Tuesday, April 26, 2016

[Prenagen Pregnancy Educational Journey] Menjadi Orang Tua Siaga Dalam Mempersiapkan Kehadiran Sang Buah Hati

Press Confernce (dok.pri)

"Saya hamil pertama sudah 22 tahun yang lalu. Tapi persiapannya tidak seribet seperti ibu hamil jaman sekarang. Toh bayi dalam kandungan sampai lahir juga sehat dan tidak ada masalah apapun. Kenapa bisa seperti itu ya dok?"


Pertanyaan itu saya ajukan sampai 2 kali. Pertama ketika acara Kelas PRA KEHAMILAN, bersama dokter Erlin Hanifah. Dan yang kali kedua ketika acara Press Conference para nara sumber dengan media dan blogger. Bukan tanpa alasan pertanyaan itu saya ajukan, mengingat banyak sekali perbedaan yang saya rasakan ketika menjadi seorang bumil dan busui ketika mengandung anak pertama 22 tahun yang lalu. Dan pada hari itu, saya mendapat begitu banyak informasi dan pengalaman baru tentang pengetahun seputar ibu atau keluarga yang merencanakan mempunyai keturunan sampai pada masa melahirkan.


Bertempat di Dyandra Convention  Gramedia Ekspo Surabaya, saya memenuhi undangan sebagai blogger pada acara Prenagen Educational Journey 2016 di hari Minggu 24 April 2016. Setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan di Bandung pada tanggal 02 April 2016 yang baru lalu.


Sebelum acara puncak di mulai, ada beberapa kegiatan yang bisa diikuti oleh semua pengunjung PPEJ 2016 pada pagi hari itu termasuk kami para blogger yang mendapat tugas untuk menggali banyak informasi seputar dunia kehamilan baik sebelum maupun sesudahnya. Yang nantinya akan disampaikan ke masyarakat luas melalui media internet. Sejak jam 07.00 WIB pagi, registrasi pengunjung sudah di buka. Tidak lama kemudian, kelas-kelas yang menampilkan berbagi macam topik itupun juga di mulai. Yang nantinya membahas tentang edukasi kepada para calon orang tua dengan tema 1000 Hari Pertama Kehidupan, terbagi dalam beberapa tahapan yang di sebut sebagai 'kelas" yaitu :


1. Kelas PRA KEHAMILAN

Ada dokter Erlin Hanifah yang menjelaskan tentang persiapan-persiapan yang harus dilakukan ketika sudah merencanakan untuk memiliki buah hati. Mulai dari persiapan menjelang kehamilan, cara menghitung masa subur dan nutrisi apa saja yang dibutuhkan. Tidak kalah pentingnya dalam masa persiapan kehamilan adalah kesehatan sang ibu (karena jangan sampai setelah telanjur hamil baru muncul penyakit-penyakit yang sebelumnya sudah ada), kesiapan mental dan  perbedaan resus suami dan istri


Nutrisi yang sangat dibutuhkan ibu hamil adalah asam folat. Sebaiknya memang diberikan sebelum hamil (2 bulan sebelum hamil lebih bagus) dan pada trimester awal. Kandungan asam folat biasanya terdapat pada kacang-kacangan dan buah-buahan seperti tomat atau sayur bayam. Selain asam folat, makanan yang mengandung omega 3 dan 6 serta zinc juga bagus. Zinc terkandung dalam kerang, susu dan keju. Fungsinya bisa mencegah tekanan darah. Kandungan zinc yang paling tinggi terdapat pada kerang. Tapi apabila mempunyai riwayat alergi, sebaiknya jangan dikonsumsi.




2. Kelas KEHAMILAN

Masa-masa kehamilan adalah masa yang tidak bisa disepelekan serta mempunyai dampak yang begitu besar. Di kelas ini dokter Erza menekankan bunda sudah harus fokus dengan keberadaan janin yang di dalam perut dan bisa melakukan hal-hal seperti mengelus-elus perut atau  mendengarkan musik. Disarankan juga untuk mengajak bicara janin yang ada di dalam perut untuk bisa memberikan ketenangan serta hubungan batin yang kuat antara bunda dan calon bayinya.



3. Kelas MENYUSUI

Bidan Evita mengajarkan bagaimana cara menyusui setelah melahirkan, memijat area payudara supaya produksi susu lancar dan juga mengajarkan cara merawat bayi yang baru lahir serta bagaimana cara membersihkan tali pusar, memandikan dan memijat dengan benar.



4. Kelas NUTRISI SEHAT

Di kelas ini Chef Eddrian melakukan demo masakan dengan berbagai menu makanan sehat untuk masa pra kehamilan, kehamilan dan waktu menyusui. Salah satu nutrisi penting yang harus dikonsumsi bumil dan busui adalah asam folat, untuk menjaga janin dari resiko cacat tabung saraf dan kelahiran prematur. Asam folat bisa didapatkan dari makanyang dikonsumsi setiap hari




Puas mengikuti kelas-kelas yang banyak informasi bermanfaat dan dengan pembicara yang seru-seru, pukul 09.30 WIB tepat acara puncak segera di mulai. Pengunjung langsung berhampuran masuk ketika pintu utama Convention Hall di buka. Tari Bali Dance dari team Prenagen sudah menyambut para undangan yang langsung memenuhi kursi paling depan .



