Saturday, February 21, 2015

Membangun Rasa Percaya Diri Dengan Cara Yang Sederhana

PERCAYA DIRI adalah suatu perasaan di mana kita mempunyai semangat dan keyakinan yang tinggi atas kelebihan serta kemampuan diri. Banyak faktor yang mempengaruhi rasa tidak percaya diri, sehingga kita harus mempunyai beberapa strategi untuk membangun rasa percaya diri itu sehingga menjadi satu sikap yang tak mudah goyah.

1419095712684067446
memakai warna favourite juga bisa menumbuhkan rasa percaya diri (dok.pri)
Di bawah ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa membantu kita untuk membangun rasa percaya diri tersebut, yaitu :

1. Menjadi Orang Yang Ramah Dengan Tersenyum.

Orang ramah itu terpancar dari raut wajahnya yang selalu tersenyum (maksudnya bukan senyum-senyum sendiri lo!).  Itu juga salah satu tips ketika kita merasa gugup dan muncul rasa tidak percaya diri. Sebenarnya tersenyum itu lebih dari sekedar menunjukkan ekspresi pada wajah. Tapi tersenyum itu melepaskan hormon endorphin yang membuat kita merasa lebih baik, meningkatkan sirkulasi darah di wajah, membuat terasa nyaman dengan diri sendiri dan tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri. Ketika orang lain merasa nyaman dengan keramahan kita maka akan timbul rasa percaya diri yang kuat.

2. Membekali Diri Dengan Banyak Ilmu Dan Informasi.

Tekhnologi semakin maju dan berkembang. Hampir semua kalangan masyarakat bisa menikmati kecanggihan tekhnologi dengan mudah dan cepat dalam mencari informasi dan ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya.  Semakin banyak mendapat ilmu maka semakin luaslah wawasan kita serta semakin percaya diri. Sebaliknya, bila kurang menambah kualitas diri dan tidak mempunyai wawasan luas maka bisa mengakibatkan kurang percaya diri di dalam bersosialisasi serta kurang paham bila di ajak diskusi.Sehingga menimbulkan rasa minder yang akhirnya membuat kita menarik diri dari pergaulan.

3. Belajar Bersikap Jujur.

Terutama adalah jujur terhadap diri sendiri, akan menjadikan kita termasuk orang yang bisa bersyukur dan ikhlas. Biasanya orang yang suka bersikap jujur dan apa adanya, tidak pernah terlalu tinggi atau ngoyo dalam menargetkan suatu keinginan. Tapi dia akan berusaha melakukan semua pekerjaan dengan sebaik-baiknya.Cari kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri kita. Selanjutnya, fokus terhadap kelebihan. Ketika kita sudah bisa jujur terhadap diri sendiri maka akan lebih mudah untuk meraih mimpi dan cita-cita.

4. Menjadi Diri Sendiri.

Menjadi diri sendiri berarti menerima keadaan kita dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Menyadari kita mempunyai kecerdasan, kebodohan, kesuksesan bahkan kegagalan yang pernah kita alami. Karena memang itulah diri kita sebenarnya. Menjadi diri sendiri adalah salah satu cara menghargai diri sendiri. Kalau kita lebih suka menjiplak atau meniru orang lain, maka mungkin kita akan kehilangan kesempatan penting untuk bisa meningkatkan kepercayaan diri sendiri. Dan tolok ukurnya adalah apakah kita hari ini sudah lebih baik dari kemarin. Jika tolok ukurnya adalah orang lain, bisa jadi apa yang anda raih hari ini bukanlah sesuatu yang membanggakan. Tetapi jika itu adalah sesuatu yang lebih baik dari yang kemarin, maka itu sebuah pencapaian keberhasilan. Sesungguhnya menjadi diri sendiri itu lebih nyaman dan menyenangkan. Dimana kita merasa yakin akan kelebihan yang kita miliki, tapi juga yakin orang lain bisa menerima kekurangan kita.

