Sunday, February 22, 2015

Film HIJAB : Menjawab Kontroversi Hati Perempuan Berjilbab

1421631403770601274
Poster Film HIJAB

Saya menerima tawaran undangan nobar film ini dari mbak Wardah Fajri (admin Kompasiana) lewat telpon. Ketika dia menyebutkan judulnya yaitu HIJAB, bayangan yang muncul di kepala adalah sebuah film religi. Yang berisi tentang aturan-aturan cara berpakaian seorang muslimah dengan segala macam dalil-dalil pendukungnya. Atau film yang mengisahkan tentang perjuangan seorang perempuan ketika di paksa harus menggunakan hijab karena lingkungan.

Dan ternyata perkiraan saya tersebut jauh dari kenyataan.

Ketika sampai di Atrium City Of Tomorrow tempat acara presscon berlangsung, sudah bertebaran perempuan-perempuan cantik dengan busana muslimah yang modern dan modis. Mata semakin segar ketika melihat demo make up dari Mazaya Cosmetics yang juga menjadi salah satu sponsor film HIJAB. Mazaya juga yang telah memberi kehormatan kepada kami anggota Ladiesiana untuk bisa turut hadir menonton tayangan perdana di kota Surabaya ini. Meskipun saya dan mbak Ay Mahening datang sedikit terlambat, tapi masih sempat melihat hasil riasan dari Mazaya Cosmetics yang sangat natural. Tidak salah Zaskia Adya Mecca mempercayakan Mazaya untuk menjadi sponsor sekaligus partner dalam film ini karena sapuannya yang natural sangat cocok dipadupadankan dengan busana muslimah. Sehingga terkesan sangat kalem namun elegan.

14216315331097222962
Diantara GM Mazaya mbak Erli dan model (dok.pri)

1421631709816464216
Busana muslimah  yang makin stylish dan modern (dok.pri)
Seusai acara meet and greet, penonton disuguhi penampilan spesial dari Andien Aisyah. Penyanyi mungil yang cantik ini membawakan 2 buah lagu yang menjadi soundtrack film Hijab, yaitu Let It Be My Way dan daur ulang lagu lama ciptaan Ahmad Dani yaitu Satu Yang Tak Bisa Lepas. Kata Andien, lagu terakhir itu di pilih langsung oleh mas Hanung karena menurutnya mewakili cerita yang terkandung di dalam pesan film tersebut.
14216320181328489097
jAndin turut menghangatkan suasana dengan menyumbang suara emasnya (dok.pri)
KENAPA KAMU PAKAI JILBAB

Sebuah pertanyaan yang menjadi pembuka film HIJAB yaitu obrolan kecil antar 3 sahabat yaitu  Bia (Carissa Puteri), Tata (Tika Bravani) dan Sari (Zaskia Mecca). Mereka berkisah tentang awal mula ketika memutuskan untuk menggunakan jilbab lengkap dengan lika liku serta keseruan yang pastinya penuh dengan kontroversi.

Kenapa kebanyakan keputusan berhijab selalu menimbulkan kontroversi (terutama kontroversi hati)…??? Uuuppssss….kok jadi pinjam istilahnya Vicky Prasetyo hehehehe.

Tapi saya sendiri mengakui sebagaimana pengalaman pribadi. Bahwa ketika saya memutuskan untuk berhijab, sampai membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk memantapkan hati. Yang artinya, saya harus konsisten untuk selamanya menggunakan hijab tanpa harus melepasnya lagi. Karena pada tahun 2010 saya sudah pernah menggunakan hijab tapi masih buka tutup. Banyak alasan yang masih harus saya pertimbangkan meskipun hampir dari semua alasan itu justru berasal dari diri saya sendiri.

Bahkan ketika saya sudah mau konsisten untuk mulai menggunakan hijab, saya mengajukan syarat pada diri saya sendiri. Bahwa saya tidak mau menggunakan hijab yang rumit dan merepotkan. Kemudian saya memutar otak bagaimana caranya menggunakan hijab yang praktis, nyaman tapi modis. Karena menurut saya, awal-awal menggunakan hijab pasti salah satu godaannya adalah ribet, panas dan repot. Alasan itu yang kadang membuat tidak disiplin dan sebentar-sebentar pasti akan di lepas atau bahkan muncul niat untuk menunda lagi menggunakan hijab.
Intinya adalah apapun bentuk hijab yang kita kenakan tidak masalah, asal masih sesuai dengan ketentuan agama yaitu menutup aurat. Apalagi busana muslimah sekarang semakin modern, modis dan stylis. Kita akan semakin terlihat cantik dalam balutan busana yang tertutup dan rapi.

