Saturday, February 21, 2015

Minum Air Putih Mengurangi Resiko Terkena Kanker Getah Bening

Sudah beberapa bulan terakhir ini semua media hiburan gencar menayangkan berita si Jupe yang sedang menderita sakit kanker serviks. Disusul beberapa hari ini berita mengejutkan dari aktris senior Ria Irawan yang sudah lama tidak muncul, eh tiba-tiba mengabarkan berita duka. Baru saja melaksanakan operasi pengangkatan rahim karena miom, sekarang harus menerima kenyataan bahwa kanker getah bening stadium 3 sudah menggerogoti tubuhnya. Kita menyadari bahwa penyakit kanker bisa menyerang siapa saja, tidak pandang bulu dan tidak memandang status sosial.

Meskipun kisah seputar penyakit kanker sudah sering kita dengar, tapi karena berita itu menyangkut seorang selebriti dan gencar tayang di semua media sosial, mau tidak mau kita di buat terhenyak dan tersadar. Bagaimana dengan kita sendiri, keluarga dan orang-orang terdekat? Meksipun sampai detik ini semua baik-baik saja dan tampak sehat, terjaminkah kita tidak akan terkena penyakit yang belum ditemukan obatnya itu?

Kita mulai sadar untuk melakukan sesuatu dan punya keinginan dalam mengurangi resiko terkena penyakit mematikan tersebut. Jalan satu-satunya adalah memulai POLA HIDUP SEHAT merupakan pilihan terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga badan tetap sehat. Tetapi bagi mereka yang terlanjur sakit, belum ada kata terlambat. Karena dengan asupan nutrisi yang seimbang dan sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh, masih bisa mendapatkan kembali kesehatan yang diinginkan.

Saya memilih beberapa alternatif hidup sehat dari hal-hal yang simpel dan tidak begitu berat untuk dijalani dalam keseharian. Salah satunya adalah mengkonsumsi air putih.

AIR PUTIH memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Salah satunya karena minum adalah salah satu kebutuhan paling vital bagi kehidupan manusia. Tubuh manusia terdiri 90% yang mengandung air. Air putih merupakan minuman segar yang sangat menyehatkan bagi seluruh anggota tubuh. Apabila tubuh kekurangan cairan dalam jangka waktu yang relatif lama. Haus merupakan respon tubuh yang membutuhkan asupan cairan dalam waktu cepat. Seluruh organ tubuh pada manusia membutuhkan cairan atau air dalam jumlah cukup yang berguna untuk menunjang berbagai aktivitas yang sedang dilakukan.

Apa saja manfaat air putih?

1. Memperlancar Sistem Pencernaan.
Di samping mempermudah proses pembuangan, air putih juga melancarkan sirkulasi darah dan mencegah sembelit. Oleh sebab itu, orang yang sedang mengalami sembelit atau susah buang air besar dianjurkan untuk minum air putih yang bertujuan untuk membantu melancarkan buang air besar tersebut. Jika kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi, maka akan terhindar dari konstipasi karena cairan dalam proses pencernaan. Selain itu dapat membantu penyerapan nutrisi yang juga berfungsi untuk membentuk kotoran manusia.

2. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh.
Dengan mengkonsumsi air putih sesuai kebutuhan tubuh perhari yaitu 8 liter, maka sebagai fungsi detoks yaitu racun yang terdapat dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urine maupun keringat. Hal ini tentunya kebalikan apabila kekurangan cairan, tubuh akan banyak menimbun racun-racun yang makin lama akan menjadi penyakit.

3. Mencegah Penyakit Jantung
Orang yang sudah terbiasa minum air putih lebih dari 5 gelas pada setiap harinya mengalami penurunan risiko sebesar 41 persen akibat penyakit jantung. Itu disebabkan karena aliran darah lebih lancar sampai ke jantung karena di bantu oleh asupan dari air putih.

