Friday, February 19, 2016

XL Uji Coba secara Live VolTE

Layanan Voice & Video Superior Di Jaringan 4G LTE


Ekosistem 4G LTE dari PT. XL Axiata, Tbk atau XL semakin lengkap dengan kesiapan layanan VoLTE (Voice Over LTE) dan RCS (Rich Communication Suite). XL menggelar kedua layanan komunikasi yang inovatif tersebut di Surabaya dan Denpasar. Ini sekaligus merupakan ujicoba yang pertama kali di Indonesia yang dilakukan di luar ruangan dan secara live. Bukan hanya di dalam laboratorium. VoLTE merupakan layanan menelpon melalui jaringan LTE, sedangkan RCS merupakan layanan komunikasi yang diperkaya dan lebih lengkap di atas sambungan internet. Ujicoba dilakukan di Surabaya dan Denpasar secara bersamaan.

Desy Sari Dewi memberikan penjelasan sebelum live (dok.pri)

Vice President XL East Region - Desy Sari Dewi dalam sambutannya mengatakan, "Ujicoba yang kami lakukan ini didasari pertimbangan keinginan kami untuk mampu memberikan layanan panggilan voice dan video yang superior kepada pelanggan. VoLTE sendiri merupakan layanan inovatif untuk voice sebagai hasil dari pengembangan 4G LTE.Sangat perlu bagi XL untuk juga menghadirkan layanan VoLTE ini seiring upaya kami untuk terus melengkapi ekosistem layanan XL 4G LTE. Kami terus berusaha menjadi yang terdepan dalam layanan 4G LTE."


Desy mencoba layanan voLTE (voice over LTE)


Rich Communication Suite (RCS)


Bersamaan dengan uji coba voLTE, XL juga telah mengembangkan aplikasi RCS atau Rich Communication Suite sejak setahun yang lalu. Merupakan layanan komunikasi yang lebih lengkap, yang beroperasi pada sambungan internet, tanpa tergantung apakah sambungan internet tersebut menggunakan LTE, UMTS, GSM atau WiFi. Karena RCS menggunakan ID nomor telpon seperti halnya pelanggan ponsel seperti biasanya. Sehingga tidak memerlukan ID atau nomor telpon baru.

Serupa namun tak sama dengan Layanan VoLTE, aplikasi RCS merupakan layanan komunikasi berbasis internet yang memadukan ragam fitur, antara lain seperti messaging, chating, voice call dan video call dalam satu aplikasi yang mudah digunakan. Bisa disebut RCS sebagai pelengkap dari VoLTE. Dengan hadirnya kedua teknologi ini, XL berharap dapat terus memberikan layanan panggilan voice dan video yang sangat superior dan lebih kepada pelanggan,, dan memberikan pengalaman yang lebih baik dalam pemanfaatan jaringan LTE.
Sebelum menutup acara, Desy menambahkan bahwa XL akan terus memperluas layanan 4G LTE ke berbagai wilayah, baik di Jawa maupun di luar Jawa. Hingga saat ini, tercatat tidak kurang dari 35 kota terlayani. Selain menambah kota, layanan internet cepat ini juga terus meluas secara area di setiap kota. Hal ini memungkinkan dengan terus beroperasinya BTS-BTS 4G yang baru. Perluasan wilayan layanan 4G ini di lakukan XL tanpa mengabaikan kualitas layanan. XL selalu memastikan layanannya menjadi yang paling cepat dan stabil di setiap area.
Ujicoba juga dilakukan oleh salah satu rekan wartawan (dok.pri)

No comments:

Post a Comment