor dalam merencanakan keuangan untuk masa depan lewat asuransi. Kali ini ada 2 nara sumber utama yang hadir pada sore hari ini, yaitu :


1. Joice Tauris Santi seorang jurnalis, yang sudah menerbitkan buku.

2. Aditya Agung seorang fotografer yang sekarang menjadi selebgram. 


Sambutan pertama oleh bapak Kaiser Simanungkalit, sebagai AVP Head of Branding & Communication SLFI. Beliau mengaku mempunyai 8 polis asuransi dari perusahaan yang berbeda-beda, karena mengaku betapa pentingnya asuransi untuk kesehatan kita. Tapi sayangnya, banyak orang yang belum tahu bahwa itu penting. Karena menurut pengalaman beliau sendiri, ketika jatuh sakit dan harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Dengan asuransi bisa membantu beban itu menjadi lebih ringan.  Tapi sayangnya, dari 250 juta lebih penduduk Indonesia ini. Tidak lebih dari 4% yang memahami dan mempunyai asuransi. Memang cukup mengejutkan dan mencengangkan. Oleh sebab itu, Sun Life membuat satu sistem dimana masyarakat tidak akan antipati lagi dalam memahami dan mempelajari apa itu asuransi beserta manfaatnya untuk kita. Yaitu #SunLifeFuturePlan yang bertujuan memberikan wawasan untuk merencanakan masa depan lebih baik.

bapak Kaiser dari Sun Life (dok.pri)


Kesempatan kedua adalah mbak Joice Tauris Santi, seorang jurnalis yang terjun juga di dunia asuransi. Di awal sambutannya, mbak Joice sudah menekankan bahwa kita harus sudah punya plan "kapan sebaiknya mulai merencanakan keuangan?". Karena faktanya, 64% orang khawatir tentang kesehatan, hanya 36% yang sudah memiliki proteksi kesehatan mandiri. Sedangkan 54% orang mengkhawatirkan kestabilan finansial, hanya 38% yang memiliki tabungan atau investasi jangka panjang.


Jadi, semakin dini kita berinvestasi maka semakin besar kesempatan untuk mengakumulasi aset. Cara memulai investasi yaitu dengan cek pendapatan dan tabungan saat ini. Lalu tentukan target. Tapi selain itu, tentukan juga waktu pencapaian target investasi dan siapkan pula dana darurat.

mbak Joice juga seorang Jurnalis (dok.pri)


Kita harus melindungi diri dari resiko finansial seperti kehilangan pekerjaan, kecelakaan dan kematian, lanjut mbak Joice. Dan resiko finansial tersebut bisa diminimalisasi dengan mentransfernya ke perusahaan asuransi. Mengikuti gaya hidup modern dan sosialitas gak masalah, asal sesuai dengan keuangan dan seimbang.


Untuk menebarkan informasi yang bermanfaat dan tepat pada yang membutuhkan, mbak Joice  menuliskan buku berjudul “Selami Asuransi Demi Proteksi Diri.” 

Buku karangan mbak Joice Tauris Santi (dokumen pribadi)

Yang menjadi pembicara selanjutnya adalah mas Aditya Agung, seorang blogger dan fotografer. Tapi sekarang sudah merambah menjadi seorang selebgram. Dia berbagi pengalamannya yaitu bagaimana hobi kita itu bisa mendatangkan uang. Tapi sebelumnya, pengunjung di hibur sejenak oleh suguhan Stand Up Comedy bernama Karjo. Lumayan buat obat ngantuk hehehe....

Penampilan Karjo bikin ngantuk hihlang (foto dari @SunLife_ID)

Setelah tertawa sejenak, acara dilanjutkan dengan menampilkan nara sumber selanjutnya yaitu mas Aditya Agung. Pada awal sambutan, dia sudah menggarisbawahi bahwa "media sosial bisa kita manfaatkan untuk self-branding, juga bisa digunakan untuk membangun relasi. Dari relasi tersebut, pelan-pelan kita bangun jaringan bisnis."

Aditya Agung sedang berbagi pengalaman (dokumen milik @SunLife_ID)

Memang sangat menyenangkan apabila kita memiliki pekerjaan yang juga menjadi hobi kita. Pekerjaan itu tidak akan berat, malah justru kita bisa menggali potensi lebih dalam untuk bisa menghasilkan uang. Saya pribadi juga mempunya prinsip seperti itu. 


Kali ini mas Aditya Agung memanfaat era media sosial yang makin marak dan makin bisa memberikan nilai jual yang tinggi. Tentunya harus ada strategi dan trik khusus. Kalau dia mempunyai hobi memotret, maka yang menjadi lahan bidikannya adalah instagram. Sedangkan trik yang dia bagikan pada pengunjung yaitu dengan memakai hastag pada setiap foto yang diunggah ke media sosial terutama di instagram. Inspirasi bisa datang dari mana saja, tinggal bagaimana kita mengolahnya.


Sebelum acara selesai, Sun Life sebagai penyelenggara memberikan hadiah kepada 3 penanya terbaik dan 3 pemenang live tweet.

Penanya terbaik (foto milik @SunLife_ID)
Pemenang live tweet (foto milik @SunLife_ID)



APAKAH BRIGHT ADVISOR ITU?


BRIGHT ADVISOR adalah media tempat bertanya seputar asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan dan perencanaan keuangan dan investasi. 

Kita bisa memilih dan menghitung asuransi yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan kita tanpa takut di kejar-kejar marketing. Yaitu denga cara sebagai berikut :

1. Buka alamat website : https://www.brightadvisor.co.id/

2. Klik LOGIN kemudian mengisi data-data yang diminta  sesuai petunjuk 

3. Lalu klik di tulisan DAFTARKAN SAYA

4. Selanjutnya kita sudah bisa mencari informasi dengan memilih program yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita

(screenshoot dari www.brightadvisor.co.id)


Kita tidak hanya menghitung atau mengetahui produk-produk dari Sun Life saja. Tapi segala macam pertanyaan, keluhan, saran dan kritikan pun, bisa dilayani lewat website tersebut.

Blogger dan undangan workshop (dok. @SunLife_ID)


Untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentang profile dan produk dari Sun Life Finansial, anda bisa mengakses lewat website di : www.sunlife.co.id


Jangan lupa follow media sosial Sun Life yaitu : 

- Facebook : Sun Life Financial Indonesia

- Twitter : @SunLife_ID

No comments:

Post a Comment