Wednesday, April 6, 2016

Aku bangga menjadi Blogger dari Tim Nusantara Sehat

(Foto diambil dari blog : Catatan Efi)

Yang di maksud Nusantara Sehat adalah satu program pemerintah melalui Departemen Kesehatan dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan mencakup preventif, promotif dan kuratif. Dengan melibatkan 5 (lima) sampai 9 (sembilan) tenaga kesehatan yang meliputi dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, Ahli laboratorium medik, tenaga gizi dan tenaga kefarmasian. Yang nantinya akan ditempatkan di seluruh pelosok wilayah nusantara.



(Foto dari web : http://nusantarasehat.kemkes.go.id/)

Oleh Kemenkes program ini diluncurkan pada tanggal 03 Februari 2015 sebagai program prioritas selama kurun waktu 5 tahun ke depan. Cara kerja yang berbasis tim pada fasilitas layanan kesehatan ini merupakan suatu terobosan. Karena tim-tim tersebut ditempatkan langsung di wilayah-wilayah terpencil di mana semua sistem kegiatan akan dikembangkan di Puskesmas terpencil tersebut. Sedangkan tujuan utama program Nusantara Sehat adalah mewujudkan layanan kesehatan primer yang dapat di jangkau oleh setiap anggota masyarakat. Terutama oleh mereka yang berada di wilayah-wilayah terpencil di berbagai pelosok nusantara.


(sumber : Web Nusantara Sehat)


Kesehatan adalah investasi terbaik untuk masa depan bangsa yang lebih cerah. Untuk mewujudkannya maka diperlukan penguatan akses pelayanan kesehatan di daerah. Kementerian Kesehatan mengajak para generasi muda untuk berperan serta memperkuat kesehatan terutama di daerah terpencil melalui program penempatan tenaga kesehatan yang berbasis tim (tim based). 


Melihat luasnya wilayah Indonesia, bukan tidak mungkin banyak daerah yang belum terjangkau layanan kesehatan dengan layak. Terutama daerah yang terpencil, pelosok dan tidak terjangkau oleh transportasi yang memadai. Daerah inilah yang menjadi target dari pemerintah dalam hal ini Kemenkes. Sehingga terbentuklah program Tim Nusantara Sehat.

Pembekalan untuk Tim Nusantara Sehat (dok. web Nusantara Sehat)

Untuk menjadi Tim Nusantara Sehat tidak hanya butuh niat dan semangat. Tapi harus di dukung juga kesehatan lahir dan batin. Terutama kondisi fisik serta stamin yang betul-betul prima. Karena di samping lokasi tempat mereka mengabdi itu jauh dari pusat kota, medan yang dilaluinya juga sangat sulit. Seperti tergambar dalam foto-foto di bawah ini.

Medan yang harus dilalui Tim Nusantara Sehat yang akan melayani rakyat (dok. web nusantara sehat)

BLOGGER JADI TIM NUSANTARA SEHAT?


Nah, sekarang ini kesempatan tersebut tidak hanya ditawarkan pada tenaga kesehatan saja. Siapapun warga Indonesia yang merasa turut peduli akan masa depan bangsa terutama di bidang kesehatan, mendapat peluang yang sama. Tidak terkecuali BLOGGER.


Memang peran blogger dalam program ini tidak seberat mereka yang bertugas di lapangan dan mendapat mandat langsung dari pemerintah. Tapi tentunya, misi visi serta semangat haruslah sama. Dan dengan menjadi Tim Nusantara Sehat, merupakan satu kehormatan bagi Blogger. Karena akan turut dilibatkan dalam program mencerdaskan serta mencerahkan masa depan bangsa. Banyak harapan dan keinginan yang muncul dalam pikiran saya seandainya terpilih menjadi Tim Nusantara Sehat, diantaranya adalah :


1. Memanfaatkan potensi kekayaan alam Indonesia untuk kesejahteraan masyarakat. 

Indonesia sangat terkenal akan kekayaan alam yang berlimpah, tanah yang subur dan rakyatnya yang rajin serta gemar bertani atau bercocok tanam. Sehingga dimanapun daerahnya, akan sangat mudah ditanami berbagai macam tumbuh-tumbuhan. Dengan memaksimalkan potensi alam tersebut, rasanya sudah lebih dari cukup untuk bisa menghidupi setiap keluarga Indonesia. Sayuran, buah-buahan dan palawija yang beraneka macam, akan bisa mendukung program hidup sehat dengan mengkonsumsi hasil alam yang lebih segar dan alami.


2. Membiasakan diri dan mengajak orang lain untuk bergaya hidup sehat.

Sebagai seorang ibu, gaya hidup sehat tentunya sudah dipraktekkan setiap hari dalam keluarga maupun lingkungan sekitarnya. Apalagi saya juga aktif sebagai Ketua PKK di kampung. Saya selalu menghimbau kepada semua warga supaya memperhatikan pola hidup sehat di mulai dari keluarga sendiri. Bahkan sering juga mengadakan lomba semacam kompetisi keluarga sehat, yang dinilai dari lingkungan rumah sampai pola makan yang dikonsumsi setiap hari. Itu sudah menjadi program wajib setiap bulan di kampung saya. 


3. Membentuk tim yang solid dalam mendukung program pemerintah.

Tim yang saya maksud ini adalah satu komunitas kecil di lingkungan terdekat kita sendiri, contohnya di kampung. Memang butuh niat dan kesadaran yang tinggi untuk menjadi seorang penyuluh yang harus terjun langsung ke lapangan. Tapi dengan tim yang solid, tugas itu akan ringan. Sehingga lama kelamaan akan menjadi kebutuhan yang menyatu dengan gaya hidup sehari-hari.


4. Menyampaikan informasi tentang Nusantara Sehat melalui media sosial.

Tugas utama blogger yang menjadi Tim Nusantara Sehat adalah menyampaikan informasi dan mensosialisasikan program-program pemerintah lewat media sosial. Baik itu berupa tulisan, foto ataupun kerja nyata di lingkungan sekitarnya. Dan itu bukanlah hal  yang sulit. Karena di jaman yang serba canggih ini, semua informasi bisa disebarkan dengan begitu cepat dan mudah.


Memikirkan masa depan bangsa terutama yang berkaitan dengan tumbuh kembangnya generasi penerus, memang bukan tugas dari pejabat pemerintah maupun instansi-instansi yang terkait saja. Seluruh warga Indonesia dari lapisan terbawah sampai yang paling atas diharapkan turut serta peduli dan perhatian pada setiap prosesnya. Sehingga tujuan dari Program Nusantara Sehat akan tercapai, yaitu menguatkan layanan kesehatan primer melalui peningkatan jumlah, sebaran, komposisi dan mutu tenaga kerja kesehatan dengan berbasis pada tim dan melibatkan dokter, perawat dan tenaga kerja lainnya. 


"Menjadi Blogger itu pilihan, tapi menjadi Tim Nusantara Sehat itu kebanggaan"



Bagi rekan-rekan yang tertarik untuk mendapatkan informasi seputar Nusantara Sehat dan program-programnya, kalian bisa mengunjungi website-nya di : http://nusantarasehat.kemkes.go.id/  dan twitter : @Nusantara_Sehat.

No comments:

Post a Comment