Sunday, August 16, 2015

Teknologi Anak Bangsa Yang Sudah Mendunia

Untuk yang kesekian kalinya Pameran Produksi Indonesia atau di singkat PPI, diadakan oleh Kementrian Perindustrian. Kesempatan kali ini jatuh di kota Surabaya yang di gelar selama 4 hari dari tanggal 6-9 Agustus 2015 bertempat di Convention & Exhibition Grand City Mall Surabaya. Dengan mengangkat tema "Bangga Menggunakan Produk Indonesia", PPI kali ini menghadirkan berbagai macam produk unggulan hasil karya anak bangsa kita sendiri. Dari makanan minuman berbahan hasil alam kita, perlengkapan rumah tangga, busana dan asesorisnya, sampai alat berat yang berteknologi tinggi serta modern. Semua itu adalah hasil kreatifitas anak bangsa sendiri.

PPI 2015 di buka oleh Menteri Perindustrian Saleh Husin di dampingi Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Pameran terbuka untuk umum dan tidak di pungut biaya masuk alias gratis.
Dok. Pratomo

Diantara produk teknologi yang turut dipamerkan, ada beberapa perusahaan yang cukup membuat kita sebagai anak bangsa turut bangga  Karena tidak menyangka, ternyata produksi kita sudah mampu memposisikan diri di mata dunia. Perusahaan tersebut diantaranya adalah :

1. PT. TESTINDO


Kalian pasti sering dong konsultasi ke dokter? Tujuannya tentu supaya badan kita selalu dalam kondisi fit dan terhindar dari penyakit yang menggerogoti tubuh. 

Kalau itu sih udah biasa. Namanya juga manusia hidup. Jadi wajarlah kalau memang harus memperhatikan seluruh aspek kesehatannya.

Terus bagaimana kalau kalian mendengar ada dokter jembatan, dokter cuaca dan sebagainya? Pastinya masih terdengar aneh dikuping kita kan? Demikian pula ketika awalnya saya di beri penjelasan oleh bapak Fikri ketika saya temui di area Pameran Produksi Indonesia 2015 stand no. 51 beberapa waktu yang lalu. 

Sebagai wakil dari perusahaan Testindo, beliau langsung memperkenalkan diri sebagai dokter dari jembatan, mesin pengukur cuaca dan sebagainya.  Tentunya saya langsung melongo dong....

Sebagai orang awam dan nggak gaul banget sama nama-nama mesin, alat berat dan kawan-kawannya. Rasanya pengen mengejar pak Fikri dengan berbagai pertanyaan. Karena sebagai salah satu peserta di PPI 2015 ini, sangat di jamin bahwa Testindo pasti adalah perusahaan yang banyak membudidayakan produk lokal.

Bpk. Fikri di stand PPI 2015
Awalnya saya cukup tertarik dengan atribut yang di pasang di stand PPI 2015 di Grand City beberapa waktu yang lalu. Banner dan brosur hampir semuanya memajang foto-foto yang di lihat orang awam tampak begitu rumit.

Sekilas, bapak Fikri menerangkan bahwa Testindo adalah perusahaan yang menyediakan layanan jasa, distributor dan pelatihan. Dimana dalam mengerjakan satu proyek itu dibutuhkan sebuah uji coba. Yaitu tidak hanya berupa kekuatan, kekokohan bahkan sampai mengontrol selama proyek tersebut itu difungsikan sesuai kebutuhan. Dan Testindo adalah merupakan perusahaan yang masih jarang ada di Indonesia menangani bidang itu. Karena masih banyak orang kita lebih percaya tenaga ahli dari luar negri.

Mengenal lebih dekat TESTINDO

TESTINDO adalah perusahaan Indonesia yang menerapkan clean management serta yang bergerak dalam bidang bisnis teknologi control dan monitoring system, pengukuran dan pengujian. Aktifitas tumbuh kembang kami di dorong oleh tuntuntan untuk terus mengikuti perkembangan teknologi mutakhir, kepuasan pelanggan dan dukungan para professional muda yang qualified.

Dengan dukungan professional ekpertise teknologi serta pengalaman selama bertahun-tahun dalam bidang testing dan instrumentasi, saat ini Testindo di dukung oleh lebih dari 100 orang engineer dan teknisi dari berbagai disiplin ilmu pengukuran dan monitoring lulusan universitas dalam dan luar negeri. 

Testindo melayani klien dari perusahaan swasta dan pemerintah pada hampir di segala bidang-bidang industrial secara umum, kelistrikan, minyak dan gas, pertambangan, transportasi, bidang sipil, keamanan, dan lainnya yang terkait dengan peningkatan Quality Assurance, Health and Safety (HSE), reliability and productivity, serta Research & Development. 


Tampilan depan website Testindo (dok:testindo.web.indotrading.com)


2. LOUSER LIFT

Tidak banyak yang mengetahui bahwa Indonesia mempunyai perusahaan yang memproduksi sendiri lift. Bahkan komponen yang di pakai lebih dari 50% adalah lokal. Padahal kalau melihat kecenderungan kita yang lebih percaya produksi luar negeri, ternyata PT Louserindo Megah Permai yang beroperasi sejak tahun 1989 sudah mampu membuktikan. Tidak lepas dari misi visi perusahaan yaitu akan terus melakukan inovasi mengembangkan produk dalam negri, sehingga tidak akan berhenti dalam memakai produk lokal.

Meskipun buatan lokal, lift Louser mempunyai banyak keunggulan yang tidak kalah dengan produk impor. Diantaranya adalah jaminan suku cadang yang tersedia hingga 20 tahun mendatang, juga pemakaian listrik yang lebih hemat yaitu 1400 watt di banding lift pada umumnya yang berdaya 2000 watt. Produk dari PT. Louser Megah Permai lainnya yaitu Passenger Lift, Freight Lift, Home Lift, Bed Lift, Panoramic Lift, Escalator juga Travelator.


3. PT. DIRGANTARA INDONESIA

Satu lagi perusahaan kebanggaan kita yaitu PT. Industri Pesawat Terbang Nusantara atau sejak tahun 2000 resmi berganti nama manjadi PT. Dirgantara Indonesia. Keberadaan perusahaan yang mengembangkan industri penerbangan di Indonesia ini turut memegang peranan penting Tidak hanya dalam hal perakitan pesawat, tapi juga pengembangan alat pendukung penerbangan, persenjataan dan kendaraan militer.
Dok. Pratomo

Sayang sekali saya hanya mempunyai jempol 4 yang bisa mewakili rasa  salut dan bangga terutama buat penyelenggara Pameran Produksi Indonesia 2015. Yang telah menyadarkan kepada kita bahwa ternyata potensi yang dipunyai anak bangsa sendiri tidak kalah dengan bangsa lain. 





No comments:

Post a Comment