Wednesday, June 3, 2015

IndiHome - Internet Pilihan Keluarga Cerdas

Internet On Fiber (dokumen : www.indihome.co.id)

Untuk memperkenalkan produk terbaru dari Telkom Speedy yang di beri nama IndiHome, Telkom mengundang beberapa blogger Surabaya dalam acara Sharing Session dengan tema "We Hear You". Acara yang jatuh pada hari Senin 25 Mei 2015 itu bertempat di Hotel Santika jalan Pandegiling Surabaya. Tepatnya di Arjuna dan Welirang Function Room, dengan dihadiri tidak lebih dari 15 orang blogger. Saya yang beberapa waktu lalu memang berniat ingin memasang internet IndiHome (dapat informasi dari mbak Yuni), merasa senang banget menjadi salah satu blogger yang di undang.

Karena lokasi rumah saya cukup jauh, saya berangkat satu jam sebelum waktu yang tercantum dalam undangan yaitu pukul 18.30 WIB. Yang jelas memang takut macet sih. Dan 15 menit sebelum acara di mulai, saya sudah ada di tempat yang ditentukan. Memang belum banyak undangan yang hadir. Sehingga saya lebih leluasa untuk memilih tempat duduk di barisan paling depan. Tempat favourite saya yang berpostur mungil, supaya lebih jelas pandangan dan suara pemberi materi.

Dan ternyata sodaraaaaaaa....acara memang molor. Akhirnya kami dipersilahkan untuk mencicipi hidangan makan malam dulu. Ternyata memang sudah waktunya jam makan. Karena tadi saya berangkat juga agak terburu-buru, jadi saya cukup menyadari kalau mendengar kata makan saja perut saya sudah cukup bereaksi. Kalau urusan makan siiiih....arek Suroboyo memang anti malu atau basa basi. Langsung sikaaaaaattt..... Ternyata temannya juga banyak yang sudah kelaparan hehehehe....

Menu makan malam yang cukup nikmat dan sehat  (menurut saya)

Hampir setengah jam, para blogger di beri waktu untuk menyantap hidangan makan malam. Ketika jam menunjukkan pukul 19.20 WIB, pemandu acara memberi isyarat bahwa acara akan segera di mulai. Selanjutnya dia sebutkan 4 orang nara sumber yang akan memberikan materi seputar produk IndiHome dengan topik "Manfaat Internet Untuk Keluarga Cerdas". Yaitu ibu Ernawati selaku Manager Self Care & Digital Interactions CSS Telkom Indonesia, pak Nyoman selaku Manager Home Service Regional 5, pak Ismono selaku Manager Home Service Witel Suramadu dan Tyo Afianto selaku CEO dan Public Relations dari PT Eyro Digital Teknologi.

Pembawa acara Sharing Sesion IndiHome
Ibu Ernawati - Manager Self Care & Digital Interaction CSS Telkom Indonesia

Sebagai pembicara pertama, ibu Ernawati menerangkan apa itu IndiHome. IndiHome adalah layanan yang terdiri dari Internet On Fiber atau High Speed Internet, Phone (telpon rumah) dan Usee TV Cable. Dengan kata lain bahwa IndiHome adalah layanan Triple Pay. Maksudnya adalah gabungan 3 layanan Telkom dalam satu layanan yaitu internet kecepatan tinggi, layanan telpon rumah (telpon sesama telkom/telkomsel gratis 1000 menit) dan layanan interaktif (tivi kabel). Layanan IPTV Indihome memiliki 99 channel TV, karaoke, dan game. Salah satu keuntungan menggunakan Indihome adalah layanan playback tayangan 7 hari ke belakang. Dan Telkom juga sedang menggempur Indihome dengan Teknologi 4K TV. Tahun 2015 IndiHome telah menjangkau di 160 kota di Indonesia.

Selanjutnya, IndiHome memperkenalkan jaringan internet berkecepatan tinggi dengan menggunakan fiber optik. Fiber optik adalah jaringan yang menggantikan kabel tembaga yang digunakan selama ini. Penggantian jaringan dari kabel tembaga ke fiber optik ini dilakukan sejak tahun 2011 dan diharapkan rampung di tahun 2015 ini.  

4 Nara Sumber malam itu

Direksi Telkom menjanjikan bahwa tahun 2020 semua pelanggan IndiHome akan dilayani serat optik disetiap rumah. Salah satu tujuannya adalah dengan serat optik akan mengurangi kesenjangan sosial akses internet di masyarakat. Sedang keunggulan internet dengan menggunakan fiber optik adalah :

1. Lebih cepat

Fiber optic mampu mentransfer data (bandwidht) hingga ratusan Mbps (jauh lebih cepat dibandingkan kabel coax atau copper).

