Friday, July 31, 2015

69 Tahun BNI 46 : "Antara Prestasi & Peran Dalam Membangun Ekonomi Negeri"




Bank memiliki peran yang sangat penting bagi masyarakat. Bukan hanya sekedar tempat penyimpanan uang bagi yang berduit atau sumber dana bagi pihak yang membutuhkan uang. Tetapi fungsinya sekarang semakin luas. Perkembangan ekonomi yang semakin maju dan tingkat kegiatan ekonomi yang semakin tinggi, mendorong bank untuk menciptakan produk dan layanan yang sifatnya memberi kemudahan, kenyamanan dan kepuasan bagi pelanggan. Tentunya hal ini sangat memperlancar seluruh kegiatan ekonomi masyarakat dan menempatkan bank menjadi sebuah lembaga keuangan yang strategis. 


Berbicara tentang bank yang sehat dan nyaman, tentunya kita pasti setuju kalau memberikan  predikat itu ke bank yang termasuk senior dalam dunia perbankan di Indonesia. Yups, tidak salah! Bank Negara Indonesia 1946 atau BNI 46 yang sudah 69 tahun melayani dan membantu kegiatan perekonomian masyarakat Indonesia. 


Seperti pepatah yang mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Yuk kita cari tahu sejarahnya dan bagaimana peran BNI 46 yang telah menjadi bagian dari perekonomian kita itu.


MENGENAL SEJARAH SINGKAT BNI
PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk atau lebih dikenal dengan nama BNI didirikan pada tanggal 05 Juli 1946. Merupakan bank pertama milik negara yang lahir setelah kemerdekaan Indonesia. BNI sempat berfungsi sebagai Bank Sentral dan Bank Umum sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang No. 2/1946, sebelum akhirnya beroperasi sebagai bank komersial sejak tahun 1955. Oeang Republik Indonesia atau ORI sebagai alat pembayaran resmi pertama yang dikeluarkan Pemerintah Indonesia pada tanggal 30 Oktober 1946 di cetak dan diedarkan oleh Bank Negara Indonesia. Pada tahun 1950 BNI ditetapkan sebagai Bank Pembangunan dan diberikan hak untuk bertindak sebagai Bank Devisa dengan akses langsung untuk transaksi luar negri. Kantor cabang BNI pertama di luar negeri di buka di Singapura pada tahun 1955.


Peranan BNI untuk mendukung perekonomian Indonesia semakin strategis dengan munculnya inisiatif untuk melayani seluruh lapisan masyarakat dari Sabang sampai Merauke pada tahun 1960an dengan memperkenalkan berbagai layanan perbankan seperti Bank Terapung, Bank Keliling, Bank Bocah dan Bank Sarinah. Tujuan utama dari pembentukan Bank Terapung adalah untuk melayani masyarakat yang tinggal di kepulauan seperti Kepulauan Riau atau daerah yang sulit di jangkau dengan transportasi darat seperti Kalimantan. BNI meluncurkan Bank Keliling yaitu jasa layanan perbankan di mobil keliling sebagai upaya proaktif untuk mendorong masyarakat menabung.


Sesuai dengan UU No. 17 tahun 1968 sebagai Bank Umum dengan nama Bank Negara Indonesia 1946, BNI bertugas memperbaiki ekonomi rakyat dan berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi nasional. Segmentasi nasabah juga telah di bidik BNI sejak awal dengan dirintisnya bank yang melayani khusus nasabah wanita yaitu Bank Sarinah. Di mana seluruh petugas bank adalah perempuan. Dan Bank Bocah yang memberikan edukasi kepada anak-anak agar memiliki kebiasaan menabung sejak dini. Pelayanan Bank Bocah dilakukan juga oleh anak-anak. Bahkan sejak 1963 BNI telah merintis layanan perbankan di perguruan tinggi saat membuka Kantor Kas Pembantu di Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan. Saat ini BNI telah memiliki kantor layanan hampir di seluruh perguruan tinggi di negeri maupun swasta terkemuka di Indonesia.


Dalam masa perjalanannya, BNI telah mereposisi identitas korporatnya untuk menyesuaikan dengan pasar keuangan yang dinamis. Identitas pertama sejak BNI berdiri, berupa lingkaran warna merah dengan tulisan BNI 1946 berwarna emas melambangkan persatuan, keberanian dan patriotisme yang memang merefleksikan gelombang untuk merepresentasikan posisi BNI sebagai Bank Pemerintah Indonesia yang siap memasuki pasar keuangan dunia dengan memiliki kantor cabang di luar negeri. Gelombang mencerminkan gerak maju BNI yang dinamis sebagai bank komersial negara yang berorientasi pada pasar.