5. Penampilan Yang Indah Yaitu Harus Rapi & Harum.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa orang lain akan menilai kita dari cara berpakaian. Jika seseorang berpenampilan rapi dan wangi, maka dapat ditebak bahwa orang tersebut memiliki pola pikir yang dewasa, percaya diri tinggi, peduli pada orang lain dan energik. Tapi sebaliknya jika seseorang berpakaian lusuh, maka orang akan berfikir bahwa dia adalah seorang pemalas, egois dan kurang bisa membangun rasa percaya diri. Walaupun kadang kita hanya memiliki sedikit waktu, sering-seringlah cek penampilan untuk memastikan kita selalu tampil rapih. Walaupun sekedar menyisir rambut anda, memperbaiki riasan wajah, meluruskan kerah baju atau menyemprotkan sedikit parfum supaya selalu beraroma wangi.

***
1419093273122020284
kispray memberi aroma segar pada semua kerudung saya (dok.pri)
Penampilan merupakan salah satu hal yang cukup penting dalam kehidupan bermasyarakat. Orang yang berpenampilan baik tentu akan lebih dihargai daripada orang yang berpenampilan buruk. Bahkan dalam masyarakat Jawa ada suatu nilai tata krama yang mengajarkan bahwa “Ajining diri saka lathi, Ajining sarira saka busana”, yang intinya bahwa kehormatan seseorang itu dinilai dari ucapan dan pakaiannya.

Berpenampilan indah yang saya maksud di sini adalah rapi dan harum yang artinya kita bisa memadukan pakaian kita agar enak dipandang. Bukan berarti harus yang baru dan mahal. Namun artinya pakaian tersebut harus cocok padu padannya, rapi dan sopan sesuai standar masyarakat setempat, serta wangi yang menandakan pemakainya adalah orang yang menjaga kebersihan. Karena tidak mungkin pakaian tersebut menebarkan bau wangi kalau mengandung kuman atau kotor.
14190937161420852360
warna cerah selalu menjadi pilihanku untuk menambah penampilan lebih fresh (dok.pri)

14193967001543798119
penampilan rapi dan harum akan menambah rasa percaya diri (dok.pri)

Ketika sebulan yang lalu saya memutuskan untuk berhijab, ada sedikit perubahan dalam hal memilih pakaian. Disamping baju dan rambut yang tertutup, saya selalu memilih warna cerah terutama dalam memilih kerudung. Karena menurut sayawarna cerah akan menambah percaya diri dan tampak fresh bagi pemakainyaTentu saja rasa percaya diri itu juga di tunjang dengan penampilan yang bersih dan harum. Terutama di bagian kerudung yang bersinggungan langsung dengan rambut tertutup yang sering mengeluarkan keringat. Pasti sangat mudah menimbulkan aroma ampek sehingga membuat si pemakai jadi minder dan tidak pede. Hal itu tidak akan terjadi kalau kita rajin menyemprotkan Kispray ketika menyetrika kerudung. Aromanya yang lembut dan anti kumannya akan selalu menjaga penampilan kita sepanjang hari.


Lain cerita tentang suami saya. Dia termasuk orang yang tidak suka pakai parfum. Tapi kegiatan dia selalu berinteraksi dengan banyak orang dan sering bepergian ke luar kota. Karena saya tidak selalu bisa menemani dia, maka “teman setia” yang selalu saya percayakan menjaga penampilannya adalah Kispray. Supaya lebih praktis dan tidak boros tempat, saya selau bawakan Kispray yang ukuran sachet dengan botol kecil ke dalam travel bagnya. Pilihan kami hampir sama yaitu Kispray warna ungu.
1417230286791652777

Kispray ukuran sachet dengan botol 
kecil, praktis di bawa jika bepergian (dok.pri)

Dia sudah sreg menggunakan Kispray ketika harus menyetrika bajunya sendiri, katanya sudah wangi dan mengandung anti kuman lagi. Meskipun semua pakaian sebelumnya sudah disetrika dengan menggunakan Kispray, tapi dia tidak lega kalau tidak menyemprotkan sekali lagi. Biasanya setengah jam sebelum di pakai, dia semprotkan Kispray 2-3 kali ke baju yang hendak di pakainya. Kemudian di angin-angin atau di gantung supaya mengering alami. Dengan demikian, dia merasa seperti memakai parfum yang aromanya lembut. Tapi kalau waktunya mepet, dia masih pede dengan langsung memakai bajunya. Karena harum Kispray ketika baju di setrika, masih nempel dan tetep awet wanginya.


Kispray membantu membangun rasa percaya diri dengan cara yang sederhana. Dan semua orang mampu serta mau melakukannya.



Salam Kispray… Salam wangi…


No comments:

Post a Comment