4. Penyeimbang Sistem Getah Bening Dan Mengurangi Resiko Kanker.
Air putih bisa memacu sistem kerja dari getah bening. Ketika sistem getah bening bekerja dengan optimal, maka tubuh memiliki kekuatan untuk melawan infeksi termasuk juga infeksi tiroid yang dapat menganggu kesehatan tubuh kita.
Sedang terkait dengan sistem pencernaan, beberapa studi menunjukkan bahwa dengan minum air putih dapat mengurangi risiko kanker kandung kemih dan kanker usus besar. Air putih dapat meleburkan konsentrasi gen penyebab kanker dalam urin dan juga dapat memperpendek waktu virus di dalam kontak dengan lapisan kandung kemih.
5. Mencegah Penyakit Batu Ginjal.
Batu ginjal terbentuk disebabkan karena timbunan garam. Menurut teori bahwa garam larut dalam air. Dengan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, maka batu ginjal pada tubuh akan larut dan ikut di buang melalui air seni.

6. Menjaga Berat Badan Tubuh.
Memiliki berat badan tubuh yang ideal merupakan impian setiap orang. Bagi yang ingin menyesuaikan berat badan yang proporsional, maka mulailah untuk mencukupi kebutuhan asupan air putih. Karena cairan yang cukup di dalam tubuh secara otomatis akan mengatur kebutuhan nutrisi serta membuang yang tidak berguna.

7. Menjaga Kebersihan Serta Kesehatan Gigi Dan Mulut.
Didalam rongga mulut terdapat yang namanya air ludah yang berfungsi sebagai self cleansing. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup maka akan memelihara produksi air ludah, sehingga setidaknya mengurangi terkena resiko penyakit gigi dan mulut. Termasuk berkembangnya bakteri dari sisa-sisa makanan yang bisa menyebabkan menimbulkan bau sehingga mulut mengeluarkan aroma yang kurang sedap.

8. Menjadi Obat Sakit Kepala, Mengurangi Rasa Kram Dan Terkilir.
Minum air putih dapat membantu meredakan sakit kepala yang disebabkan karena dehidrasi. Meskipun banyak penyebab dari sakit kepala itu sendiri, tetapi faktor utama sakit tersebut disebabkan karena dehidrasi. Sedang hidrasi yang tepat akan dapat membantu menjaga sendi dan otot untuk dilumasi, sehingga cenderung tidak mudah untuk terkena kram dan terkilir,terutama ketika saat sedang berolahraga.

9. Membuat Awet Muda.
Di samping memberi efek menyejukkan badan, ternyata air putih mampu untuk membuat kulit kita menjadi halus, lebih segar dan terlihat bugar setiap harinya. Sehingga terlihat selalu tampak lebih awet muda karena kulit terlihat bersih dan tidak kusam.

10. Bisa Menjaga Mood Dan Menjadikan Berpikir Lebih Baik.
Seseorang yang sedang dehidrasi akan mengalami sakit kepala, kelelahan, suasana hati yang sedang memburuk, kesulitan untuk berkonsentrasi. Oleh sebab itu, minum air putih yang cukup sangat bermanfaat termasuk untuk mencegah suasana hati yang sedang tidak mood. Sedangkan otak kita sebagian besar terdiri dari air. Dengan minum air yang cukup akan dapat membantu cara berpikir yang lebih baik, lebih waspada, lebih fokus dan terkonsentrasi.

Tekhnologi yang semakin canggih dimana semua bisa kita dapatkan dengan mudah lewat internet, jangan malas dan capek untuk sesering mungkin mencari informasi tentang bagaimana pola hidup sehat dan apa makanan sehat itu. Karena setiap orang mempunyai kecenderungan gaya hidup dan kesukaan yang berbeda, kadang setiap tips tidak selalu cocok. Saya pun mempunyai kebiasaan yang saya anggap sehat dan bagus, tapi belum tentu sesuai dengan pendapat orang lain. Jadi, carilah tips yang sekiranya nyaman dan suka untuk anda ikuti.

Beberapa pesan bijak mengatakan bahwa penyakit itu datang dari pikiran kita sendiri. Ada benarnya sih, karena pikiran adalah bahasa hati yang tak terungkap tapi seperti doa. Tapi kita juga menyadari bahwa sakit yang diberikan Tuhan, selain berupa teguran juga berarti hadiah yang akan mengukur sampai mana ketakwaan kita dalam menerimanya. Jaga kesehatan dan tetap semangat, supaya kita bisa bertemu di acara Kompasianival minggu depan…


Salam sehat…

***


Catatan harian, 15 November 2014
Pukul : 09.10

No comments:

Post a Comment