Setelah krisis keuangan melanda Asia pada tahun 1998 yang mengguncang kepercayaan masyarakat terhadap perbankan nasional, BNI melakukan program rekstrukturisasi termasuk diantaranya melakukan rebranding untuk membangun & memperkuat reputasi BNI. Identitas baru ini dengan menempatkan angka "46" di depan "BNI". Kata "BNI" berwarna tosca yang memcerminkan kekuatan, keunikan dan kekokohan. Sementara angka "46" dalam kotak orange diletakkan secara diagonal untuk menggambarkan BNI baru yang modern.

(sejarah BNI)


Sejak berdiri, logo BNI 46 telah mengalami 3 kali perubahan. Di bawah adalah gambar logo yang telah mengalami perubahan dari waktu ke waktu :

Logo BNI dari waktu ke waktu (foto milik : review.ganti.net)

Logo pertama di buat dan digunakan sejak tahun 1946 sampai tahun 1988. Sedangkan logo yang ke dua dipakai tahun 1988 - 2004.


PRESTASI & PENGHARGAAN
Selama 69 tahun mengabdikan diri dan melayani masyarakat, BNI telah mengukir banyak prestasi dan penghargaan. Diantaranya adalah beberapa prestasi yang telah ditorehkan sepanjang tahun 2014, bisa di lihat disini.

Ketika memenangkan Medali Silver untuk katagori Best in Customer Service Mid Size –Inhouse - Sdr. Mohamad Rozikin (foto:facebook BNI)


PERAN DALAM MEMBANGUN PEREKONOMIAN NEGERI 

Salah satu kontribusi yang sudah diberikan kepada negeri ini, salah satunya adalah PT. Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) siap menyalurkan dana senilai Rp. 15 triliun untuk kredit korporasi pada semester II tahun ini. Melalui penyaluran tersebut, perseroan menargetkan pertumbuhan kredit korporasi sekitar 15%-17% secara year on year. Sedangkan Direktur Business Banking BNI - Herry Sidharta, mengatakan sepanjang semester I/2015 kredit korporasi yang telah disalurkan mencapai 27 triliun. Menurutnya, sektor yang paling banyak menerima pendanaan dari BNI adalah infrastuktur. Misalnya pembangunan jalan dan pelabuhan. 

(informasi & foto : http://hprpdailynews.com)








































JENIS TABUNGAN DARI BNI 46

Setelah mengenal sejarah singkat berdirinya BNI 46, mengetahui prestasi dan penghargaan yang telah di raih, serta peran serta dalam pembangunan bangsa. Yuk kita cari tahu apa saja sih produk tabungan yang dihasilkan oleh BNI.

Untuk mengetahuinya klik saja disini ya...


LEBIH DEKAT DENGAN NASABAH LEWAT MEDSOS

Menyikapi tekhnologi yang semakin canggih, BNI 46 juga membuka komunikasi dengan para pelanggan lewat media sosial. Di bawah ini adalah alamat media sosial yang bisa kamu akses untu memudahkan mendapat informasi dan menyampaikan segala uneg-uneg, yaitu :


1. Facebook : BNI

Banyak informasi yang disebar lewat facebook (capture facebook :BNI)


2. Twitter : @BNI46
Memberi motivasi BNI lewat twitter

3. Instagram : @BNI46

Informasi berguna lewat instagram

4. Aplikasi di handphone Android


Kalian bisa download pake Playstore atau perangkat yang sudah tersedia di handphone, ke BNI Experience. Nanti akan tampak gambar seperti di bawah ini.


Fitu-fitur yang bisa dimanfaatkan (dok.pri)

Dengan aplikasi yang sudah ada di handphone androidku, sangat mudah untuk mencari lokasi atm dimanapun kita berada. Contohnya waktu saya lagi mudik di Madiun waktu lebaran kemarin. 

Mencari lokasi atm lewat aplikasi android (dok. pribadi)


Lokasi atm BNI selalu berada di tempat yang aman dan nyaman (dok.pribadi)


Untuk memudahkan dalam menampung semua permasalahan tentang layanan bank, BNI membuka layanan 24 jam lewat card centernya di :

(dok.:www.bnicardcenter.co.id)


Dengan sejarah yang kaya, kondisi financial yang kuat, sumber daya manusia yang unggul dan teknologi yang andal, BNI yakin telah berada di jalur yang tepat untuk menjadi bank nasional yang berkemampuan global.(sejarah bni)


Dirgahayu BNI 46 yang ke 69

Semoga tetap setia melayani dan membantu rakyat dalam membangun perekonomian negeri




No comments:

Post a Comment