Selanjutnya adalah acara puncak yaitu Talkshow Prenagen Pregnancy Educational Journey dengan tema "Siapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil" pun dimulai. Dengan warna yang di dominasi ungu, pembawa acara kali ini yaitu Vivit Kahvi pun menggunakan busana ungu menambah ceria dan meriah suasana pagi hari ini.


Silih berganti para nara sumber dihadirkan, nama-nama yang cukup beken dari kalangan selebriti, psikolog sampai dokter yang banyak menangani kelahiran para selebritas. Mereka adalah :

- dr. Greg Agung adalah dokter kandungan yang cukup terkenal di Surabaya

- dr. Boy Abidin, dokter kandungan yang sering menangani proses kelahiran para selebriti

- Mona Ratuliu, ibu/artis yang sudah menulis satu buku tentang parenting

- Roslina Verauli M. Psi, Psikolog/pengisi acara di program Curahan Hati Perempuan Trans TV 

- Irene F. Mongkar, pakar stimulasi pada anak


Mona Ratuliu tampil pertama kali untuk berbagi pengalaman dengan para pengunjung yang tidak hanya didominasi kaum perempuan saja. Bapak-bapak juga tampak mendampingi istrinya yang sedang hamil, untuk menambah pengetahuan seputar kesehatan ibu ketika hamil sampai setelah melahirkan nanti. Menurut Mona, persiapan sebelum hamil itu yang terpenting adalah pengetahun. Oleh karena itu, dia dan suaminya sering mengikuti acara seminar untuk menambah informasi seputar persiapan kehamilan sampai setelah melahirkan.


Sedangkan dokter Greg dan dokter Boy menekankan bahwa 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) adalah periode yang cukup penting dimana tumbuh kembang janin sangat ditentukan. Salah satu persiapan yang perlu dilakukan sejak awal kehamilan adalah :

- Mempersiapkan nutrisi terbaik sedini mungkin dengan kapasitas yang cukup dan tidak berlebihan. 

- Minum air putih 2-3 botol per hari.

- Hindari kopi, rokok dan alkohol.

- Hindari polusi dan zat kimia berbahaya.

- Lakukan aktifitas secukupnya.


Selanjutnya Roslina Verauli menjelaskan tentang "Drama 3 Babak Dalam Kehamilan", yaitu :

- Biasanya Trimester pertama dan ketiga adalah babak yang sangat sensitif. Ketika trimester pertama, adanya kehidupan baru di dalam perut membuat perubahan bentuk tubuh dan emosi yang tidak menentu sehingga terjadinya morning sickness. 

- Trimester kedua menjadi momen yang menyenangkan selama kehamilan karena sudah dalam kondisi enak.   Sehingga peran pasangan sangat penting dalam memberikan dukungan sehingga merasa di cintai dan diperhatikan. Di babak kedua ini sudah bisa mengikuti senam hamil dengan melibatkan pasangan. 

- Dan babak ketiga atau trimester tiga adalah masa mempersiapkan kelahiran. Pada saat mau melahirkan adalah moment previlage. Pilihlah pendamping yang bisa membuat tenang dan nyaman, seperti ibu, suami atau sahabat dekat.

Daaaaaaaannn...... proses setelah melahirkan justru itu adalah "the real world".


Pada kesempatan siang itu, Roslina mengajarkan tekhnik relaksasi yang bermanfaat untuk bumil di trimester 1 dan 3. Di bantu oleh Mona Ratuliu, cara relaksasi tersebut akan membantu bumil menjadi lebih rileks, tenang dan hepi.


Nara sumber penuntup adalah Irene F. Mongkar yang menjelaskan tentang rangsangan sensorik dan motorik pada bayi harus sering di latih oleh para orang tua. Dengan cara sering mengajak si kecil bermain yang menumbuhkan dan memancing untuk merangsang alat pengengaran, perabaan, sensor vital dan lainnya.


Setelah seluruh materi talkshow selesai, acara pun di tutup dengan bagi-bagi hadiah dan doorprize.


Untuk memperoleh informasi yang lengkap tentang produk Prenagen atau event-event yang sedang berlangsung, bisa kunjungi akun-akun di bawah ini :

- Website : www.prenagen.com

- Facebook : Prenagen World

- Twitter : @PrenagenWorld

- Instagram : @prenagenworld


Tadi saya sempat mampir ke booth yang menyediakan segala macam pernik-pernik lucu dan keren buat foto-foto.Pengunjung dipersilahkan untuk berfoto sepuasnya tanpa di pungut biaya alias gratiiiiisssss. Hasilnya di cetak di kertas film dan langsung diberikan pada pengunjung yang sudah berpose syantik memeriahkan acara PPEJ 2016 kali ini.



"Bersama PRENAGEN, Mari kita wujudkan Ibu Sehat Indonesia Sehat"


No comments:

Post a Comment