2. Lebih stabil

Kecepatan fiber optic jauh lebih stabil dibandingkan coax atau copper pada saat dilakukan sharing (akses internet secara bersamaan).

3. Lebih handal

Fiber optic lebih tahan dalam kondisi cuaca apapun seperti serangan petir dan gangguan elektromagnet dibandingkan kabel coax atau copper. Sehingga komputer anda menjadi lebih aman.

4. Lebih canggih

Fiber optic merupakan tekhnologi penghantaran data tercanggih dan terbaru yang digunakan dalam layanan fixed broadband.

Saat ini Telkom juga sedang membangun fiber optik untuk wilayah Timur, bahkan dari sabang sampai merauke. Terutama mendukung digitalisasi di wilayah Papua. 


Pembicara kedua adalah pak Nyoman. Beliau menambahkan bahwa brand speedy sudah tidak digunakan lagi. Tapi di ganti dengan produk baru dengan nama IndiHome. Harapan selanjutnya, penggabungan layanan Telkom berupa telpon, internet dan tv kabel bisa menguntungkan masyarakat terutama pelanggan Telkom sendiri. Karena dengan penggabungan 3 produk tersebut pada dasarnya membuat harganya lebih murah daripada harus memiliki produk tersebut secara satu-satu. Sebagai Manajer Home Service Telkomsel, beliau berusaha membangun jaringan fiber di seluruh Indonesia hingga pelosok.

Tyo Afianto - CEO dan PR dari PT Eyro Digital Teknologi

Akhirnya, presentasi dari nara sumber di tutup oleh seorang anak muda yang kreatif, multi talenta dan sangat inovatif. Dia bernama Tyo Avianto, sebagai CEO dan Public Relations dari PT Eyro Digital Teknologi.  Dia juga pemenang StartUp IndiGo 2015, menjelaskan tentang manfaat internet dan passion bisa menambah penghasilan. So, dengan semakin canggihnya tekhnologi, diharapkan supaya blogger tidak hanya bermain di area konten saja. Tapi selanjutnya bisa menaikkan level kearah development. 

Selanjutnya acara di isi dengan beberapa pertanyaan sekaligus masukan untuk para nara sumber dari manajemen IndiHome. Tapi diselingi juga permainan dengan hadiah yang cukup menarik. Sehingga para blogger yang sudah agak mengantuk jadi melek lagi (termasuk saya hehehehe). Blogger yang mengajukan pertanyaan dan berhasil merespon game yang diberikan, akan mendapat souvenir berupa topi atau payung. Nampaknya kali ini saya kurang beruntung. Karena meskipun sudah mengajukan pertanyaan sekaligus saran, tapi kok nggak dapat hadiah yaaaa :(


mas Nuzulul Arifin mengajukan harapan dan masukan

Dari beberapa pertanyaan dan masukan yang diajukan oleh para blogger termasuk saya, semuanya hampir sama yaitu berisikan harapan. Dimana ketika kita mengajukan untuk berlangganan internet IndiHome, supaya menghapus channel televisi dan telpon rumah yang sudah menjadi satu paket wajib. Karena kadang-kadang kita susah untuk mengontrol anak-anak dalam menonton televisi. Padahal kita tidak selalu bisa setiap saat mendampingi mereka. Telpon rumahpun sudah jarang bahkan hampir tidak ada yang menggunakan lagi. Dikarenakan lebih suka memakai telpon genggam, karena lebih murah dan mudah mengontrol dalam pemakaian pulsa. Sehingga biaya abunemen terasa sangat membebani pelanggan tiap bulannya.

Selpie sukesih di sela-sela diskusi

*****

Acara terakhir adalah acara yang di tunggu-tunggu hampir semua blogger yang hadir sebagai undangan. Apalagi kalau bukan pengumuman 3 pemenang lomba live-tweet, pengundian untuk 4 paket goodiebag dan 1 buah smartphone. Dan alhamdulillah, tidak di sangka-sangka kalau nama saya keluar menjadi penerima salah satu goodiebag dari IndiHome.

Saya menjadi salah satu penerima goodiebag
Para pemenang goodiebag berfoto bersama nara sumber
Pemenang hadiah Smart PHone
Paket goodiebagi dari IndiHome

Dengan slogan "We Hear You", IndiHome membuka diri dan berharap pelanggan memberikan masukan. Baik itu kritik atau saran demi meningkatkan kualitas pelayanan lebih bagus.

Terima kasih IndiHome yang telah mengundang kami para blogger Surabaya. Senang rasanya bisa ikut diskusi tentang manfaat #Internet4Home kali ini. Temanya menarik dan membuka wawasan kami tentang teknologi fiber.


No comments:

Post a Comment