PESAN DAN TUNTUNAN YANG NYATA

Saya salut pada Hanung Bramantyo yang notabene adalah seorang sutradara besar. Berani menggandeng Zaskia Adya Mecca (istri) dan Haykal Kamil (adik ipar)  untuk berkolaborasi di bawah bendera Dapur Films dalam memproduksi film pertama mereka. Sebuah film drama keluarga yang di balut dengan fashion dan religi bergenre komedi. Menurut saya suatu hiburan yang segar dan menarik. Tidak ada kesan menggurui namun memberi tuntunan yang dengan mudah bisa di ambil hikmahnya pelajaran dari cerita film itu.
14216322431436593899
bersama salah satu pemeran pria, Mike sebelum acara nobar (dok.pri)
Film ini sarat pesan yang humanis namun religius tanpa menonjolkan kesan menggurui. Unsur komersil tidak ditonjolkan tapi dengan kemasan yang apik salah satunya adalah para pemain yang cukup ngetop dan terkenal, pasti menjadi strategi untuk menarik banyak penonton. Konon, idenya justru keluar dari kisah nyata yang dialami Zaskia Adya Mecca yang memang mempunyai usaha butik hijab. Dimana dari pengalamannya tersebut memberi gambaran bahwa memang tidak mudah bagi perempuan menjalankan suatu bisnis. Banyak kendala yang dilaluinya, salah satunya adalah ijin dan support dari keluarga terutama suami.

HIJAB mengisahkan 4 perempuan dengan karakter yang berbeda-beda.  Mereka adalah Sari (Zaskia Adya Mecca), Bia (Carissa Puteri), Tata (Tika Bravani) dan Anin (Natasha Rizki). Mereka bersahabat sejak lama, hingga kemudian tiga dari mereka menikah. Pada suatu saat ada kesamaan keinginan dari mereka untuk bisa hidup mandiri dan tidak mau hanya bergantung pada penghasilan suami. Sampai akhirnya Sari, Bia, Tata dan Anin membuat keputusan untuk membuka sebuah bisnis butik hijab.

Tapi ternyata problem justru datang ketika butik mereka sukses dan memberikan penghasilan yang jauh lebih besar dari gaji suami masing-masing. Niat baik dan tulus seorang istri untuk membantu kesulitan keuangan keluarga, ternyata justru menimbulkan masalah baru yang jauh lebih besar. Bahkan sampai mengancam keutuhan keluarga mereka.  Masih ada pendapat dari suami bahwa saat jabatan besar di pegang seorang istri, terlihat aneh dan tidak pantas. Padahal tidak masalah kalau sesuai bidangnya, tidak meninggalkan kodrat serta tetap fokus pada keluarga.
Selain bintang-bintang terkenal pemeran utama di atas, film ini juga menampilkan nama-nama beken seperti Ananda Omesh, Nino Fernandez, Mike Lucock dan Dion Wiyoko. Yang berperan sebagai suami atau pendamping mereka. Masih di tambah dengan nama lainnya yaitu Meriam Belina, Matias Muchus, Marini, Rina Hasim, Sophia Latjuba dan masih banyak nama ngetop lainnya yang bahkan hanya sekedar menjadi cameo di film ini.
1421633230543890458
Add caption
para pemeran utama wanita yang cantik dan energik (foto poster film HIJAB)

Bisa ngebayangin serunya kan?

Makanya saya berani merekomendasikan film HIJAB ini untuk ditonton semua lapisan masyarakat terutama kaum wanita. Tidak hanya para muslimah atau ibu rumah tangga saja. Wanita karir pun bisa banyak mengambil pelajaran berharga bagaimana menjadi istri sekaligus seorang ibu tanpa harus melupakan kewajiban utamanya. Karir tidak juga harus di luar rumah. Sukses tidak hanya di ukur dari jabatan dan gaji yang besar.


Sahabat muslimah semuanya jangan lupa nonton ya….




No comments:

Post a Comment