Thursday, June 2, 2016

Dukung Kreativitas Anak Bangsa, Faber-Castell Hadirkan Pameran Seni "Kreativitas Tanpa Batas"

Walikota Surabaya - bu Risma, membuka Pameran Seni Faber-Castell (dok.pri)

PAMERAN SENI "KREATIVITAS TANPA BATAS" DI GRAND CITY SURABAYA


Faber-Castell sebagai produsen alat tulis terbesar dan tertua di dunia, mendukung pembentukan generasi kreatif Indonesia melalui serangkaian kegiatan sejak tahun 2011. Diantaranya melalui kegiatan lomba gambar dengan kategori nasional untuk anak-anak Indonesia dari Sabang hingga Merauke, yang melibatkan puluhan ribu peserta di Indonesia. 


Tidak hanya fokus dengan usia dini, Faber-Castell juga mengadakan perlombaan gambar yang melibatkan para pemuda pemudi Indonesia hingga para profesional, melalui lomba bertemakan lomba kepedulian lingkungan dengan menggunakan produk Art & Graphic. Sedangkan untuk mendorong kebiasaan positif melalui menulis secara manual, Faber-Castell juga menantang kawula muda Indonesia melalui lomba menulis cerita pendek dengan menampilkan tema-tema favourite yang sangat dekat dalam kehidupan sehari-hari.

"Perkembangan di negara maju menunjukkan proses kreatif telah berubah dari Creative Thinking ke Creative Making, yang artinya kreativitas bukan lagi di ukur dari ide tetapi produk secara nyata. Hal ini y ang mendasari perlunya ada aktualisasi ide diantaranya melalui sebuah pameran." ungkap Managing Director PT. Faber-Castell International Indonesia, Yandramin Halim. "Pikiran manusia memiliki dimensi tanpa batas. Kreatifitas sebagai bagian dari proses pikir ini juga tidak memiliki batas. Tergantung sejauh mana sang pemilik pikiran mampu  dan mau mengembangkannya. Inspirasi tersebut yang menjadi dasar tema kegiatan kali ini." tambah Halim.


Sementara itu, Brand Manager PT. Faber-Castell International Indonesia, Fransiska Remila saat jumpa pers dan pembukaan acara Pameran Seni "Kreativitas Tanpa Batas" Faber-Castell di Atrium Grand City Mall 30 Mei 2016 menjelaskan bahwa kegiatan ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada semua karya dari semua kegiatan yang pernah dilakukan oleh Faber-Castell sebelumnya. Dari lomba gambar hingga menulis cerita pendek. Dalam kegiatan ini, selain akan menampilkan karya-karya pemenang lomba. Akan dihadirkan juga karya instalasi dengan menggunakan medium pensil hasil karya seniman asal Jerman, Kerstin Schulz. Dimana Indonesia merupakan negara ketiga di Asia yang mendatangkan karya ini selain Jepang dan Singapura. 


Fransiska juga menjelaskan bahwa acara ini akan berlangsung sejak 30 Mei hingga 5 Juni 2016 di Grand City Mall. Dengan di isi beragam kegiatan dan aksi yang berkaitan dengan seni dan sastra. Diantaranya workshop menggambar desain karakter bersama kak Doni Teguh dan ada juga workshop membuat craft bersama Creativity For Kids (CFK), serta akan di tutup dengan lomba gambar pada hari Minggu 5 Juni 2016. Sebelumnya acara ini sudah berlangsung di kota Jakarta, Bandung dan Jogjakarta. Setelah Surabaya, akan dilangsungkan di Medan.



GALERI FOTO PAMERAN SENI FABER-CASTELL DI GRAND CITY SURABAYA


Walikota Surabaya menceritakan tentang masa kecilnya (dok.pri)

Bu Risma menorehkan coretan di kanvas sebagai tanda di buka Pameran Seni Faber-Castell (dok.pri)

Bu Risma bersama penari remo cilik (dok.pri)

Beberapa karya lukis yang dipamerkan di Pameran Seni Faber-Castell (dok.pri)
Salah satu kreativitas menggunakan pencil Faber-Castell (dok.pri)
Kepala manusia dari batang pensil Faber-Castell (dok.pri)
Gaun pesta dari pensil Faber-Castell (dok.pri)



PERAYAAN HUT KE-111 TAHUN SEBUAH LEGENDA, PENSIL CASTELL 9000


Tepat pada 30 Maret 2016, seniman ternama dunia Vincent Van Gogh merayakan ulang tahunnya. Dan secara bersamaan, Faber-Castell juga memperingatinya sebagai hari pensil.


Pensil Castell 9000 merupakan sebuah benda yang sangat menarik. Karena pensil Castell 9000 telah lama hadir di keseharian kita. Benda kecil yang dapat ditempatkan dimana saja, ramah lingkungan dan dapat bekerja tanpa bantuan charger, Wifi maupun Bluetooth. Tapi meskipun kecil, pensil Castell mempunyai peranan penting dari terciptanya sebuah mahakarya yang tidak lekang di makan usia. Sudah 111 tahun pensil legendaris Castell 9000 telah menjadi inspirasi dari lahirnya kreatifitas bagi banyak seniman dan perupa di seluruh dunia. 


"Semua di mulai dengan pensil. Dari catatan kecil, sketsa sederhana atau coretan acak, serta sumber dari inspirasi dan ide yang tidak mungkin dapat diwakilkan dari benda lain. Pensil yang dianggap sederhana telah memegang peranan penting dari titik awal sebuah kreasi yang memiliki dampak di dunia. Dari ranah seni, sastra hingga ilmu pengetahuan."


Dan lahirlah sebuah pertanyaan, mungkin tanpa adanya pensil akan banyak ide yang lenyap begitu saja?


Tanggal 30 Maret tidak hanya diperingati sebagai hari pensil saja, namun juga hari kelahiran Vincent Van Gogh yang lahir pada tahun 1853. Yang tercatat sebagai pengguna pensil Faver-Castell. Pada tahun 1883 Vincent Van Gogh menuliskan sebuah surat kepada temannya yang berisikan :

"Saya ingin menceritakan kepadamu, mengenai sebuah pensil yang saya dapatkan dari Faber. Pensil ini sangat ideal dari sisi ketebalannya. Sangat lembut dan memiliki kualitas yang sangat baik. Hitamnya sangat baik dan sangat cocok digunakan untuk skala besar."


Sayangnya, Van Gogh tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk menggunakan pensil Castell 9000. Van Gogh menutup usia tepat 15 tahun sebelum Count Alexander von Faber-Castell memperkenalkan produk Castell 9000 pada tahun 1905.


Pensil Castell 9000 telah lama hadir dan tidak pernah mengalami perubahan bentuk yang berarti, sejak pertama diperkenalkan. Dengan bentuk hexagonal, menjadikannya tidak licin di tangan serta di lengkapi lead (isi pensil) yang terdiri atas 16 tingkatan kekerasan.



DETAIL ACARA PAMERAN SENI "KREATIVITAS TANPA BATAS" DI GRAND CITY MALL - SURABAYA


Bagi yang belum sempat mengunjungi pameran di atas, masih ada 3 hari untuk mengajak buah hati kita berkreasi bersama Faber-Castell. Banyak acara-acara seru dan kreatif yang di gelar, antara lain :


Senin, 30 Mei 2016 :

- Pembukaan Acara
- Jumpa Pers
- Doodling Bersama Kak Teguh
- Berfoto Bersama Ksatria Connpen


Senin - Minggu , 30 Mei - 5 Juni 2016 :

- Pameran Instalasi Seni Menggunakan Pensil "Pencil Sculptures" oleh Kerstin Schulz

- Connectorpen Land : Kapal Phinisi

- Berfoto Bersama Ksatria Connpen


Selasa, 31 Mei 2016 :

- Workshop Menggambar Desain Karakter bersama Kak Donny Teguh

- Mewarnai & Craft Bersama Faber-Castell- Mewarnai Buku "Colouring for Relaxation"

- Bermain Seru di Connectorpen Pool

- Kreativitas "Creative Marker & Arylic Colour"


Rabu - Kamis, 1-2 Juni 2016 :

- Craft Class Bersama Faber-Castell

- Bermain Seru di Connectorpen Pool


Sabtu, 4 Juni 2016 :

- Craft Class Bersama Creativity for Kids

- Kreativitas "Creative Marker & Arylic Colour"


Minggu, 5 Juni 2016 :

- Lomba Gambar Dengan Connector Pen

- Berfoto Bersama Satria Conpen

- Bermain Seru di Connectorpen Pool



Untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan terbaru tentang produk serta kegiatan yang sedang dilaksanakan Faber-Castell, anda bisa mengakses website resmi di : http://www.faber-castell.co.id/


(Sumber informasi : press release untuk media dan blogger)










No comments:

Post a Comment